Main Article Content

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi perkembangan industri kecantikan memiliki pertumbuhan yang sangat pesat dengan persaingan yang sangat tinggi sehingga bagi orang perawatan kulit menjadi kebutuhan yang sangat penting, gaya hidup seperti ini menjadi tuntutan untuk lebih mengutamakan penampilan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh getok tular, kesadaran merek, dan citra merek terhadap niat beli. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 100 responden, teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling. Dalam penentuan sampel penelitian ini terdapat kriteria yaitu minimal 1 kali pembelian produk natasha. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Getok Tular berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli, Kesadaran Merek berpengaruh negatif terhadap niat beli, dan Citra Merek berpengaruh positif dan signifikan terhdap niat beli.

Keywords

Getok Tular Kesadaran Merek Citra Merek Niat Beli

Article Details

References

    Adriana, T., Ellitan, L., & Lukito, R. S. H. (2022). Pengaruh Social Media Marketing Dan Electronic Word of Mouth Terhadap Purchase Intention Melalui Brand Image Pada Scarlett- Whitening Di Surabaya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen : JUMMA, 11(1), 21–29. https://doi.org/10.33508/jumma.v11i1.3947
    Anggraini, N., & Sugiyanto, D. R. (2021). Pemaknaan Bahasa Dalam Percakapan Pemain Online Game. Communications, 3(1), 1–17. https://doi.org/10.21009/communications.4.1.1
    Ardiansyah, M. F., Aquinia, A., Program, S., S1, M., Ekonomika Dan Bisnis, F., & Semarang, U. S. (2022). Pengaruh Celebrity endorsement,Brand Image, dan Electronic Word of Mouth Terhadap Purchase Intention (Studi Pada Konsumen Marketplace Tokopedia). SEIKO : Journal of Management & Business, 5(1), 2022–2469. https://doi.org/10.37531/sejaman.v5i2.2117
    Ariestania, V. R., & Dwiarta, I. M. B. (2020). Pengaruh Brand Image, Product Quality, Dan Product Knowledge Terhadap Purchase Intention Pengguna Vans Sidoarjo. Majalah Ekonomi, 25(1), 12–18. https://doi.org/10.36456/majeko.vol25.no1.a2446
    Arindaputri, N. B., & Santoso, S. (2023). Analysis of the influence of digital marketing, brand image, and price perception on purchase intention and brand loyalty in Uniqlo apparel products. International Journal of Research in Business and Social Science (2147- 4478), 12(4), 57–65. https://doi.org/10.20525/ijrbs.v12i4.2612
    Arini Rizki Udayani, & Tatik Suryani. (2019). Pengaruh aktivitas pemasaran media sosial terhadap kesadaran merek dan citra merek Adidas serta dampaknya pada niat beli konsumen. K&K_Jurnal Manajemen, 1(2), 91–105.
    Aulia, H., & Aquinia, A. (2023). Pengaruh Social Media Marketing, Brand Awareness, DanElectronic Word of Mouth Terhadap Niat Beli. Jurnal Bisnis dan Manajemen, 3(1), 136–142.
    Ayu Desy Trisnadewi Darmawan, P., Ngurah Suyatna Yasa, P., Made Wahyuni, N., & Goldina Puteri Dewi, K. (2022). Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bi snis PENGARUH ELEKTRONIC WORD OF MOUTH DAN CITRA MEREK TERHADAP NIAT BELI. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis , 7(1), 89–100. https://journal.undiknas.ac.id/index.php/manajemen
    Brabo, N. A., Karif, A. I., Lestari, S. D., & Sriyanto, A. (2021). The Effect of Brand Page Commitment, Brand Awareness, Electronic Word Of Mouth and Brand Image on Purchase Intention of Xiaomi Smartphone on Social Media. GATR Journal of Management and Marketing Review, 6(4), 235–244. https://doi.org/10.35609/jmmr.2021.6.4(4)
    Chrysnaputra, R. D. (2020). Pengaruh Brand Image dan Trust terhadap Purchase Intention pada Jasa Umroh di Malang. Al-Iqtishod: Jurnal Ekonomi Syariah, 2(1), 68–89. http://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/iqtis/article/view/146
    Dwi Widyawati, D. (2019). Pengaruh Electronic Word of Mouth Terhadap Brand Image Dan Purchase Intention Pada Produk Starbucks (Studi Pada Pengguna Instagram Di Kota Malang). Journal of Economics and Business Faculty University Brawijaya.
    Economics, P., Khaldoon, A., Ahmad, A., Wei, H., Yousaf, I., Ali, S. S., Naveed, M., Latif, A. S., Abdullah, F., Ab Razak, N. H., Palahuddin, S. H., Tasneem Sajjad , Nasir Abbas, Shahzad Hussain, SabeehUllah, A. W., Gulzar, M. A., Zongjun, W., Gunderson, M., Gloy, B., Rodgers, C., Orazalin, N., Mahmood, M., … Ishak, R. B. (2020). No Analisis Niat Beli Online. Corporate Governance (Bingley), 10(1), 54–75.
    Fahmi Hikmat, R. (2022). Analisis Faktor-Faktor Niat Beli Ulang dalam Pembelian Online. COMSERVA Indonesian Jurnal of Community Services and Development, 2(5), 527–541. https://doi.org/10.59141/comserva.v2i5.676
    Fitriani, T. N., Kurniawan, B., & Goeltom, H. C. (2023). Pengaruh Brand Trust, Brand Awareness Terhadap Purchase Intention Melalui Brand Satisfaction Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen dan Akuntansi (JEBMA), 3(3), 968–977. https://doi.org/10.47709/jebma.v3i3.3214
    Ghozali, I. (2021). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 20 Edisi 10.
    Hariyanto, R. C., & Wijaya, A. (2022). Pengaruh Brand Ambassador, Brand Image dan Brand Awareness terhadap Purchase Decision. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 4(1), 198. https://doi.org/10.24912/jmk.v4i1.17192
    Hendri, H., & Budiono, H. (2021). Pengaruh Brand Image, Brand Turst, Ewom Terhadap Purchase Intention Pada Produk H&M Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 3(2), 371. https://doi.org/10.24912/jmk.v3i2.11881
    Movie, K., & Dan, M. (2020). ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk. 6(1), 158–176.
    Mulyawan, I., Saefuloh, D., Wijaya, H., & Rafdinal, W. (2021). Sikap Pada Iklan Media Sosial Instagram dan Kesadaran Merek Terhadap Niat Pembelian Pada Generasi Y dan Z. Jurnal Riset Bisnis dan Investasi, 6(3), 143–153. https://doi.org/10.35313/jrbi.v6i3.2248
    Nurmahendra, P., & Setyawan, A. A. (2023). Pengaruh Electronic Word of Mouth terhadap Sikap Merek dan Niat Beli Merek Pada Produk Uniqlo di Surakarta. Jurnal Informatika Ekonomi Bisnis, 5, 1115–1120. https://doi.org/10.37034/infeb.v5i4.711
    Octavianus, V., & Suprapto, W. (2020). Pengaruh Brand Image Dan Online Store Image Terhadap Purchase Intention Melalui Perceived Risk Pada Produk Sneakers Adidas. Agora, 8. http://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-bisnis/article/view/10601
    Pangestoe, & Purwianti. (2022). Analisa Pengaruh Brand Image , Celebrity Endorser , Attitude , Trust , dan Brand Awareness terhadap Purchase Intention Pada Fashion Sportwear di Kota Batam. SEIKO (Jurnal of Management and Business, 5(1), 137–155. https://doi.org/10.37531/sejaman.v5i1.1674
    Prastika, N. (2023). Pengaruh Beauty Influencer , Customer Review , dan Customer Rating terhadap Minat Beli Produk Skincare Garnier Pada Konsumen Belia Cosmetic Di Shopee. 1(5).
    Pratama, E. D., Lukitaningsih, A., & Kusuma Ningrum, N. (2022). Pengaruh Brand Awareness, Consumer Trust, Percived Value, Dan Word of Mouth Terhadap Purchase Intention Konsumen Situs Belanja Online shopee Di Yogyakarta. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 4(6), 1762–1772. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v4i6.1084
    Pratiwi, I., & Soliha, E. (2023). Kualitas Produk , Citra Merek dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Klinik Kecantikan Natasha Skin Care di Semarang. SEIKO : Journal of Management & Business, 6(1), 355–367. https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i1.3096
    Saputra, I. K. A., & Widagda K, I. G. N. J. A. (2020). Brand Image, Product Knowledge, Dan Electronic Word of Mouth Berpengaruh Terhadap Purchase Intention. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 9(3), 1129. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2020.v09.i03.p16
    Seilvia Prasindhi Ningrum, & Rudy P. Tobing. (2022). Pengaruh Viral Marketing dan Brand Awareness Terhadap Purchase Intention Produk Skincare Brand Korea Selatan. OPTIMAL: Jurnal Ekonomi dan Manajemen, 2(4), 174–188. https://doi.org/10.55606/optimal.v2i4.719
    Siregar, A. P., Tannady, H., Jusman, I. A., Cakranegara, P. A., & Arifin, M. S. (2022). The Role Of Product Price And Brand Image On Purchase Decision Of Cold Pressed Juice Re Juve Product. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 3(5), 2657–2665. https://www.yrpipku.com/journal/index.php/msej/article/download/1023/676
    Sugiyono, S. (2021a). metode penelitian kualitatif dan kuantitatif dan R dan D (Sutopo (ed.)).
    Sugiyono, S. (2021b). No Title (Sutopo (ed.)).
    Taufik, Y., Risna, A., Zakhra, A., Ayesha, I., Siregar, A., Kusnadi, I., Ratnawati, R., & Tannady, H. (2022). Peran Social Media Marketing dan Brand Awareness Terhadap Purchase Intention Produk Es Teh Indonesia. Jurnal Kewarganegaraan, 6(2), 5234–5240.
    Ulfha, S. R., Hermina, T., & Suseno, N. S. (2023). Pengaruh E-Marketing Terhadap Brand Image Dan Dampaknya Terhadap Purchase Intention (Survei Pada Cafe di Kabupaten Garut). Journal Of Entrepreneurship and Strategic Management, 2(02), 51–58. https://doi.org/10.52434/jesm.v2i02.171
    Vivien Christy Apriyanti, Andre Jonathan Harahap, Bryan Tandian, Pangestu, & Viona Angelina Herwanto. (2022). Pengaruh Marketing Brand Pakaian di Instagram terhadap Niat Beli Masyarakat di Kota Batam. E-Bisnis : Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis, 15(1), 186–194. https://doi.org/10.51903/e-bisnis.v15i1.739
    Wafiyah, F., & Wusko, A. U. (2023). Pengaruh User Generated Content Dan E-Wom Terhadap Purchase Intention Dan Purchase Decision Pada Pembeli Produk Nyrtea Di Instagram. Jurnal Ekonomi, Bisnis, dan Manajemen, 2(3), 190–200. https://doi.org/10.58192/ebismen.v2i3.1278
    Walker, J. (2000). Brand image. New Scientist, 165(2229), 57. https://doi.org/10.5040/9781501365287.280
    Willyanto, A., & Lego, Y. (2022). Analisis Pengaruh Kesadaran Merek, E-Wom, dan Harga yang Dipersepsikan terhadap Niat Pembelian Croffle Dear Butter. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 4(2), 271. https://doi.org/10.24912/jmk.v4i2.18202
    Wilyan, W. A., Said, S., & Najmudin. (2022). Pengaruh Harga dan Brand Image Terhadap Minat Beli Produk Safi Skincare Pada Mahasiswa FEB Untirta. Mdp Student Conference (Msc), 239–244. https://jurnal.mdp.ac.id/index.php/msc/article/view/1746/587