Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh brand image, online customer review, online customer rating, dan e-trust terhadap keputusan pembelian pada e-commerce dengan studi empiris pengguna shopee. Populasi dalam penelitian ini adalah Pengguna Shopee. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden dengan menggunakan metode teknik pusposive sampling. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa keputusan pembelian mempengaruhi brand image, online customer review, online customer rating dan e-trust terhadap keputusan pembelian, brand image berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian, online customer review tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian, online customer rating tidak berpengaruh teradap keputusan pembelian, dan e-trust berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian.

Keywords

Brand Image Online Customer Review Online Customer Rating E-trust Keputusan Pembelian

Article Details

References

  1. Chrisanta, A. E., & Rokhman, N. (2022). Pengaruh kemudahan, keamanan, kepercayaan dan e-service quality terhadap keputusan pembelian secara online pada e-commerce shopee. Cakrawangsa Bisnis, 3(1), 23–34.
  2. Darmadi, R. A., Norzianawati, A., Anisa, F., & Uliyah, I. (2023). The Effect of Brand Image , Price and Social Media Marketing on Chatime Product Purchasing Decisions Pengaruh Citra Merek , Harga dan Pemasaran Media. 3(1), 43–53.
  3. Ferdinand, A. T. (2006). Metode Penelitian Manajemen. Badan Penerbit UNDIP.
  4. Gabriella, C., & Hutauruk, B. M. (2023). Pengaruh Celebrity Endorser, Brand Image Dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Produk Erigo Di E-Commerce Shopee (Studi Kasus Masyarakat Kabupaten Bekasi). Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(18), 143–154.
  5. Ghozali, I. (2021). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 20 Edisi 10.
  6. Martini, L. K. B., Sembiring, E., & Paulus, F. (2022). Customer Online Customer Rating Dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Di Toko Modeliafashion Pada Marketplace Tokopedia Jakarta. Journal of Applied Management and Accounting Science, 4(1), 15–24. https://doi.org/10.51713/jamas.v4i1.67
  7. Mokodompit, H. Y., Lapian, S. L. H. V. J., & Ferdy Roring. (2022). Pengaruh Online Customer Rating, Sistem Pembayaran Delivery dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Di Tik Tok Shop ( Studi PAda Mahasiswa Dan Alumni Equil Choir FEB Unsrat). Jurnal EMBA, 10(3), 975–984.
  8. Mustajab, R. (2023). Pengguna E-Commerce RI Diproyeksi Capai 196,47 Juta pada 2023. DataIndonesia.Id.
  9. Rahmawati, A. W., Udayana, I. B. N., & Maharani, B. D. (2022). Pengaruh Celebrity Endorser, Brand Image, Online Customer Review Dan E-Trust Terhadap Keputusan Pembelian pada Marketplace Shopee. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 4(4), 1030–1043. https://doi.org/10.47476/reslaj.v4i4.
  10. Salsabila, D. F., & Hidayati, L. L. A. (2021). Pengaruh Celebrity Endorser dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Shopee (Studi Empiris pada karyawan bank Jateng di wilayah Kedu). Journal Unimma, 687–699.