Main Article Content

Abstract

Pengambilan Keputusan Berwirausaha merupakan keberanian dalam mengambil risiko atau keputusan untuk membuka lapangan pekerjaan menggunakan sumber daya secara optimal. Kepitusan berwirausaha adalah hasil dari pemecahan suatu masalah yang melibatkan pertimbangan dari berbagai faktor. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh e-commerce, sosial media, penggunaan sistem informasi akuntansi dan pengetahuan kewirausahaan terhadap pengambilan keputusan berwirausaha. Data dalam penelitian ini adalah data primer, yaitu data yang diperoleh dengan menyebar kuesioner kepada responden. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa akuntansi UNIMMA angakatan 2020-2022. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah responden sebanyak 120. Metode analisis yang digunakan menggunakan analisis regresi linear berganda dengan program SPSS 25. Hasil dari penelitian ini berpengaruh bahwa e-commerce, sosial media dan pengetahuan kewirausahaan berpengaruh positif terhadap pengambilan keputusan berwirausaha. Sedangkan penggunaan sistem informasi akuntansi tidak berpengaruh terhadap pengambilan keputusan berwirausaha.

Keywords

E-Commerce Sosial Media Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi Pengetahuan Kewirausahaan Pengambilan Keputusan Berwirausaha

Article Details

References

    Administrator. (2019). Mahasiswa Akuntansi Juga Bisa Jadi Pengusaha.
    Aputra, An. ; S. ; N. A. (2022). Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan, Lingkungan Pergaulan dan Media Sosial Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa UKM Kewirausahaan Universitas Muslim Indonesia. Jurnal Magister Manajemen Universitas Muslim Indonesia, Vol 9 No.1.
    Fernando ; Sarwo, Edy, H. (2022). Pengaruh Literasi Digital, Media Sosial dan E-Commerce Terhadap Keputusan Berwirausaha Mahasiswa. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, Vol. 04, N.
    Fitriyah, R. : S. P. W. : A. K. (2022). Pengaruh E-Commerce dan Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi Terhadap Pengambilan Keputusan Untuk Berwirausaha. 11(1), 614–621.
    Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25 (9th ed.). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
    Handayani, D., Rusmana, O., & Warsidi, W. (2023). Pengaruh Perkembangan E-Commerce , Modal Usaha , Pengetahuan Kewirausahaan , dan Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi terhadap Pengambilan Keputusan Berwirausaha ( The Influence of E-Commerce Development , Business Capital , Entrepreneurial Knowledge , a. 1(1), 11–20.
    Handoyo, S. E. (2022). Pengaruh Literasi Keungan, Media Sosial dan E-Commerce Terhadap Keputusan Berwirausaha Mahasiswa. 04(01), 99–106.
    Javier, F. (2023). Tingkat Pengangguran Berdasarkan Jenjang Pendidikan. Tempo. Co.
    Lestari, I. G. K. (2022). Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan dan Efikasi Diri dalam Pengambilan Keputusan untuk Berwirausaha pada Mahasiswa Program Studi Akuntansi di Perguruan Tinggi Swasta Badung. 5, 2018–2023.
    Maluto, P. ; ulkifli B. ; L. P. (2024). Pengaruh E-Commerce, Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi dan Modal Usaha Terhadap pengambilan Keputusan Berwirausaha (Studi Kasus Pada UMKM Kota Gorontalo). Jurnal Mahasiswa Akuntansi, Volume 2 N.
    Murni, R. (2010). Karakteristik Kepemimpinan Transformasional Dan Karakteristik Wirausaha Pada Usaha Kecil Menengah (UKM) Kota Magelang. Jurnal Analisis Bisnis Ekonomi, 8(2), 232–250.
    Nilamasari, A. ; M. : dan A. F. K. S. (2022). Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan, E-commerce dan Sistem Informasi Akuntansi Terhadap Pengambilan Keputusan Mahasiswa Akuntansi Untuk Berwirausaha Dimasa Pandemi (Studi Kasus Mahasiswa Akuntansi Universitas Islam Malang). 11(02), 1–9.
    Nuriah, K. S. ; S. M. (2022). Peranan pemahaman e-commerce , sistem informasi akuntansi, dan ilmu kewirausahaan terhadap minat mahasiswa akuntansi untuk berwirausaha. 2(2), 893–904.
    Pambuko, Z. B., Pramesti, D. A., Dewi, V. S., Fidian, A., Praja, C. B. E., Wahyudi, R., … Ningrum, N. K. (n.d.). Customer Satisfaction on Electronic Wallet Usage: Indonesia Experience s.
    Pramita, Y. D. (2018). Analisis Pemahaman Permendesa No. 4 Tahun 2015 Dan Pemanfaatan Sistem Informasi Pada Akuntabilitas Pengelolaan Bumdes. Jurnal Analisis Bisnis Ekonomi, 16(1), 1–8.
    Putra, Y. M. (2016). Minat Pemuda untuk Berwirausaha Disebut Masih Rendah.
    Romney, M. ; P. J. S. (2014). Sistem Informasi Akuntansi (Edisi 13). Jakarta: Salemba Empat.
    Rukmorini, R. (2023). Dorong Lahirnya Wirausaha Baru untuk Atasi Pengangguran di Jateng.
    Shulthoni, A. A. A. M. (2023). Pengaruh E-Commerce, Sistem Informasi Akuntansi dan Pengetahuan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Humanika, Vol. 13 No.
    Siregar, E. (2023). MenKopUKM : Indonesia butuh lebih banyak wirausaha dari mahasiswa.
    Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
    Susanto, B. (2016). Total Quality Management, Performance Measurement System, Rewards And Organizational Commitment To Performance Of Employees. Jurnal Bisnis & Ekonomi, 14(1), 76–83.
    Susilawaty, E. A. (2022). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan dan Media Sosial Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa. 2(1), 1–15.
    Wildan, F. A. : S. (2022). No Title. Jurnal Akuntansi UMMI, 3(September).
    Yeni, R. I. (2022). Pengaruh E-Commerce, Sosial Media dan Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi Terhadap Pengambilan Keputusan Berwirausaha ( Studi Pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi Universitas Muhammadiyah Riau ). 3(2), 664–675.
    Yuliani, D. E. ; R. A. (2024). Pengaruh E-Commerce dan Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi Terhadap Pengambilan Keputusan Berwirausaha. Tinjauan Ekonomi Dan Bisnis Digital.