Main Article Content

Abstract

Dalam perkembangan dunia pendidikan berpengaruh pada proses pembelajaran dan hasil belajar khususnya untuk siswa SD/MI. Berbicara tentang proses pembelajaran sering disebutkan bahwa seorang gurulah yang bertanggung jawab atas keberhasilan suatu kegiatan belajar mengajar. Oleh karena itu ujung tombak keberhasilan sebuah pembelajaran terletak pada guru. Pembelajaran dikatakan berhasil apabila prestasi belajar siswa atau nilai siswa banyak yang diatas KKM. Kreatifitas seorang guru sering dianggap tidak kreatif dan inovatif ketika guru hanya menggunakan metode ceramah, karena banyak kalangan yang mengatakan bahwa metode ceramah adalah metode konvensional dan monoton sehingga saat ini metode ceramah sudah mulai dikesampingkan. Dari banyaknya persepsi yang mengatakan hal itu membuat penulis ingin mengkaji tentang urgensi dan dualisme metode ceramah dalam pembelajaran untuk siswa SD/MI. Menurut penulis metode ceramah adalah sebuah metode yang istimewa yang tidak bisa berdiri sendiri tapi sudah include di setiap model dan metode pembelajaran. Terlebih khususnya untuk siswa SD/MI, Jadi metode ceramah tidak lagi menjadi metode monoton tetapi metode yang istimewa karena menjadi power full transferred informasi materi terhadap siswa dan jalannya proses pembelajaran. Sehingga ceramah bukan lagi metode monoton atupun konvensional tetapi sebuah metode multifungsi.

Keywords

Urgensi Dualisme Metode Ceramah

Article Details