Creative Self-Efficacy Dan Employee Performance: Efek Mediasi Innovative Work Behavior

  • Eli Setyorini Universitas Muhammadiyah Magelang
  • Muhdiyanto Muhdiyanto Universitas Muhammadiyah Magelang
  • Ravindra Ardiana Darmadi Universitas Muhammadiyah Magelang
Keywords: Creative Self-Efficacy, Empoyee Performance, Innovative Work Behavior, Social Exchange Theory

Abstract

Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui efek mediasi innovative work behavior pada pengaruh creative self-efficacy terhadap kinerja karyawan. Penelitian ini menggunakan sudut pandang social exchange theory. Ada 4 (empat) hipotesis dalam penelitian ini. Populasi dalam penelitian ini yaitu karyawan UMKM yang bergerak dalam bidang kuliner dan jasa di Kabupaten Magelang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Adapun kriterianya yaitu UMKM yang bergerak dalam bidang kuliner dan jasa, dan usaha yang memiliki karyawan lebih dari 5 (lima) orang. Jumlah sampel penelitian ini sebanyak 88 responden. Alat analisis dalam penelitian ini menggunakan SEM dengan software WarpPLS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil penelitian menunjukkan pengaruh positif creative self-efficacy terhadap kinerja karyawan, creative self-efficacy berpengaruh positif terhadap innovative work behavior, innovative work behavior terhadap kinerja karyawan menunjukkan hasil yang tidak signifikan, dan penelitian ini tidak mendukung efek mediasi innovative work behavior pada pengaruh creative self-efficacy terhadap kinerja karyawan

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-08-01