Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh modal psikologis terhadap perilaku inovatif. Hal ini didasari oleh perkembangan UMKM di Jawa Tengah yang mengalami peningkatan beberapa tahun belakangan serta masuknya Indonesia dalam pasar global menyebabkan persaingan semakin ketat sehingga menuntut pelaku UMKM untuk berinovasi, modal psikologis dapat memotivasi individu untuk menjadi individu yang unggul dalam lingkungan persaingan yang ketat. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 100 orang yang tergabung dalam paguyuban UMKM. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah probability sampling dengan menggunakan sampling jenuh. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunkan kuesioner modal psikologis dan perilaku inovatif yang masing-masing sudah diuji cobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reabilitas. Analisis data menggunakan analisis regresi linear sederhana untuk melihat pengaruh antar variabel. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara modal psikologis dan perilaku inovatif dengan nilai R square 78,1% menunjukan pengaruh yang kuat artinya modal psikologis cukup efektif mempengaruhi perilaku inovatif semakin tinggi modal psikologis semakin tinggi pula perilaku inovatif yang dimunculkan. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi kepada pihak dinas UMKM/pemerintah terkait sehingga dapat memberikan pendampingan/pelatihan sehingga mampu menjadikan UMKM lebih inovatif.

Keywords

Modal Psikologis Perilaku Inovatif Pelaku UMKM.

Article Details