Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh kestabilan emosi terhadap manajemen diri orang tua dalam mendampingi anak belajar daring. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan bentuk penelitian korelasional. Metode pengambilan sampel menggunakan teknik simple  random sampling dengan jumlah subjek sebanyak 113 dari orang tua SD ITQ As Syafi’iyah. Proses analisis data menggunakan uji hipotesis regresi linear sederhana dengan bantuan IBM SPSS Statistics versi 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat nilai korelasi/hubungan (R) yaitu sebesar 0.670 dan nilai koefisien (R Square) sebesar 0.449, sehingga dapat di artikan terdapat pengaruh variabel bebas (kestabilan emosi) terhadap variabel terikat (manajemen diri) adalah sebesar 44.9%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa kestabilan emosi memiliki pengaruh terhadap manajemen diri orang tua dalam mendampingin anak belajar secara daring.

Keywords

Kestabilan emosi Manajemen diri Pembelajaran daring

Article Details