Main Article Content
Abstract
Pandemi Covid-19 menyebabkan pemerintah menerapkan perubahan sistem kerja bagi para guru. Sistem kerja yang semula bekerja di kantor menjadi menerapkan bekerja dari rumah, hingga pada saat new normal diharuskan untuk kembali bekerja di kantor. Hal tersebut membuat para guru perlu melakukan adaptasi kembali. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sense of belonging terhadap tingkat adaptasi kerja pasca pandemi covid-19. Sense of belonging merupakan salah satu faktor yang dapat memengaruhi adaptasi kerja. Skala sense of belonging dan skala adaptasi kerja digunakan untuk memperoleh data dari 109 responden dengan menggunakan teknik snowball sampling, adapun kriteria responden yaitu guru yang bekerja di SD/MI dan SMP/MTs yang ada di Kabupaten Magelang, berdomisili di Kabupaten Magelang, mengalami peralihan work from home (WFH) ke work from office (WFO) dan memiliki masa kerja minimal 5 tahun. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner dan angket serta dianalisis dengan SPSS 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sense of belonging berpengaruh terhadap adaptasi kerja, dengan nilai R Square = 0,334 dan nilai sig. 0,000 < 0,05. Namun pengaruhnya relatif kecil hanya 33,4%, sehingga ada variabel lain yang harus dipertimbangkan di penelitian selanjutnya untuk memahami lebih baik lagi mengenai adaptasi kerja. Dampak dari penelitian ini adalah dapat mengetahui faktor yang berpengaruh terhadap adaptasi kerja pada guru pasca pandemi khususnya terkait dengan sense of belonging  sehingga mampu meningkatkan kembali kinerja guru.