Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meninjau regulasi jaminan produk halal pada Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2014 dengan kaca mata maqasid syari'ah Jasser Auda. Penelitian ini menggunakan pendekatan historis-normatif dalam bentuk penelitian kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tujuan pengundangan UU Nomor 33 Tahun 2014 telah sesuai dengan maqasid syari'ah Jasser Auda. Lebih lanjut, asas dan hak konsumen mengalami perluasan dimensi, yaitu dengan adanya asas ‘kebebasan kepercayaan’ dan ‘hak untuk bebas menjalankan ajaran agama’ bagi konsumen di Indonesia.

Keywords

Jaminan Produk Halal Jasser Auda Maqasid Syari’ah Perlindungan Konsumen

Article Details

References

  1. Abdullah, C., & Suliyanthini, D. (2021). Perubahan Perilaku Konsumen di Masa Pandemi Covid-19. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 9(1), 18–24. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v9i1.4316
  2. An-Nabhani, S. M. T. bin I. bin M. bin I. bin Y. (1991). Asy-Syakhshiyah al-Islamiyyah. Pustaka Fikrul Islam.
  3. Anshori, M. (2020). Makanan Haram dan Pengaruhnya dalam Kehidupan. Islamitsch Familierecht Journal, 1(1), 66–90. https://doi.org/10.32923/ifj.v1i01.1492
  4. Auda, J. (2013). Maqasid Syariah Dalil Mubtadiin (Al-Maqasid untuk pemula) (A. ‘Abdel Mon’im (ed.); 1st ed.). SUKA-Press UIN Sunan Kalijaga.
  5. Auda, J. (2015). Membumikan Hukum Islam melalui Maqasid Syariah: Pendekatan Sistem (Ahmad Baiquni (ed.)). PT Mizan Pusaka.
  6. Dzikrayah, F. (2020). Perilaku Konsumen Muslim Terhadap Konsumsi Food And Beverage Pada Masa Pandemi Covid-19. Al-Mualamat: Jurnal Ekonomi Syariah, 7(1).
  7. Ghapa, N., & Ab Kadir, N. A. (2021). Information Regulation: A Measure of Consumer Protection. Pertanika Journal of Social Sciences and Humanities, 29(S2), 59–74. https://doi.org/10.47836/pjssh.29.s2.05
  8. Helmi, I., Hafidhuddin, D., & Ibdalsyah. (2019). Kehalalan Makanan Cepat Saji Menurut Fatwa Mui: Studi Analisis Terhadap Restoran Cepat Saji Di Kota Bogor. Kasaba: Jurnal Ekonomi Islam, 12(1), 40–51. https://doi.org/10.32832/kasaba.v12i1.2548
  9. Ibn Kathir, I. (1999). Tafsir Al-Quran Al-Azim. Dar at-Tayyibah li an-Nasyr wa at-Tauzi’.
  10. Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis. SAGE Publications Inc.
  11. Moleong, L. J. (2011). Metode Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.
  12. Nusran, M., Darmawangsa, A., & Ardi. (2021). Pengembangan Komunitas Sadar Halal Berbasis Masjid. Prosiding Seminar Nasional Ilmiah Masjid (WIM III).
  13. Pramezwary, A., Juliana, Pramono, R., Rahardja, C. J., & Adianto, R. (2021). The Coronavirus’s and Social Restrictions Effects on Consumer Behavior New Normal Era: A Perspective Alphabet Theory. Turkish Online Journal of Qualitative Inquiry (TOJQI), 12(3), 1960–1976.
  14. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 39 Tahun 2021 Tentang Penyelenggaraan Bidang Jaminan Produk Halal, (2021).
  15. Rohmah, A. (2020). Pandemi Covid-19 dan Dampaknya Terhadap Perilaku Konsumen di Indonesia. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(7), 1373–1378.
  16. Salim HS, & Nurbani, E. S. (2013). Penerapan Teori Hukum pada Penelitian Tesis dan Disertasi. PT Grafindo Persada.
  17. Yuningsih, N. (2020). Retail Foods.