Analisis Perbandingan Brand Equity Online Shopping pada Marketplace Shopee & Tokopedia di Kota Jember

  • Sofie Laila Rochmah Universitas Muhammadiyah Jember
  • Trias Setyowati Universitas Muhammadiyah Jember
  • Nursaida Nursaida Universitas Muhammadiyah Jember
Keywords: Kesadaran Merek, Asosiasi Merek, Persepsi Kualitas Merek, Loyalitas Merek

Abstract

Salah satu poin perubahan teknologi yang paling menonjol adalah kecenderungan aktivitas di dunia maya seperti halnya berbelanja secara online atau bisa dikatakan dengan online shopping. Perilaku berbelanja secara online menjadikan sebuah kebiasaan terhadap setiap orang, terutama sejak kondisi pandemi yang mana mereka mengurangi aktivitas di luar rumah. Salah satu aplikasi belanja online yang memiliki fitur menarik, banyak diminati dan mudah diingat oleh pelanggan online shopping yaitu Shopee dan Tokopedia. Shopee dan Tokopedia merupakan salah satu e-commerce terbaik dan paling banyak diminati di Indonesia pada tahun 2021. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan antara brand equity marketplace Shopee dan Tokopedia di Kota Jember. Desain  yang digunakan untuk mengukur ekuitas merek menggunakan empat aspek yaitu, kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas merek serta loyalitas merek. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi pada penelitian ini merupakan penduduk yang tinggal di Kota Jember dan pengguna atau yang pernah menggunakan marketplace shopee dan tokopedia. Adapun pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling sebanyak 90 responden. Analisis data yang digunakan adalah Uji Mann Whitney. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa brand equity marketplace Shopee dan Tokopedia mempunyai perbedaan yang signifikan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-08-04