Main Article Content
Abstract
Mahasiswa adalah calon pemimpin masa depan yang cara pandangnya sangat menentukan nasib agama dan bangsa di masa mendatang. Di sisi lain, Islam moderat diyakini sebagai sarana untuk mengikis radikalisme dan terorisme. Dengan memfokuskan kajian pada model-model interpretasi dan penerimaan Islam moderat sekaligus faktor-faktor yang memunculkan perbedaan, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan mengambil objek penelitian mahasiswa di perguruan tinggi Muhammadiyah. Studi ini menyimpulkan bahwa Islam moderat di perguruan tinggi Muhammadiyah dipahami secara bervariasi, namun ditemukan alur mainstream berupa Islam yang identik dengan kemodernan dan dinamis. Ada penolakan terhadap terminologi Islam moderat, tetapi hanya sebatas konseptual-teoretis. Lebih lanjut, terdapat beberapa faktor yang menyebabkan perbedaan interpretasi, yakni perbedaan wawasan, latar belakang, sumber pengetahuan, dan lingkungan atau masyarakat sekitar. Namun secara jelas, pendidikan sebagai sumber pengetahuan tetaplah memegang peranan yang sangat penting untuk membentuk moderatisme.
Keywords
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
References
- Ab Rashid, R., Fazal, S. A., Ab. Halim, Z., Isa, N. M., Yusoff, Z. J. M., Musa, R., & Hamzah, M. I. (2020). Conceptualizing the characteristics of moderate Muslims: a systematic review. Social Identities, 26(6), 829–841. https://doi.org/10.1080/13504630.2020.1814720
- Afrianty, D. (2012). Islamic education and youth extremism in Indonesia. Journal of Policing, Intelligence and Counter Terrorism, 7(2), 134–146. https://doi.org/10.1080/18335330.2012.719095
- Afwadzi, B. (2020). Membangun Moderasi Beragama di Taman Pendidikan Al-Qur’an dengan Parenting Wasathiyah dan Perpustakaan Qur’ani. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 16(2), 106–120. https://doi.org/10.20414/transformasi.v16i2.2647
- Afwadzi, B., & Miski, M. (2022). The Articulation of Moderate Islam among Muslim Students. Proceedings of the International Symposium on Religious Literature and Heritage (ISLAGE 2021), 644, 363–373. https://doi.org/10.2991/assehr.k.220206.048
- Ali, N., Afwadzi, B., Abdullah, I., & Mukmin, M. I. (2021). Interreligious Literacy Learning as a Counter-Radicalization Method: A New Trend among Institutions of Islamic Higher Education in Indonesia. Islam and Christian–Muslim Relations, 32(4), 383–405. https://doi.org/10.1080/09596410.2021.1996978
- Arif, S. (2020). Moderasi Beragama dalam Diskursus Negara Islam: Pemikiran KH Abdurrahman Wahid. Jurnal Bimas Islam, 13(1), 73–104. https://doi.org/10.37302/jbi.v13i1.189
- Carle, R. (2011). Tariq Ramadan and the Quest for a Moderate Islam. Society, 48(1), 58–69. https://doi.org/10.1007/s12115-010-9393-4
- Davids, N. (2017). Islam, Moderation, Radicalism, and Justly Balanced Communities. Journal of Muslim Minority Affairs, 37(3), 309–320. https://doi.org/10.1080/13602004.2017.1384672
- Dzahabiyyah, S. (2022). Upaya UMM Bangun Masyarakat Islam yang Moderat dan Berkemajuan. Umm.Ac.Id. https://www.umm.ac.id/id/berita/upaya-umm-bangun-masyarakat-islam-yang-moderat-dan-berkemajuan.html
- Fahmi, R., & Aswirna, P. (2018). Moderation of Islam in Islamic Boarding School: Study at Gontor Daussalamr Modern Islamic Boarding School. International Conference On University-Community Enggagement.
- Faiqah, N., & Pransiska, T. (2018). Radikalisme Islam vs Moderasi Islam: Upaya Membangun Wajah Islam Indonesia yang Damai. Al-Fikra : Jurnal Ilmiah Keislaman, 17(1), 33–60. https://doi.org/10.24014/af.v17i1.5212
- Faiz, M. (2017). Konsep Deradikalisme dan Kontra Terorisme menurut Said Nursi. Tapis : Jurnal Penelitian Ilmiah, 1(1). https://doi.org/10.32332/tapis.v1i01.729
- Fauzi, A. (2018). Moderasi Islam, Untuk Peradaban dan Kemanusiaan. Jurnal Islam Nusantara, 2(2), 232–244. https://doi.org/10.33852/jurnalin.v2i2.101
- Ginting, N., Pradesyah, R., Amini, & Panggabean, H. S. (2021). Memperkuat Nalar Teologi Islam Moderat Dalam Menyikapi Pandemi Covid-19 Di Pimpinan Ranting Pemuda Muhammadiyah Bandar Pulau Pekan. Martabe : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 30–40. https://doi.org/10.31604/jpm.v4i1.30-40
- Haddad, Y. Y., & Golson, T. (2007). Overhauling Islam: Representation, Construction, and Cooption of “Moderate Islam” in Western Europe. Journal of Church and State, 49(3), 487–515. https://doi.org/10.1093/jcs/49.3.487
- Hidayat, A., & Sugiarto, L. (2020). Strategi Penangkalan & Penanggulangan Radikalisme Melalui Cultural Reinforcement Masyarakat Jawa Tengah. Jurnal USM Law Review, 3(1), 135–154. https://doi.org/10.26623/julr.v3i1.2203
- Hilmy, M. (2012). Quo-Vadis Islam Moderat Indonesia? Menimbang Kembali Modernisme Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah. MIQOT: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 36(2), 262–281. https://doi.org/10.30821/miqot.v36i2.127
- Iqbal, M. M. (2018). Meneguhkan Konsep Islam Nusantara sebagai Perspektif Alternatif Kontra Ideologi Radikalisme dan Terorisme. Aghniya, 1(1), 45–56.
- Jafar, W. A. (2018). Persepsi Masyarakat Kota Bengkulu Terhadap Paham Islam Moderat. Jurnal Ilmiah Mizani: Wacana Hukum, Ekonomi Dan Keagamaan, 5(1), 75–92. https://doi.org/10.29300/mzn.v5i1.1438
- Kementerian Agama RI. (2019). Moderasi Beragama. Badan Litbang dan Diklat Kementrian Agama RI.
- Khamim, M. . (2022). Nilai Universal Islam Muhammadiyah dan NU: Potret Islam Moderat Indonesia. El -Hekam, 7(1), 17–26. https://doi.org/10.31958/jeh.v7i1.5796
- Menchik, J. (2019). Moderate Muslims and Democratic Breakdown in Indonesia. Asian Studies Review, 43(3), 415–433. https://doi.org/10.1080/10357823.2019.1627286
- Mubarak, M. Z. (2013). Dari Semangat Islam Menuju Sikap Radikal: Pemikiran dan Perilaku Keberagamaan Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Jurnal Maarif: Arus Pemikirian Islam Dan Sosial, 8(1), 192–217.
- Mutawali. (2016). Moderate Islam in Lombok: The Dialectic between Islam and Local Culture. Journal of Indonesian Islam, 10(2), 309–334. https://doi.org/10.15642/JIIS.2016.10.2.309-334
- Muttaqin, A. I., & Anwar, S. (2019). Dinamika Islam Moderat: Studi atas Peran LP. Ma’arif NU Lumajang dalam Mengatasi Gerakan Radikal. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam, 12(1), 20–38. https://doi.org/10.36835/tarbiyatuna.v12i1.350
- Ni’am, S. (2015). Pesantren: the miniature of moderate Islam in Indonesia. Indonesian Journal of Islam and Muslim Societies, 5(1), 111–134. https://doi.org/10.18326/ijims.v5i1.111-134
- Prasetiawati, E. (2017). Menanamkan Islam Moderat untuk Menanggulangi Radikalisme di Indonesia. Fikri: Jurnal Kajian Agama, Sosial, Dan Budaya, 2(2), 523–570.
- Purwanto, Y., Qowaid, Q., Ma’rifataini, L., & Fauzi, R. (2019). Internalisasi Nilai Moderasi Melalui Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi Umum. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 17(2), 110–124. https://doi.org/10.32729/edukasi.v17i2.605
- Puspita, R. (2020). Kontra-Radikalisasi Pada Media Sosial dalam Perspektif Komunikasi. Jurnal Komunikasi Universitas Garut: Hasil Pemikiran Dan Penelitian, 6(2), 509–529.
- Ritaudin, M. S. (2017). Promosi Islam Moderat Menurut Ketum (MUI) Lampung dan Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung. Jurnal TAPIs, 13(2), 48–73.
- Saifuddin, K. (2019). Strategi Kontra Radikalisme Keagamaan Nahdlatul Ulama di Desa Jambon, Kecamatan Gemawang Kabupaten Temanggung. Jurnal SMaRT Studi Masyarakat, Religi Dan Tradisi, 5(2), 143–158.
- Salamah, N., Nugroho, M. A., & Nugroho, P. (2020). Upaya Menyemai Moderasi Beragama Mahasiswa IAIN Kudus melalui Paradigma Ilmu Islam Terapan. QUALITY, 8(2), 269–290. https://doi.org/10.21043/quality.v8i2.7517
- Sari, B. D. A. C. (2017). Media literasi dalam kontra propaganda radikalisme dan terorisme melalui media internet. Peperangan Asimetrik, 3(1), 15–31.
- Sirry, M. (2020). Muslim Student Radicalism and Self-Deradicalization in Indonesia. Islam and Christian–Muslim Relations, 31(2), 241–260. https://doi.org/10.1080/09596410.2020.1770665
- Sudjatnika, T. (2016). Tinjauan Kognisi Sosial Terhadap Sosial Budaya. Al-Tsaqafa: Jurnal Ilmiah Peradaban Islam, 16(1), 159–176. https://doi.org/10.15575/al-tsaqafa.v13i01.1839
- Suhaimi, S., & Raudhonah, R. (2020). Moderate Islam in Indonesia: Activities of Islamic Da’wah Ahmad Syafii Maarif. Ilmu Dakwah: Academic Journal for Homiletic Studies, 14(1), 101–124. https://doi.org/10.15575/idajhs.v14i1.8657
- Suharto, T. (2014). Gagasan Pendidikan Muhammadiyah dan NU sebagai Potret Pendidikan Islam Moderat di Indonesia. ISLAMICA: Jurnal Studi Keislaman, 9(1), 81–109. https://doi.org/10.15642/islamica.2014.9.1.81-109
- Ulinnuha, M., & Nafisah, M. (2020). Moderasi Beragama Perspektif Hasbi Ash-Shiddieqy, Hamka, dan Quraish Shihab. SUHUF, 13(1), 55–76. https://doi.org/10.22548/shf.v13i1.519
- Wahab, A. J. (2019). Islam Radikal dan Moderat: Diskursus dan Kontestasi Varian Islam Indonesia. PT Elex Media Komputindo.
- Yulianto, R. (2020). Islam Moderat Indonesia (Moderasi Muhammadiyah). Al-Hikmah: Jurnal Studi Agama-Agama, 6(1), 67–97.
- Yunanto, S. (2018). Islam Moderat vs Islam Radikal: Dinamika Politik Islam Kontemporer. PT Buku Seru.
- Zamzamy, A. (2019). Menyoal Radikalisme di Media Digital. Dakwatuna: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi Islam, 5(1), 13–29. https://doi.org/10.36835/dakwatuna.v5i1.318
- Zuhdi, M. H. (2019). Potential Islamic Radicalism and Terrorism in the Province of West Nusa Tenggara. AHKAM : Jurnal Ilmu Syariah, 19(1), 141–162. https://doi.org/10.15408/ajis.v19i1.11632