Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis laba bersih, BEP (Break Even Point) dan SWOT pada UMKM Omah Aloevera serta strategi dalam peningkatan pendapatan keluarga. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis bisnis dasar dengan cara berhitung pendapatan, keuntungan, satuan BEP, pendapatan BEP, analisis SWOT. Dilihat dari nilai keuntungannya, UMKM Omah Aloevera mempunyai prospek yang sangat menjanjikan. Strategi utama yang  dapat diterapkan untuk Meningkatkan pendapatan menggunakan AHP yaitu mempertahankan harga produk yang kompetitif dan meningkatkan volume produksi.

Keywords

Pendapatan BEP Strategi Analisis SWOT

Article Details

References

    Arikunto, S. (2011). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Buku Aksara.
    Aziz, M. (2022). Dampak Penataan Kawasan Samber Park Kota Metro Bagi Pendapatan Para Pedagang. Institut Agama Islam Negeri Metro.
    Dermawan, R. (2009). Model Kuantitatif Pengambilan Keputusan dan Perencanaan Strategis. Alfabeta. Bandung.
    Dilla, Z. S. (2019). Analisis Ekspor Lidah Buaya (Aloe Vera) Kalimantan Barat”(Studi Kasus Ekspor Ke Negara Malaysia). Jurnal Ekonomi STIEP, 4(2), 50–58.
    Firdaus, M. (2008). Manajemen Agribisnis (F. Yustianti (ed.)). Bumi Aksara.
    Hill, M. (2006). 29 Russian greenhouse gas emissions: options for sustainable reduction. The International Handbook on Environmental Technology Management, 448.
    Manikmas, M. O. A. (2003). Potensi Pengembangan Usaha Kecil Menengah dalam Era Otonomi Daerah. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Sosial-Ekonomi Pertanian, 1–28.
    Rangkuti, F. (2015). Analisis SWOT: Teknik membedah kasus bisnis. Language, 13(246p), 23cm.
    Soekartawi, S. (2007). E-Agribisnis: Teori dan Aplikasinya. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI).
    Suisnaya, I. N., Hubeis, M., & Purwanto, B. (2009). Kajian Prospek dan Strategi Pengembangan Usaha Pengolahan Aloe Vera Pada PT Libe Bumi Abadi. MANAJEMEN IKM: Jurnal Manajemen Pengembangan Industri Kecil Menengah, 4(2), 163–175.
    Yasin, A. Z. F. (2002). Masa depan agribisnis Riau (1st ed.). Unri Press.
    Zuliyati, Z., Robiyanto, F., & Karimah, I. (2022). Pengaruh Attitude, Subjective Norm, Perceived Behavior Control, Herding dan Pengetahuan Akuntansi terhadap Niat Penggunaan Sistem Akuntansi Terkomputerisasi pada UMKM di Kudus. Borobudur Accounting Review, 70–79.