Strategi Pengembangan Value Stream Pada Digital Management System Untuk Peningkatan Daya Saing Di Perusahaan Jasa Konstruksi

  • Veni Soraya Dewi Universitas Muhammadiyah Magelang
  • Deddy Arief Himawan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
Keywords: Industri Jasa Konstruksi, SDM, Digital Management System

Abstract

Berkembangkan sistem komputerisasi menyebabkan hadirnya teknologi digital pada insdutri jasa konstruksi yang membawa perubahan pada berbagai aspek kehidupan manusia, dalam hal ini terjadi juga pada lahirnya sebuah strategi dalam pengembangan value stream yang terintegrasi pada sistem digital management dalam rangka meningkatkan daya saing. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis berbagai strategi value stream pada digital management system untuk membantu meningkatkan daya saing di perusahaan jasa konstruksi. Metode yang akan dipakai adalah metode deskriptif analitis, yaitu dengan merumuskan pola pemecahan masalah yang telah berulang-ulang terjadi, berdasarkan data-data yang dikumpulkan untuk disusun, dijelaskan dan dianalisis. Sehingga peneliti mendapatkan solusi sehingga perusahaan jasa konstruksi dapat berjalan secara tepat waktu, tepat biaya dan berkualitas. Adapun hasil penelitian yang didapatkan yakni masih terdapat kendala-kendala pada penggunaan digital management system. Kendala yang utama yakni kesiapan SDM terhadap transformasi digital, masih banyak yang kurang bahkan tidak memiliki kompetensi terhadap perubahan digital. Kemudian masih terdapat juga beberapa SDM yang memiliki mindset lama yang menghambat pada perubahan-perubahan yang ada. Selain itu, sistem manajemen digital pada perusahaan X sangat baku sehingga menyebabkan timbul masalah dalam menjalankan operasional proyek.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-08-01