Analisis Faktor-Faktor Pembentuk Intensi Berpartisipasi (Studi Pada Pengguna Whatsapp Di Indonesia)

  • Salman Faris Insani Program Studi Manajemen, Universitas Veteran Bangun Nusantara, Indonesia
  • Adi Prima Putra Program Studi Manajemen, Universitas Veteran Bangun Nusantara, Indonesia
  • Ariyani Wahyu Wijayanti Program Studi Manajemen, Universitas Veteran Bangun Nusantara, Indonesia
Keywords: Media sosial, Intensi, Partisipasi, whatsapp

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis hubungan antara dimensi lingkungan media sosial yang terdiri dari persepsi efektivitas penggunaan dan kedekatan dengan teman yang dirasakan, dimensi interaktivitas yang dirasakan yang terdiri dari kontrol tindakan, keterhubungan dan responsif, serta intensi berpartisipasi. Responden dalam penelitian ini adalah 191 pengguna aplikasi whatsapp di indonesia. Pengambilan sampel penelitian dengan metode purposive sampling. Pengujian hipotesis menggunakan Structural Equation Modelling (SEM). Hasil studi mengindikasi bahwa persepsi efektivitas penggunaan berpengaruh positif terhadap dimensi kontrol tindakan, keterhubungan, dan responsif. Kedekatan dengan teman yang dirasakan berpengaruh negatif pada dimensi kontrol tindakan, keterhubungan, dan tidak berpengaruh terhadap responsif, dimensi kontrol tindakan dan keterhubungan tidak berpengaruh pada niat berpartisipasi di masa depan, sedangkan dimensi responsif berpengaruh positif pada niat berpartisipasi di masa depan. Hasil studi ini juga membahas implikasinya, baik secara teoritis maupun praktis, serta implikasinya terhadap studi di masa depan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-08-22