Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Total Quality Service (TQS) terhadap kepuasan pasien di rumah sakit swasta di Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Jenis data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pasien rawat inap yang menjalani perawatan di RS.Tiara Sella dan RS. Raflesia Kota Bengkulu. Sedangkan pengambilan sampel 200 pasien menggunakan accidental sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah deskriptif, uji validitas, uji reliabilitas, analisis regresi berganda. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa infrastruktur, kualitas personel, proses perawatan klinis, prosedur administrasi, indikator keselamatan, pengalaman medis yang diterima secara keseluruhan dan tanggung jawab sosial berpengaruh positif terhadap kepuasan pasien. Secara simultan ditemukan bahwa TQS memiliki andil yang besar dalam mempengaruhi kepuasan pasien pada rumah sakit swasta di Kota Bengkulu.