Main Article Content

Abstract

Keadilan Tuhan terus menjadi diskusi karena berhubungan dengan konsep perbuatan manusia. Manusia bebas berkehendak ataukah semua perbuatan manusia tercipta dari Tuhan. Penelitian ini bertujuan untuk menggali konsep keadilan Tuhan dari tafsir-tafsir aliran kalam, yakni Mu’tazilah, Asy’ariyah, dan Syi’ah. Penelitian ini merupakan penelitian perpustakaan dengan pendekatan kualitatif. Sumber data primer diambil dari tafsir Al-Kasysyaf karya Az-Zakahsyari, tafsir Al-Munir karya Wahbah Zuhaili, dan tafsir Al-Mizan karya Ath-Thaba’thaba’i. Mu’tazilah mengakui adanya kehendak manusia dan wajibnya sikap adil Allah. Asy’ariyah mengatakan bahwa perbuatan akan dibalas sesuai apa yang dikerjakan dengan adanya pengecualian bahwa kehendak mutlak Tuhan yang pasti adil dalam kehendak-Nya. Sedangkan Syi'ah juga mempercayai bahwa Allah adil dengan memberikan balasan kepada hamba-Nya dan hamba bertanggungjawab atas amalnya, namun tidak menganggap bahwa manusia ini benar-benar bebas berkehendak.

Keywords

Asy’ariyah Keadilan Tuhan Mu’tazilah Syi’ah

Article Details

References

  1. Adz-Dzahabi, M. H. (1995). At-Tafsīr Wa Al-Mufassirūn (Juz 1). Maktabah Wahabah.
  2. Al-Andalusi, I. H. (1992). Tafsir Bahrul Muhīth (Jilid 1). Dar Al-Fikr.
  3. Al-Asy’ary, A. H. A. I. I. (1955). Al-Luma’ fi al-Radd ‘ala Ahl al Zaig wa al-Bida.’ Syirkah musahamah.
  4. Al-Asy’ary, A. H. A. I. I.. (1985). Al-Banat ‘an Usul Al-Diyanat. Dar Al-Kitab Al-’Araby.
  5. Al-Zuhaili, W. (1991). Al-Tafsīr al-Munīr fī al-‘Aqīdah wa al-Sharī‘ah wa al-Manhāj (Juz 1). Dar Al-Fikr.
  6. Asy-Syahrasttânî, A. F. M. (1986). Al-Milal Wa al-Nihal. Dar Al-Ittihad.
  7. Az-Zamakhsyari. (1922). Tafsir Al-Kasysyāf. Dar El-Ma’rifah.
  8. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. (2023). KBBI Daring.
  9. Baihaki. (2016). Studi Tafsir al-Munir Karya Wahbah al-Zuhaili dan Contoh Penafsirannya tentang Pernikahan Beda Agama. Journal Analisis, 16(1).
  10. Dayyab, A. A. (1992). Rabi’ah al-Abarar li al-Zamakhsyari. al-Hai’ah al-Mishriyyah li al-Kitab.
  11. Fa’ri, M. A. A. (1998). Manhaj Wahbah al-Zuhaili fi al-Tafsir li al-Qur’an al-Karim: Tafsir al-Munir. Universitas Ahlubait.
  12. Jamal, K. (2019). Pengaruh Pemikiran Husain Thabathaba’i dalam Tafsir al-Mishbah. Jurnal Ushuluddin, 17(1).
  13. Khaeruman, K. (2004). Sejarah Perkembangan Tafsir al-Qur’an. Pustaka Setia.
  14. Ma’lûf, L. (1986). Kamus al-Munjid. Al-Maktabah Al-Syarqiyah.
  15. Madjid, Z. A. (2009). Metodologi Penafsiran Ayat-Ayat Hukum Dalam Tafsir Al-Munir. UIN Syarif Hidayatullah.
  16. Manzur, I. A. (2006). Lisān al-‘Arab (Juz 4). Dar Al-Ma’arif.
  17. Mulyaden, A. Hilmi, M. Z., & Yunus, B. M. (2022). Manhaj Tafsir Al-Kasyaf Karya Al-Zamakhsyari. Jurnal Iman Dan Spiritual, 2(1).
  18. Muthahhari, M. (2002). Mengenal Ilmu Kalam. Pustaka Zahra.
  19. Nurdin, M. A., & Abbas, A. F. (2014). Sejarah Pemikiran Islam. Amzah.
  20. Rahmat, A. & Akbar, F. H. (2021). Kajian Analitik dan Epistemik Terhadap Corak Lughawi dan Kecenderungan I’tizal Tafsir Al-Kasysyaf. Jurnal Islam Dan Spiritual, 1(1).
  21. Said, H. A. (2020). Tafsir Teologis: Menggali Ayat-Ayat Kalam dalam Tafsir Fath al-Qadir Karya al-Syaukani. Rajawali Pers.
  22. Shihab, Q. (2003). Wawasan Al-Qur’an. Mizan.
  23. Tabataba’I, M. H. (1997). Al-Mizān fī Tafsīr Al-Qur’ān (Juz 1). Muassisah Al-A’lami Li Al-Mathbu’at.
  24. Tamrin. (2019). Tafsir Al-Mizan Karakteristik dan Corak Tafsir. Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir, 1(1).
  25. Yusya, M. (2019). Konsep Keadilan Tuhan dalam Kriteria Kaum yang Dibinasakan dan Tidak Dibinasakan. Institut PTIQ Jakarta.