Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penyesuaian akademik dan motivasi akademik terhadap technostress pada mahasiswa. Sampel diambil menggunakan teknik random berstrata (Stratified random sampling) dengan N=118 dari populasi yang berjumlah 166 dan merupakan mahasiswa Fakultas Psikologi dan Humaniora Universitas Muhammadiyah Magelang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Data diperoleh berdasarkan pengukuran menggunakan skala academic adjustment, skala academic motivation scale (AMS) dan skala technostress yang diberikan secara online dalam bentuk google form. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik regresi berganda untuk mengetahui besarnya pengaruh penyesuaian akademik dan motivasi akademik terhadap technostress. Hasil penelitian menunjukkan penyesuaian akademik dan motivasi akademik secara simultan signifikan berpengaruh terhadap technostress dengan nilai R square 0,178 dan signifikansi 0,00 (p<0,05), sehingga penyesuaian akademik dan motivasi akademik berkontribusi sebanyak 17,8% pada technostress dan 82,2% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini. Penyesuaian akademik ditemukan signifikan berpengaruh negatif terhadap technostress dengan nilai koefisien regresi -0,474 dan signifikansi 0,000 (p>0,05). Adapun motivasi akademik ditemukan signifikan berpengaruh positif terhadap variabel technostress dengan nilai koefisien regresi 0,496 dan signifikansi 0,001 (p<0,05).