Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran keyakinan diri terhadap prokrastinasi mahasiswa pada pembelajaran daring di Kota Bukittinggi. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif menggunakan pendekatan deskriptif korelasional. Responden dari penelitian ini sebanyak 66 mahasiswa di Kota Bukittinggi. Teknik pengumpulan data peneliti menggunakan skala likert berupa alat ukur keyakinan diri dan alat ukur prokrastinasi. Analisis data menggunakan teknik analisis regresi berganda dengan aplikasi SPSS 16.0 for windows. Hasil analisis data penelitian diperoleh r = - 0.364 dengan tingkat p = 0.003 (p<0.05). Pengaruh signifikan dari keyakinan diri terhadap prokrastinasi sebesar r2 = 13 %. Penelitian ini membuktikan bahwa adanya hubungan positif antara keyakinan diri dengan prokrastinasi mahasiswa pada pembelajaran daring di Kota Bukittinggi.

Keywords

Keyakinan Diri Pembelajaran Daring Prokrastinasi

Article Details