Main Article Content
Abstract
Di masa pandemic Covid-19 ini, banyak pegawai mengalami PHK dan banyak orang berusaha membuka usaha baru untuk menambah penghasilan ataupun mendapatkan penghasilan baru. Namun demikian, ketika orang membangun usaha hanya karena usaha tersebut sedang digemari atau karena mereka harus mendapatkan penghasilan, yang terjadi adalah bisnis yang tidak terencana. Akibatnya, ada resiko ketidak tercapaian target pendapatan, kerugian atas pembelian bahan baku, hingga penutupan usaha. Oleh karena itu, tulisan ini memberikan tips-tips praktis dalam membangun usaha terutama di masa pandemic, dari mendapatkan ide hingga merealisasikannya menjadi sebuah usaha.
Keywords
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
References
- Bachtiar, N. K. (2020). Competing in Niche Market: Is Innovation all we Need? Evidence from Local Coffee Shops. Test Engineering and Management, 17327-17336.
- Bachtiar, N. K., & Al Amin, M. (2019). SMEs’ Growth Stage Model: A Literature Review and Development Model. Jurnal Analisis Bisnis Ekonomi, 1-19.
- Osterwalder, A., & Pigneur, Y. (2010). Business Model Generation. John Wiley and Son.
- Osterwalder, A., Pigneur, Y., Bernarda, G., Smith, A., & Papadakos, T. (2014). Value Proposition Design: How to Create Products and Services Customers Want. Wiley.
- Steinmetz, L. (1969). Critical stages of small business growth: When they occur and how to survive them. 12(1).