Main Article Content
Abstract
Supplier merupakan mitra bisnis yang memegang peranan sangat penting dalam menjamin ketersediaan barang pasokan yang dibutuhan oleh perusahaan. Performansi supplier akan mempengaruhi performansi perusahaan, oleh karena itu perusahaan perlu menilai supplier secara cermat dan berkelanjutan. Penilaian supplier seharusnya didasarkan pada kriteria yang menambah nilai saat ini (current value) dan nilai pada masa yang akan datang (future value). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bobot kualitas terbaik yang akan dipilih oleh PT. Polowijo Gosari berdasarkan lima kriteria yaitu harga, kualitas, layanan ,ketepatan pengiriman, dan ketepatan jumlah. Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) diperoleh kriteria yang mendapat bobot tertinggi adalah kualitas dengan bobot 0,44, urutan kedua adalah harga dengan bobot 0,34, urutan ketiga adalah layanan dengan bobot 0,13, urutan keempat adalah ketepatan pengiriman dengan bobot 0,05, dan yang terakhir adalah pengiriman dengan bobot 0,03. Sedangkan urutan supplier yang mendapat bobot tertinggi adalah PT. X dengan bobot 0,38, yang kedua adalah PT.Y dengan bobot 0,36 dan yang terakhir PT.Y dengan bobot 0,09.