Pengaruh Intellectual Capital, Growth Opportunities, Dan Biaya Promosi Terhadap Nilai Perusahaan

  • Sri Warsini Program Studi Manajemen/Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya, Indonesia
  • Susanti Susanti Program Studi Manajemen/Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya, Indonesia
  • Edi Pranyoto Program Studi Manajemen/Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya, Indonesia
Keywords: Intellectual Capital, Growth Opportunities, Biaya Promosi, Nilai Perusahaan

Abstract

Nilai perusahaan menjadi bahan pertimbangan bagi calon investor yang ingin menginvestasikan dananya pada suatu perusahaan. Seorang calon investor dalam pasar modal tentu akan mempertimbangkan harga saham perusahaan sebelum melakukan investasi. Produk kosmetik dan keperluan rumah tangga memiliki permintaan yang tinggi ditunjukkan dengan pertumbuhan hingga 20% (KEMENPERIN, berita industri 2018). Berita ini diperkuat dengan bukti dari IDN Financial yang mengungkapkan harga saham perusahaan kosmetik dan rumah tangga turun dari tahun 2016-2022. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Intellectual Capital, Growth Opportunities, dan Biaya Promosi terhadap Nilai Perusahaan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif kausal. Populasi pada penelitian ini adalah perusahaan kosmetik dan rumah tangga yang terdaftar di BEI. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, menghasilkan sampel sebanyak 5 perusahaan kosmetik dan rumah tangga. Metode analisis data menggunakan analisis data panel. Hasil penelitian ini menunjukkan Intellectual capital berpengaruh positif terhadap Nilai Perusahaan, Growth Opportunities berpengaruh negatif terhadap nilai perusahaan, dan Biaya Promosi berpengaruh negatif terhadap nilai perusahaan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-08-26