Main Article Content
Abstract
Pengabdian dengan judul pelatihan Media Pembelajaran Inovatif dengan VideoScribe Bagi Guru SDN Malangrejo, dilaksanakan di SDN Malangrejo terletak Jetis, RT.01/RW.43, Jetis, Wedomartani, Kec. Ngemplak, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pengabdian ini dilakukan karena masih banyaknya guru yang belum menggunakan media pembelajaran interaktif dan belum memaksimalkan teknologi komputer. Dengan tidak adanya upgrading seorang guru dalam penyampaian materi kepada siswanya membuat penyampaian materi menjadi tidak optimal, serta guru yang mengajar terkait informatika sangat minim sekali, hanya ada 1 guru di SDN Malangrejo. Dengan adanya permasalahan yang ada, maka perlu dilakukan pelatihan dalam penggunaan media pembelajaran kepada guru SDN Malangrejo, salah satunya adalah Media Pembelajaran Interaktif berbasis video 2 Dimensi yaitu VideoScribe. Dengan menggunakan media pembelajaran ini, gambar yang ada terkait materi pembelajaran dapat disampaikan dalam bentuk animasi tangan bergerak disertai musik, sehingga siswa yang Visual, Auditori maupun Kinestetik dapat lebih mudah menangkap materi dibandingkan hanya berupa teks saja. Selain itu VideoScribe juga menyajikan banyak sekali gambar yang biasa digunakan dalam presentasi sehingga guru tidak usah mencari-cari gambar untuk dimasukkan ke dalam presentasinya. Pelatihan ini dilakukan tatap muka dengan protokol kesehatan yang saat ini menjadi pandemi yaitu Covid-19. Berdasarkan pengabdian yang dilakukan, terdapat hasil dan rekomendasi yang diterima dari para guru SDN Malangrejo. Dari 16 Guru yang mengikuti pelatihan, terdapat 54,5 % guru mengatakan “menarik” dan 45,5% guru mengatakan “sangat menarik” dalam menggunakan VideoScribe sebagai media pembelajarannya. Kemudian terkait pemahaman kepada siswa, 63,6 % Guru mengatakan bahwa dengan VideoScribe “sangat bisa” meningkatkan pemahaman kepada siswa dan 36,4% mengatakan “bisa”. Selain itu, 63,6% guru mengatakan bahwa VideoScribe “sangat mampu” meningkatkan Kreativitas Guru dalam mengajar, dan 36,4% mengatakan “mampu”. Dalam peningkatan belajar siswa, 63,6% guru mengatakan dengan media pembelajaran yang inovatif menggunakan VideoScribe ini “sangat mampu” meningkatkan belajar siswa, dan 36,4% mampu meningkatkan belajar siswa dibandingkan pembelajaran yang konvensional.
Keywords
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
References
- Abidin, Mochamad Miswar, Bambang Eka Purnama, and Gesang Kristianto Nugroho. 2013. “Pembangunan Media Pembelajaran Teknik Komputer Jaringan Kelas X Semster Ganjil Pada Sekolah Menengah Kejuruan Taruna Bangsa Pati Berbasis Multimedia Interaktif.” IJNS - Indonesian Journal on Networking and Security 4 (3). https://doi.org/10.1123/IJNS.V4I3.295.
- Arindiono, Rudi, Rudi Julio Arindiono, and Nugrahardi Ramadhani. 2013. “Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Matematika Untuk Siswa Kelas 5 SD.” Jurnal Sains Dan Seni ITS 2 (1): F28–32. https://doi.org/10.12962/j23373520.v2i1.2856.
- “Pedoman Penelitian Dan Pengabdian UPY Telah Riliss!! – Lembaga LPPM.” n.d. Accessed July 6, 2020. http://lppm.upy.ac.id/2018/12/21/pedoman-penelitian-dan-pengabdian-upy-telah-riliss/.
- Shalikhah, N. D., and Andt Mardiana. 2020. “Edutainment with Video Scribe in Thematic Learning.” Journal of Physics: Conference Series 1517 (1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1517/1/012058.
- Suryadi, Ace. 2007. “Pemanfaatan ICT Dalam Pembelajaran.” Jurnal Pendidikan Terbuka Jarak Jauh 8 (1): 83–98.