Main Article Content
Abstract
PT Pos Indonesia adalah salah satu perusahaan Badan usaha milik Negara (BUMN) yang bergelut dibidang kurir dan logistik. Dalam menjalankan fungsi pengorganisasian dan memasuki daya saing kurir dan logistic yang semakin banyak dan berkembang, PT. Pos Indonesia membentuk pasukan “O-ranger” sebagai inovasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganlisa dampak perubahan bagi PT Pos Indonesia yang beberapa tahun ini mengalami penurunan yang diakibatkan karena munculnya beberapa perusahaan kurir dan logistic swasta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan berupa data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara yang kemudian dianalisis dan ditarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa pembentukan pasukan O-ranger sebagai inovasi yang dikeluarkan PT. Pos Indonesia masih belum dapat mendobrak dan memberikan perubahan yang signifikan pada PT. Pos Indonesia. Namun, secara daya saing, PT. Pos Indonesia sudah mulai dapat bersaing dengan jasa kurir dan logistic lainnya dengan adanya inovasi pembentukan pasukan O-ranger tersebut. Peran O-ranger memberikan peningkatan yang signifikan dalam mendapatkan pelanggan atau konsumen. Peran aktif dari O-ranger sanngat membantu konsumen yang ingin menggunakan jasa ekspedisi tanpa harus datang langsung ke kantor cabang. Dengan adanya O-ranger maka PT Pos dapat bersaing dengan jasa logistic swasta lainnya dalam jasa service pick up.