Main Article Content

Abstract

Mitra pengabdian kepada masyarakat ini yaitu SD Muhammadiyah 1 dan SD Muhammadiyah 2, Kec. Cimanggu, Kab. Cilacap dengan jumlah total 12 guru sebagai kelompok sasaran. Permasalahan itu adalah: 1) kurangnya pengetahuan guru tentang gaya belajar, 2) Kurangnya pengetahuan guru dalam mengidentifikasi gaya belajar siswa, 3) kurangnya keterampilan guru dalam merancang stimulasi belajar sesuai dengan gaya belajar siswa. Tujuannya kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini yaitu 1) memberikan pengetahuan pentingnya gaya belajar siswa, 2) memberikan pengetahuan identifikasi gaya belajar siswa, dan 3) melatih keterampilan merancang stimulasi belajar sesuai dengan gaya belajar siswa. Tahapan-tahapan pelaksanaan yang digunakan dalam kegiatan ini diantaranya ceramah, tanya jawab, dan pelatihan merancang stimulasi belajar sesuai dengan gaya belajar siswa. Hasilnya, terjadi peningkatan pengetahuan gaya belajar siswa dan identifikasi gaya belajar siswa. Hal ini dibuktikan dari nilai pre test dan post test yang diberikan pada saat sebelum dan sesudah pelatihan serta hasil dari wawancara. selain itu peningkatan keterampilan merancang stimulasi belajar sesuai dengan gaya belajar siswa.

Keywords

Learning style Visual learning Auditory learning Kinesthetic learning

Article Details

References

  1. Asbari, M., Tukiran, M., Purwanto, A., Santoso, P. B., Wijayanti, L. M., & Hyun, C. C. (2020). Masih Relevankah Pengukuran Gaya Belajar Pada Pembelajaran Online?(Sebuah Kajian Literatur Sistematis). Journal of Industrial Engineering & Management Research, 1(3), 267-275.
  2. Bire, A. L., Geradus, U., & Bire, J. (2014). Pengaruh gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik terhadap prestasi belajar siswa. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 44(2).
  3. Candra, I. D. (2015). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri Pajang 3surakarta Tahun Ajaran 2014/2015. eprints.ums.ac.id. http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/35396
  4. DePorter, B., Reardon, M., & Singer-Nourie, S. (2010). Quantum teaching: mempraktikkan quantum learning di ruang-ruang kelas. Bandung: Kaifa.
  5. Fauziyah, F. (2013). Pengaruh gaya belajar terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Madrasah Ibtidaiyah Raudlatul Ulum Karangploso Malang. etheses.uin-malang.ac.id. http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7324
  6. Hermawati, L. I., & Andayani, E. (2020). Kompetensi Pedagogik Guru, Model Discovery Learning, dan Gaya Belajar terhadap Kemandirian Belajar. Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS, 14(1), 22-30.
  7. Khoeron, I. R., Sumarna, N., & Permana, T. (2014). Pengaruh Gaya Belajar terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Produktif. Journal of Mechanical Engineering Education, 1(2), 291-297.
  8. Kolb, D. A. (1995). Learning style inventory: Technical specifications. In Boston, MA: McBer & Company.
  9. Nidawati, N. (2013). Belajar Dalam Perspektif Psikologi Dan Agama. PIONIR: Jurnal Pendidikan, 4(1).
  10. Permana, A. (2016). Pengaruh gaya belajar dan motivasi belajar mahasiswa terhadap kemampuan belajar ilmu alamiah dasar. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(3).
  11. Pramesti, N. M. I., & Ratnadi, N. M. D. (2020). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Gaya Belajar Visual, Gaya Belajar Auditorial dan Gaya Belajar Kinestetik Pada Tingkat Pemahaman Akuntansi. E-Jurnal Akuntansi, 30(1), 130-146.
  12. Sari, N. P. (2013). Pengaruh gaya belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa. EMPATHY Jurnal Fakultas Psikologi, 2(1)..
  13. Syah, M. (2003). Psikologi belajar. PT Rajagrafindo Persada.
  14. Widayanti, F. D. (2013). Pentingnya Mengetahui Gaya Belajar Siswa Dalam Kegiatan Pembelajaran Di Kelas. Erudio Journal of Educational Innovation, 2(1).
  15. Winkel, W. S. (1996). Psikologi Pengajaran. Grasindo.