Pengaruh ROA, ROE, NPM, dan EPS Terhadap Return Saham Pada Perusahaan Consumer Good Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2019

  • Ismarinanda Ismarinanda Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Andy Dwi Bayu Bawono Universitas Muhammadiyah Surakarta
Keywords: Return on Assets, Return On Equity, Net Profit Margin, Earning Per Share, Return Saham

Abstract

Perusahaan consumer goods di Indonesia memiliki ragam jenis bidang yang kebanyakan dapat membantu Indonesia meningkatkan kondisi perekonomian Indonesia Namun pada dasarnya perusahaan-perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tidak lepas dari permasalahan saham. Tujuan adanya penelitiaan ini untuk mengetahui pengaruh ROA, ROE, NPM dan EPS terhadap return Saham. Populasi dari penelitian ini adalah perusahaan consumer good yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2019. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling yang berjumlah 26 dari 55 perusahaan dengan kriteria yang ditentukan. Analisis data dilakukan dengan uji asumsi klasik, uji rergesi linier berganda, uji t, uji F dan koefisien determinasi (R2 ). Teknik tersebut digunakan untuk membuktikan hipotesis dan untuk mengetahui bahwa ROA berpengaruh positif serta ROE, NPM, dan EPS berpengaruh negatif terhadap return Saham. Penelitian ini bisa digunakan untuk membantu investor sebelum memutuskan untuk melakukan investasi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-08-04