Faktor-Faktor Yang Mendorong Penggunaan Transaksi Elektronik Selama Masa Pandemi COVID-19

  • Pramatatya Resindra Widya Institut Shanti Bhuana
  • William Wendy Ary Institut Shanti Bhuana
Keywords: E-marketing, Electronic Transaction, Customer Intention, Covid 19 pandemic, Confirmatory

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh tingkat keparahan yang dirasakan, kerentanan yang dirasakan, persepsi manfaat, persepsi kemudahan penggunaan pada niat menggunakan aplikasi e-payment selama masa pandemi COVID-19. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan konfirmatoris dan dilaksanakan dengan metode survey. Sampel dalam penelitian dipilih dengan metode purposive sampling berjumlah 150 responden. Hasil dari penelitian ini adalah faktor tingkat keparahan yang dirasakan, tingkat kerentanan, dan persepsi kegunaan secara positif dan signifikan berpengaruh pada niat penggunaan transaksi elektronik selama masa pandemi COVID 19. sedangkan persepsi kemudahan tidak memiliki pengaruh pada niat menggunakan transaksi elektronik selama masa pandemi. Hal ini disebabkan karena masyarakat lebih cenderung mau belajar bertransaksi elektronik yang didorong oleh kesadaran akan bahaya COVID 19. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi penelitian-penelitian keperilakuan berikutnya khususnya yang terkait dengan health believe model dan model penerimaan teknologi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-09-23