Pengaruh Kepatuhan Pelaporan Keuangan, Sistem Pengendalian Internal, Whistleblowing System, Dan Kompetensi Aparatur Desa Terhadap Pencegahan Fraud Pengelolaan Dana Desa (Studi Empiris Pada Desa Di Kecamatan Kemiri Kabupaten Purworejo)

  • Muhamad Bagus Fahreza Universitas Muhammadiyah Magelang
  • Wawan Sadtyo Nugroho Universitas Muhammadiyah Magelang
  • Anissa Hakim Purwantini Universitas Muhammadiyah Magelang
Keywords: Kepatuhan Pelaporan Keuangan, Sistem Pengendalian Internal, Whistleblowing System, Kompetensi Aparatur Desa, Pencegahan Fraud

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris mengenai pengaruh kepatuhan pelaporan keuangan, sistem pengendalian internal, whistleblowing system dan kompetensi aparatur desa terhadap pencegahan fraud pengelolaan dana desa di Kecamatan Kemiri Kabupaten Purworejo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, sumber data dalam penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner . Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Accidental sampling atau Convenience sampling , sehingga sampel penelitian diperoleh sebanyak 99 responden yang terdiri dari kepala desa, sekretaris desa , kaur keuangan , kaur dan kasi dan BPD diĀ  9 desa yang dekat dengan tempat terjadinya fraud dana desa yakni desa wonosoari, Kecamatan Kemiri Kabupaten Purworejo. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepatuhan pelaporan keuangan, sistem pengendalian internal, dan whistleblowing system berpengaruh positif terhadap pencegahan fraud dalam pengelolaan dana desa. Sedangkan kompetensi aparaturur desa tidak berpengaruh terhadap pencegahan fraud dalam pengelolaan dana desa.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-08-01