Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui job description sebagai aspek dari analisa jabatan. Fokus kajian tentang tentang job description yang terletak pada jabatan tenaga kependidikan di Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Mahasiswa serta Fakultas Psikologi dan Humaniora. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara mendalam dan partisipan dalam penelitian ini adalah enam orang. Hasil dalam penelitian ini ditemukan mengenai informasi pekerjaan antara lain, pekerjaan harian, mingguan, bulanan, insidental, alat atau bahan yang digunakan dalam bekerja, kesulitan yang dialami saat bekerja, pengalaman baru yang di dapatkan, pelatihan yang pernah diikuti, serta saran dan harapan untuk lembaga dan unit tersebut. Selain itu, ditemukan pula pekerjaan yang tidak sesuai antara kemampuan dan jabatan yang diemban dalam unit dan lembaga yang berkaitan, seperti staf akademik yang mengelola warung kecil serta beberapa staf yang belum menguasai kemampuan dalam bidang teknologi informasi.