Perilaku Konsumen dan Pasar Religius di Indonesia (Bisnis Syariah di Hotel Sofyan dan Perubahan Perilaku Konsumen)

  • Lintang Muliawanti Universitas Muhammadiyah Magelang, Magelang, Indonesia
Keywords: Perilaku Konsumen, Pasar Muslim, Bisnis Syariah

Abstract

Sebagai negara dengan mayoritas muslim, umat muslim di Indonesia merupakan target pasar yang sangat potensial. Hal tersebut tentunya mendorong para pemasar untuk melahirkan konsumen muslim sebagai religious marketplace. Tidak hanya industri makanan, fashion, dan make up saja, namun juga merambah ke industri pariwisata dan hotel. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Bisnis Syariah di Hotel Sofyan dan Perubahan Perilaku Konsumen pasar religious di Indonesia. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat berbagai faktor yang merubah perilaku konsumen pada bisnis hotel syariah seperti budaya, sub budaya, kelas sosial, serta psikologis yang berorientasi pada kereligiusitas konsumen yang berlandaskan nilai-nilai islam. Namun disisi lain, dengan menggunakan simbol-simbol dan nilai-nilai islam para produsen menciptakan kebutuhan-kebutuhan baru yang menjadikan para konsumen muslim di Indonesia sasaran empuk pasar kapitalisme. Dimana tidak hanya pengusaha saja yang diuntungkan, namun juga yang berkuasa memberikan lisensi halal dan sertifikasi syari’ah di Indonesia yang rumit.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-08-24