Main Article Content

Abstract

Student Center Learning (SCL) menuntut aktivitas pembelajaran dua arah. Tidak hanya segi kognitif namun psikomotor dan afektif juga menjadi penilaian. Namun sayangnya kegiatan pembelajaran terutama laboratorium masih minim dilakukan. Kasus ini terjadi pula di MA Al Iman Bulus Purworejo. Meskipun memiliki peralatan praktik yang cukup memadai namun, laboratorium sekolah nyaris tidak digunakan dalam pembelajaran fisika. Untuk itu perlu dilakukan optimalisasi laboratorium melalui kegiatan pengabdian “back to your lab”. Kegiatan ini merupakan pendampingan terhadap peserta didik di laboratorium yang dilakukan dengan 3 tahapan, yaitu observasi, pelaksanaan dan refleksi. Pengumpulan data dengan menggunakan observasi sikap ilmiah dan keterlaksanaan aktivitas laboratorium. Analisis data dengan deskriptif kualitatif. Melalui kegiatan ini didapatkan hasil ada peningkatan sikap ilmiah peserta didik yang linier dengan peningkatan aktivitas laboratorium.

Keywords

laboratorium sikap ilmiah pembelajaran fisika

Article Details