Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengungkapan corporate social responsibility, good corporate governance, profitabilitas, dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur sektor minuman dan makanan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2015-2019. Data dalam penelitian ini adalah data sekunder dan metode analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linear berganda. Sampel dalam penelitian ini diperoleh melalui purposive sampling yang menghasilkan sebanyak 55 sampel terdiri dari 11 perusahaan manufaktur sektor minuman dan makanan yang telah sesuai dengan kriteria dan terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2015-2019. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengungkapan corporate social responsibility dan good corporate governance yang diproksikan melalui ukuran komite audit berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan. Sedangkan good corporate governance yang diproksikan melalui ukuran dewan komisaris, dan profitabilitas yang diproksikan melalui ROA, serta ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan.