Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis internalisasi doktrin kiai di Pondok Pesantren Miftahul Huda II Bayasari Jatinegara Ciamis. Studi ini menggunakan metode deskriptif analitik dengan jenis kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa doktrin kiai dituangkan dalam bentuk kurikulum pondok pesantren dan diinternalisasi pada seluruh proses penyelenggaraan pendidikan yang tersistem di Pondok Pesantren Miftahul Huda II.

Keywords

Internalisasi Doktrin Kiai Pondok Pesantren

Article Details

References

  1. Arifin, M. (2008). Kapita Selekta Pendidikan Islam. Bumi Aksara.
  2. Ausop, A. Z. (2014). Islamic Character Building Membangun Insan Kamil, Cendekia Berakhlak Qurani. PT. Grafindo Media Pratama.
  3. Az-Zarnuji. (2015). Ta`limul Muta`allim (Terjemahan) (A. Na`im (ed.)). Al-Miftah.
  4. Badriyyah, E. S. R. (2016). K. H. Irfan Hielmy: Pemimpin Moderat, Panutan Umat. CV. Mega Rancage Press.
  5. Darmana, A. (2012). Internalisasi Nilai Tauhid dalam Pembelajaran Sains. Jurnal Pendidikan Islam, 27(1). https://doi.org/10.15575/jpi.v27i1.496
  6. Lubis, S. A. (2007). Konseling Islami Kyai dan Pesantren. ELSAQ Press.
  7. Mas’ud et al. (2002). Tipologi Pondok Pesantren. Putra Kencana.
  8. Mirnawati, L. B. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Terhadap Kreativitas Mahasiswa Semester I PGSD UM Surabaya pada Mata Kuliah Pengantar Manajemen Pendidikan. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 6(1), 84–97. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v6i1.598
  9. UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, (2003).
  10. Suryana, E. (2014). Effect of Religion Teachers’ Education and Working Period to Their Efforts In Developing Students’ Religiosity. International Journal Of Scientific & Technology Research, 3(3), 285–287.
  11. Widyaningsih, T. S., Zamroni, Z., & Zuchdi, D. (2014). Internalisasi dan Aktualisasi Nilai-Nilai Karakter pada Siswa SMP dalam Perspektif Fenomenologis. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 2(2), 181–195. https://doi.org/10.21831/jppfa.v2i2.2658
  12. Wuryandani, W., Maftuh, B., Sapriya, S., & Budimansyah, D. (2014). Internalisasi Nilai Karakter Disiplin Melalui Penciptaan Iklim Kelas yang Kondusif di SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Karakter, 5(2). https://doi.org/10.21831/jpk.v0i2.2793
  13. Zuhairini. (1994). Sejarah pendidikan Islam. Bumi Aksara.