https://journal.unimma.ac.id/index.php/conference/issue/feed UMMagelang Conference Series 2024-08-19T15:25:34+00:00 Veni Soraya Dewi [email protected] Open Journal Systems <p>Laman ini merupakan database penerbitan artikel prosiding yang menjadi luaran kegiatan konferensi, seminar, atau sejenisnya yang telah memiliki ISSN online dan diselenggarakan oleh Universitas Muhammadiyah Magelang</p> https://journal.unimma.ac.id/index.php/conference/article/view/12065 Book of Abstract - The 7th Prosiding Business and Economics Conference In Utilizing of Modern Technology 2024 2024-08-19T15:24:51+00:00 Ravindra Ardiana Darmadi [email protected] Veni Soraya Dewi [email protected] <p>The 7th Beneficium merupakan sebuah forum diseminasi hasil kajian yang mengarah pada pokok permasalahan dengan mengusung tema “AI to Create Business Sustainability: Innovation, Creativity, and Social Responsibility in Digital Era”.&nbsp;</p> 2024-08-08T23:24:50+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.unimma.ac.id/index.php/conference/article/view/11797 Dampak Good Corporate Governance dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan dengan Ukuran Perusahaan sebagai Variabel Kontrol 2024-08-19T15:24:50+00:00 Made Wedaswari [email protected] Siti Nur Annisaa [email protected] Sari Widati [email protected] <p>Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis dampak <em>good corporate governance </em>dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan dengan ukuran perusahaan sebagai variabel kontrol pada perusahaan keluarga yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Dalam penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian berjumlah 20 perusahaan yang ditentukan dengan menggunakan metode purposive sampling. Jenis data yang digunakan pada penelitian ini adalah data sekunder yang berupa laporan keuangan yang telah diaudit oleh perusahaan keluarga pada periode 2017-2021. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan mengunduh laporan pada situs resmi BEI dan situs resmi perusahaan terkait. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda yang diolah melalui SPSS Statistics 26. Hasil penelitian menyatakan bahwa (1) kebijakan dividen berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan, (2) profitabilitas berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan, dan (3) ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan.</p> 2024-07-15T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.unimma.ac.id/index.php/conference/article/view/11862 Pengaruh Pengungkapan Intellectual Capital, Good Corporate Governance , dan Green Accounting terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabiltas sebagai Variabel Moderasi 2024-08-19T15:24:52+00:00 Ajeng Dyah Anggraini [email protected] Wawan Sadtyo Nugroho [email protected] Barkah Susanto [email protected] <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui secara empiris pengaruh pengungkapan <em>Intellectual Capital, Good Corporate Governance</em>, dan <em>Green Accounting</em> terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel moderasi. Penelitian ini menggunakan sampel dari perusahaan sektor manufaktur barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Metode pengambilan sampel dengan <em>purposive</em> sampling dengan periode penelitian 5 tahun (2018 - 2022) dan diperoleh sampel sebanyak 70 sampel. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode <em>purposive sampling</em>. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan menggunakan data sekunder. Teknik analisis data dan pengujian hipotesis menggunakan <em>software</em> SPSS versi 25. Pengujian hipotesis dengan melakukan <em>Modereted Regression Analysis</em> (MRA). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa <em>intellectual capital disclosure</em> dan <em>green accounting</em> berpengaruh negatif terhadap nilai perusahaan. Sedangkan <em>Good Corporate Governance</em> berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan.</p> 2024-07-24T01:10:06+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.unimma.ac.id/index.php/conference/article/view/11864 Analisis Model Digital Fundraising Zakat Infak dan Sedekah di Lazismu Bangka Belitung 2024-08-19T15:24:53+00:00 Rifki Hanif Setiawan [email protected] Yudistira Bagus Pratama [email protected] Fahry Reza [email protected] <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis Model Digital <em>Fundraising</em> Lazismu Bangka Belitung dalam menghimpun dana Zakat Infak dan Shadaqah. Keberhasilan lembaga amil zakat bisa terukur dari penghimpunan dana zakat infak dan shadaqah, semakin banyak dana yang diterima maka semakin banyak memberikan manfaat terhadap masyarakat yang membutuhkan. penelitian ini juga mengevaluasi efektivitas strategi digital yang digunakan dalam penggalangan dana, serta untuk mengidentifikasi tantangan dan peluang yang dihadapi dalam implementasinya. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif, melibatkan wawancara mendalam dengan pengurus Lazismu dan analisis data sekunder dari laporan keuangan dan platform digital yang digunakan di Lazismu Bangka Belitung. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Digital <em>Fundraising</em> yang dijalankan oleh Lazismu Bangka Belitung masih belum maksimal di karenakan penggunaanya baru satu tahun dan tidak ada amil yang fokus untuk mengelolanya.</p> 2024-07-24T01:58:02+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.unimma.ac.id/index.php/conference/article/view/11865 Pengaruh E-Commerce, Sosial Media, Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi dan Pengetahuan Kewirausahaan terhadap Pengambilan Keputusan Berwirausaha 2024-08-19T15:24:54+00:00 Dwi Okthafiani [email protected] Muji Mranani [email protected] Yulinda Devi Pramita [email protected] <p>Pengambilan Keputusan Berwirausaha merupakan keberanian dalam mengambil risiko atau keputusan untuk membuka lapangan pekerjaan menggunakan sumber daya secara optimal. Kepitusan berwirausaha adalah hasil dari pemecahan suatu masalah yang melibatkan pertimbangan dari berbagai faktor. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh <em>e-commerce</em>, sosial media, penggunaan sistem informasi akuntansi dan pengetahuan kewirausahaan terhadap pengambilan keputusan berwirausaha. Data dalam penelitian ini adalah data primer, yaitu data yang diperoleh dengan menyebar kuesioner kepada responden. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa akuntansi UNIMMA angakatan 2020-2022. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah responden sebanyak 120. Metode analisis yang digunakan menggunakan analisis regresi linear berganda dengan program SPSS 25. Hasil dari penelitian ini berpengaruh bahwa <em>e-commerce</em>, sosial media dan pengetahuan kewirausahaan berpengaruh positif terhadap pengambilan keputusan berwirausaha. Sedangkan penggunaan sistem informasi akuntansi tidak berpengaruh terhadap pengambilan keputusan berwirausaha.</p> 2024-07-24T02:25:17+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.unimma.ac.id/index.php/conference/article/view/11867 Peran Sistem Keuangan Desa terhadap Akuntabilitas Pengelolaan Dana Desa 2024-08-19T15:24:54+00:00 Novanda Cahya Pramita [email protected] Nur Laila Yuliani [email protected] Muji Mranani [email protected] <p>Akuntabilitas pengelolaan dana desa adalah pertanggungjawaban pemerintah desa dalam mengelola dana desa. Penelitian ini mengkaji secara empiris tentang pengaruhxkompetensihaparaturvdesa, k<strong>o</strong>mitmen organisasi, pemanfaatan teknologi informasi, partisipasi masyarakat, sistem pengendalian internal, sistem keuangan desa, dan transparansi terhadap akuntabilitas pengelolaan dana desa. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sumber data pada penelitian ini menggunakan data primer yang didapat melalui penyebaran kuesioner. Sumber data pada penelitian ini menggunakan data primer. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik <em>purposive sampling </em>sehingga pada penelitian ini menghasilkan responden sejumlah 106, hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem keuangan desa berpengaruh positif terhadap akuntabilitas pengelolaan dana desa, sedangkan kompetensi aparatur desa, komitmen organisasi, pemanfaatan teknologi informasi, partisipasi masyarakat, sistem pengendalian internal dan transparansi tidak berpengaruh terhadap akuntabilitas pengelolaan dana desa.</p> 2024-07-24T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.unimma.ac.id/index.php/conference/article/view/11872 Analyzing Factors Influencing Customer Retention in Generation Z Digital Wallet Services in Indonesia 2024-08-19T15:24:55+00:00 Khaerunnisa Nur Fatimah Syahnur [email protected] Rahmat Syarif [email protected] Anhar Januar Malik [email protected] <p><span style="font-weight: 400;">Studi ini mengeksplorasi faktor-faktor yang memengaruhi retensi pelanggan dalam penggunaan layanan dompet digital pada Generasi Z di Indonesia. Menggunakan pendekatan metode </span><em><span style="font-weight: 400;">cross-sectional</span></em><span style="font-weight: 400;">, penelitian ini mengumpulkan data dari 300 responden melalui survei online. Menggunakan variabel independen citra merek, keterikatan merek dan kekhawatiran keamanan. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa citra merek dan keterikatan merek secara signifikan memengaruhi retensi peggunaan dompet digital. Analisis regresi menunjukkan bahwa citra merek memiliki pengaruh terbesar, diikuti oleh keterikatan merek dan kekhawatiran keamanan. Hasil penelitian ini menyoroti pentingnya membangun citra merek yang kuat dan emosional yang positif serta memastikan tingkat keamanan yang tinggi untuk meningkatkan retensi pelanggan. Penelitian ini memberikan wawasan berharga bagi penyedia layanan dompet digital yang berfokus pada Generasi Z di Indonesia, dengan menekankan strategi pemasaran yang efektif dan peningkatan fitur keamanan sebagai prioritas utama.</span></p> 2024-07-24T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.unimma.ac.id/index.php/conference/article/view/12042 Pengaruh E-Service Quality, Brand Image, Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Di E-Commerce Di Kabupaten Bengkayang 2024-08-19T15:24:56+00:00 Maria Imaculatha Madu [email protected] Blasius Manggu [email protected] <p><em>Pada saat ini perkembangan internet semakin pesat dan sangatlah berpengaruh terhadap kehidupan sehari-hari terlebih dalam dunia marketing di ecommerce. Dengan munculnya pandemi covid-19 ditahun 2020 silam, yang membuat masyarakatadanya pembatasan sosialdan lockdown, hal ini yang membuat kurangnya aktivitas dan komunikasi antar individu. Melalui media internet inilah yang memungkinkan masyarakat untuk berkomunikasi jarak jauh antar individu bahkan melakukanpekerjaanmelaluiinternetsepertiberjualanonlinemelaluiplatforme-commerce,halini telah membuat dunia usaha semakin berkembang lebih maju dan mengubah pola kegiatan dalam industri perdagangan. Hal ini yang membuat banyak para pelaku industri perdagangan di Indonesia yang menggunakan media internet untuk berjualan menggunakane-commerce seperti Shoope, Lazada danTokopedia. Dalam hal ini focus utama penelitian yaitu untuk menganalisis dan mengukur sejauh mana pengaruh e-service quality, brand image, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian ulang di e-commerce di Indonesia melalui (Shoope, Lazada dan Tokopedia). Penilitian ini juga akan melibatkan 110 responden yang merupakan konsumen yang sudah pernah melakukan pembelian ulang di e-commerce seperti Shopee,Lazada dan Tokopedia. Di Kabupaten Bengkayang. Adapun variabel yang akan diteliti berdasarkan latar belakang yang sudah dibahas oleh peneliti, yaitu menggunakan metode kuantitatif melalui pengumpulan data menggunakan kuisioner. Hasil penelitian ini diharapkan dapat membantu memberikan masukan berharga kepada para produsen-produsen yang menggunakan media internet dalam memasarkan produk.</em></p> 2024-08-06T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.unimma.ac.id/index.php/conference/article/view/11873 Social Media Marketing & Fenomena Impulsive Buying Gen-Z Terhadap Produk Kosmetik 2024-08-19T15:24:57+00:00 Tri Wahyu Lestari [email protected] Adi Sucipto [email protected] Dewi Shanti Nugrahani [email protected] <p><span style="font-weight: 400;">Penggunaan sosial media sebagai sebagai salah satu alat pemasaran berkembang pesat di Indonesia. Sosial media mampu memberikan pengaruh terhadap perilaku </span><em><span style="font-weight: 400;">impulsive buying</span></em><span style="font-weight: 400;"> konsumen Generasi Z terhadap produk kosmetik menggunakan model SOR </span><em><span style="font-weight: 400;">(Stimulus, Organism, Respon)</span></em><span style="font-weight: 400;">, yang merupakan prinsip sederhana dimana efek merupakan reaksi terhadap stimulus tertentu. Dengan demikian, orang dapat menjelaskan suatu kaitan erat antara pesan-pesan media dan reaksi </span><em><span style="font-weight: 400;">audience</span></em><span style="font-weight: 400;">. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang dilakukan dengan metode&nbsp; studi literatur. Dimana literatur yang termuat dalam artikel ini didapatkan dari situs Google Scholar dalam 5 tahun terakhir antara tahun 2019 hingga 2024 yang relevan dengan tujuan penelitian. Pencarian literature menggunakan kata kunci “</span><em><span style="font-weight: 400;">social media marketing</span></em><span style="font-weight: 400;">”, </span><em><span style="font-weight: 400;">“impulsive buying</span></em><span style="font-weight: 400;">”, “generasi Z”, “kosmetik”. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa model SOR dapat digunakan pada konsumen Generasi Z, melalui selebritas sosial media dan iklan bertarget dalam hal ini UGC (</span><em><span style="font-weight: 400;">User Generated Content)</span></em><span style="font-weight: 400;"> berperan sebagai rangsangan (</span><em><span style="font-weight: 400;">Stimulus</span></em><span style="font-weight: 400;">) yang akan menyalurkan emosi positif terhadap target berupa kesenangan dan gairah (</span><em><span style="font-weight: 400;">Organism</span></em><span style="font-weight: 400;">) dan akhirnya mendorong dalam pembelian impulisf pada Generasi Z (</span><em><span style="font-weight: 400;">Respon</span></em><span style="font-weight: 400;">).</span></p> 2024-07-24T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.unimma.ac.id/index.php/conference/article/view/11874 Peran Variabel Moderasi Ukuran Perusahaan dalam Finansial Ditress, Debt Default, dan Pertumbuhan Perusahaan terhadap Opini Audit Going Concern 2024-08-19T15:24:58+00:00 Winda Rustiyaningrum [email protected] Siti Noor Khikmah [email protected] Wahyu Anggit Prasetya [email protected] <p><span style="font-weight: 400;">Pada tahun 2020-2022 perusahaan manufaktur mendapatkan status opini audit </span><em><span style="font-weight: 400;">going concern </span></em><span style="font-weight: 400;">mengalami fluktuasi. Tujuan penelitian ini bertujuan untuk menganalisis </span><em><span style="font-weight: 400;">financial distress, debt default</span></em><span style="font-weight: 400;">, pertumbuhan perusahaan terhadap opini audit </span><em><span style="font-weight: 400;">going concern</span></em><span style="font-weight: 400;"> dengan ukuran perusahaan sebagai variabel moderasi. Jenis penelitian adalah kuantitatif dan jenis data yang digunakan adalah data sekunder. Populasi penelitian ini perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI periode 2020-2022. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Sampel sebanyak 33 perusahaan. Analisis statistik menggunakan moderated regression analysis. Hasil penelitian menunjukkan </span><em><span style="font-weight: 400;">financial distress</span></em><span style="font-weight: 400;"> berpengaruh positif terhadap opini audit </span><em><span style="font-weight: 400;">going concern</span></em><span style="font-weight: 400;">. Adapun </span><em><span style="font-weight: 400;">debf default</span></em><span style="font-weight: 400;">, pertumbuhan perusahaan tidak berpengaruh terhadap opini </span><em><span style="font-weight: 400;">going concern</span></em><span style="font-weight: 400;">. Ukuran perusahan memoderai hubungan </span><em><span style="font-weight: 400;">debt default</span></em><span style="font-weight: 400;"> terhadap opini audit </span><em><span style="font-weight: 400;">going concern </span></em><span style="font-weight: 400;">tetapi tidak memoderasi pengaruh </span><em><span style="font-weight: 400;">financial distress</span></em><span style="font-weight: 400;"> dan pertumbuhan perusahaan terhadap opini audit</span><em><span style="font-weight: 400;"> going concern</span></em><span style="font-weight: 400;">.</span></p> 2024-07-24T07:21:31+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.unimma.ac.id/index.php/conference/article/view/11976 Pengaruh Literasi Keuangan, Sikap Keuangan, dan Gender terhadap Perilaku Pengelolaan Keuangan Mahasiswa 2024-08-19T15:24:59+00:00 Achmad Taufik Hidayat [email protected] Betari Maharani [email protected] Wahyu Anggit Prasetya [email protected] <p><em>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi keuangan, sikap keuangan, dan gender terhadap perilaku pengelolaan keuangan mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas se-Kedu. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan variabel dependen yang digunakan adalah perilaku pengelolaan keuangan sedangkan variabel independennya berupa literasi keuangan, sikap keuangan, gender, yang akan dianalisis dengan menggunakan metode regresi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 215 responden. Adapun responden dalam penelitian ini adalah mahasiswa aktif Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas yang ada di wilayah Kedu. Teknik pengumpulan data dengan memberikan kuesioner kepada responden. Dalam membuktikan dan menganalisis maka menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji regresi lininer berganda, uji koefisien determinasi, serta uji f dan uji t. di uji menggunakan SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi keuangan, sikap keuangan, dan gender berpengaruh positif terhadap perilaku pengelolaan keuangan mahasiswa.</em></p> 2024-07-31T16:05:02+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.unimma.ac.id/index.php/conference/article/view/11977 Pengaruh Literasi Keuangan, Perilaku Keuangan dan Gaya Hidup terhadap Minat Investasi 2024-08-19T15:25:00+00:00 Tanti Yuniasari [email protected] Muji Mranani [email protected] Wahyu Anggit Prasetya [email protected] <p>Minat investasi niatan seseorang melakukan kegiatan untuk berinvestasi. Salah satu cara efektif untuk melakukan minat investasi adalah mengetahui investasi yang berkaitan dengan keuntungan, kelemahan, sampai dengan kinerja investasi. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh literasi keuangan, perilaku keuangan dan gaya hidup terhadap minat investasi. Penelitian ini menggunakan sampel Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Magelang. Jumlah sampel penelitian ini adalah 219 responden, berdasarkan metode <em>purposive sampling</em>, yaitu Mahasiswa reguler angkatan 2020 sampai 2023 Fakultas Ekonomi dan Bisnis aktif UNIMMA. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi keuangan berpengaruh positif terhadap minat investasi. Sedangkan perilaku keuangan dan gaya hidup tidak berpengaruh minat investasi.</p> 2024-07-31T16:31:23+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.unimma.ac.id/index.php/conference/article/view/11978 Pengaruh Employee Engagement, Transformational Leadership, dan Perceived Organizational Support terhadap Kinerja Karyawan 2024-08-19T15:25:00+00:00 Syahadenita Eka Septiana [email protected] Muhdiyanto Muhdiyanto [email protected] <p><span style="font-weight: 400;">Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh variabel </span><em><span style="font-weight: 400;">Employee Engagement, Transformational Leadership, </span></em><span style="font-weight: 400;">dan </span><em><span style="font-weight: 400;">Perceived Organizational Support </span></em><span style="font-weight: 400;">terhadap Kinerja Karyawan. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan PERUMDA Air Minum “Tirta Gemilang”Kabupaten Magelang dengan sampel sebanyak 115 responden. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan metode </span><em><span style="font-weight: 400;">Purposive Sampling </span></em><span style="font-weight: 400;">dengan rumus slovin</span><em><span style="font-weight: 400;">.</span></em><span style="font-weight: 400;"> Uji kualitas data menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Alat analisis yang digunakan yaitu regresi linear berganda dengan bantuan program SPSS 20.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa </span><em><span style="font-weight: 400;">Employee Engagement </span></em><span style="font-weight: 400;">berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, </span><em><span style="font-weight: 400;">Transformational Leadership </span></em><span style="font-weight: 400;">berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, dan </span><em><span style="font-weight: 400;">Perceived Organizational Support </span></em><span style="font-weight: 400;">berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan.</span></p> 2024-07-31T16:40:13+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.unimma.ac.id/index.php/conference/article/view/11980 Pengaruh Visual Merchandising Terhadap Keputusan Pembelian Jiniso di Shopee Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Mediasi 2024-08-19T15:25:01+00:00 Febiola Rimba Melati [email protected] Mulato Santosa [email protected] Muhdiyanto Muhdiyanto [email protected] <p><span style="font-weight: 400;">Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis adanya pengaruh </span><em><span style="font-weight: 400;">visual merchandising</span></em><span style="font-weight: 400;"> terhadap keputusan pembelian Jiniso di Shopee dengan minat beli sebagai variabel mediasi (studi empiris pengguna Shopee di Magelang). Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 105 responden dengan menggunakan metode </span><em><span style="font-weight: 400;">purposive sampling</span></em><span style="font-weight: 400;">. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan cara menyebarkan kuis melalui </span><em><span style="font-weight: 400;">google form. </span></em><span style="font-weight: 400;">Metode analisis yang digunakan adalah </span><em><span style="font-weight: 400;">software</span></em><span style="font-weight: 400;"> WarpPLS 7.0. Analisis menunjukkan bahwa </span><em><span style="font-weight: 400;">visual merchandising</span></em><span style="font-weight: 400;"> memiliki pengaruh langsung dengan keputusan pembelian (β=0,46; p&lt;0,01). </span><em><span style="font-weight: 400;">Visual merchandising</span></em><span style="font-weight: 400;"> berpengaruh langsung dengan minat beli (β=0,56; p&lt;0,01). Minat beli berpengaruh langsung terhadap keputusan pembelian (β=0,68; p&lt;0,01). Sedangkan </span><em><span style="font-weight: 400;">visual merchandising</span></em><span style="font-weight: 400;"> dengan keputusan pembelian yang dimediasi oleh minat beli memiliki hubungan yang signifikan (β=0,16; p=0,04). Model relasional di antara variabel memiliki GoF yang baik (APC=0,439; p&lt;0,01; ARS=0,396; p&lt;0,01; AVIF=1,319&lt;5). Hasil menunjukkan bahwa </span><em><span style="font-weight: 400;">Visual Merchandising</span></em><span style="font-weight: 400;"> berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian, </span><em><span style="font-weight: 400;">Visual Merchandising</span></em><span style="font-weight: 400;"> berpengaruh terhadap Minat Beli, dan Minat Beli berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian. Hasil pengujian mediasi yang diperoleh menunjukkan bahwa Minat Beli memediasi hubungan antara </span><em><span style="font-weight: 400;">Visual Merchandising</span></em><span style="font-weight: 400;"> terhadap Keputusan Pembelian.</span></p> 2024-07-31T17:43:20+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.unimma.ac.id/index.php/conference/article/view/11985 Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas dan Kebijakan Dividen terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Periode 2018-2022 2024-08-19T15:25:02+00:00 Endang Maisa Wurdani [email protected] <p>xxxx</p> 2024-08-01T11:25:28+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.unimma.ac.id/index.php/conference/article/view/11994 Pengaruh Literasi Keuangan, Inklusi Keuangan, dan Pengelolaan Keuangan terhadap Kinerja UMKM Kota Yogyakarta 2024-08-19T15:25:03+00:00 Efa Tetikriyani [email protected] <p><span style="font-weight: 400;">Yogyakarta merupakan salah satu kota yang mempunyai jumlah UMKM terbanyak di Indonesia yang tersebar di 5 kabupaten/kota. Selain itu banyaknya Pendidikan, Vokasi, Kreatifitas yang tinggi menjadi faktor unggul UMKM jogja dan&nbsp; dinobakan sebagai gudang kreatifitas UMKM. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pendekatan kuantitatif. Pendekatan kuantitatif adalah salah satu pendekatan dengan menggunakan metode yang berlandaskan data yang kogkrit, digunakan dalam meneliti populasi dan sampel tertentu, metode yang digunakan </span><em><span style="font-weight: 400;">nonprobability sampling</span></em><span style="font-weight: 400;"> dan </span><em><span style="font-weight: 400;">purposive sampling</span></em><span style="font-weight: 400;">. Proses pengumpulan data dilakukan dengan cara membagikan kuesioner kepada 80 responden. Hasil penelitian ini menunjukan literasi keuangan, Inklusi keuangan, dan pengelolaan keuangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja UMKM kota Yogyakarta. Hasil penelitian ini bisa menjadi referensi bagi pemerintah Kota Yogyakarta dalam membuat perencanaan Strategi untuk meningkatkan kinerja pelaku UMKM.</span></p> 2024-08-03T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.unimma.ac.id/index.php/conference/article/view/11998 Inventory Accounting Method Selection: The Relationship Between Cost of Goods Sold Variability and Inventory Variability 2024-08-19T15:25:03+00:00 Waode Adriani Hasan [email protected] Aulia Amrin [email protected] Intan Intan [email protected] <p><span style="font-weight: 400;">Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabilitas harga pokok penjualan, dan variabilitas persediaan terhadap pemilihan metode akuntansi persediaan. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur dan perusahan manufaktur makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2019 sampai 2023. Sampel penelitian sebanyak 19 perusahaan manufaktur makanan dan minuman yang diperoleh dengan teknik </span><em><span style="font-weight: 400;">purposive sampling</span></em><span style="font-weight: 400;">. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial variabel variabilitas harga pokok penjualan dan variabilitas persediaan tidak mempunyai pengaruh terhadap pemilihan metode akuntansi persediaan. </span></p> 2024-08-04T14:37:24+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.unimma.ac.id/index.php/conference/article/view/11999 Determinan Green Intelectual Capital Index dalam Pengungkapan Emisi Karbon Dan Transparansi terhadap Kinerja Keuangan 2024-08-19T15:25:04+00:00 Ivandra Argya Putra [email protected] Rendy Mirwan Aspirandi [email protected] Riyanto Setiawan Suharsono [email protected] <p><span style="font-weight: 400;">Penelitian ini menyelidiki peran Green Intellectual Capital Index dalam mempengaruhi pengungkapan dan transparansi emisi karbon, serta dampak selanjutnya terhadap kinerja keuangan 82 perusahaan energi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2021-2023. Studi ini menemukan bahwa meskipun Indeks Modal Intelektual Hijau tidak berpengaruh langsung terhadap kinerja keuangan, pengungkapan emisi karbon berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja keuangan, sedangkan transparansi berpengaruh tidak signifikan terhadap kinerja keuangan meskipun dengan Indeks Modal Intelektual Hijau. Hal ini menunjukkan bahwa perusahaan energi harus memprioritaskan peningkatan pengungkapan emisi karbon sambil mempertimbangkan kembali praktik transparansi untuk mengoptimalkan kinerja keuangan. Studi ini menggarisbawahi kebutuhan mendesak untuk meningkatkan tanggung jawab lingkungan dalam sektor energi. Penelitian lebih lanjut dapat menyelidiki aspek spesifik modal intelektual ramah lingkungan atau mengeksplorasi variabel lain yang berdampak pada kinerja keuangan di sektor energi. </span></p> 2024-08-04T14:45:45+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.unimma.ac.id/index.php/conference/article/view/12000 Analisis Gaya Kepemimpinan Kepala Desa dalam Pembangunan Desa Lesabela, Kecamatan Ledo, Kabupaten Bengkayang 2024-08-19T15:25:05+00:00 Patrycia Selvi Indra Dewi [email protected] Eligia Monixa [email protected] <p><span style="font-weight: 400;">Tujuan &nbsp; dari &nbsp; penelitian &nbsp; ini &nbsp; adalah &nbsp; untuk &nbsp; mengethui &nbsp; peran &nbsp; gaya kepemimpinn kepala desa Lesabela terhadap perkembangan desa. Penelitian &nbsp; ini &nbsp; menggunakan &nbsp; metode &nbsp; Kualitatif &nbsp; dengan &nbsp; pendekatan deskriptif dimana metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara dan obsevasi lapanga. Hasil penelitian menunjukan bahwa peran gaya kepemimpinan kepala desa sanggat berpengaruh terhadap pembangunan desa,dengan adanya peran kepala desa ini bayak pembangunan yang telah terlaksa dengan baik yang pada pada awalnya itu pembangunan di Desa Lesabela, Kecamatan Ledo, Kabupaten Bengkayang ini masih belum terlaksana. Untuk tercapainya pembagunan yang ada di Desa Lesabela ini kepala desa mengunakan beberapa tipe gaya kepemimpinan yang pertama gaya kepemimpinan konservatif, yang kedua gaya kepemimpinan progresif, yang ketiga gaya kepemimpinan trandformasional.</span></p> 2024-08-04T14:51:39+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.unimma.ac.id/index.php/conference/article/view/12001 Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Sistem Informasi Akuntansi 2024-08-19T15:25:05+00:00 Dwi Indah Tanafi [email protected] Wawan Sadtyo Nugroho [email protected] <p><span style="font-weight: 400;">Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi pengaruh Partisipasi Pengguna Sistem, Kemampuan Pengguna Sistem Informasi, Ukuran Perusahaan, Pelatihan dan Pendidikan, serta Dukungan Manajemen Puncak terhadap Kinerja Sistem Informasi Akuntansi. Penelitian ini berlandaskan pada </span><em><span style="font-weight: 400;">Theory of Reasoned Action</span></em><span style="font-weight: 400;"> (TRA). Data yang digunakan merupakan data primer yang diperoleh dari kuesioner yang disebarkan kepada 116 UMKM Unggulan di Magelang, dengan 59 kuesioner yang kembali dan memenuhi kriteria untuk dianalisis. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah </span><em><span style="font-weight: 400;">purposive sampling</span></em><span style="font-weight: 400;">. Analisis data melibatkan uji statistik deskriptif, uji kualitas (terdiri dari uji validitas dan reliabilitas), serta uji hipotesis menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil pengujian menunjukkan bahwa variabel Partisipasi Pengguna Sistem, Pelatihan dan Pendidikan, serta Dukungan Manajemen Puncak memiliki pengaruh positif terhadap Kinerja Sistem Informasi Akuntansi. Sementara itu, variabel Kemampuan Pengguna Sistem Informasi dan Ukuran Perusahaan tidak menunjukkan pengaruh terhadap Kinerja Sistem Informasi Akuntansi. </span></p> 2024-08-04T15:22:25+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.unimma.ac.id/index.php/conference/article/view/12002 Pengaruh Literasi Keuangan, Gaya Hidup, Lingkungan Sosial, Locus of Control, dan Financial Technology terhadap Perilaku Keuangan 2024-08-19T15:25:06+00:00 Nahdhiyatul Aisyah [email protected] Betari Maharani [email protected] Naufal Afif [email protected] Veni Soraya Dewi [email protected] <p><span style="font-weight: 400;">Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi keungan, gaya hidup, lingkungan sosial, </span><em><span style="font-weight: 400;">locus of control</span></em><span style="font-weight: 400;">, dan </span><em><span style="font-weight: 400;">financial technology </span></em><span style="font-weight: 400;">terhadap perilaku keuangan mahasiswa program studi manajemen dan akuntansi di universitas se-Keresidenan Kedu merupakan satuan administrasi yang berlaku di Jawa Tengah. Penelitian ini dilakukan di Universitas Negeri Tidar, Universitas Muhammadiyah Magelang, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Universitas Sains Al-Qur’an Wonosobo, dan Universitas Purta Bangsa Kebumen pada jurusan Manajemen dan Akuntansi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan variabel dependen yang digunakan adalah perilaku keuangan, dan variabel independen yang digunakan adalah literasi keuangan (X1), gaya hidup (X2), lingkungan sosial (X3), </span><em><span style="font-weight: 400;">locus of control</span></em><span style="font-weight: 400;"> (X4), dan </span><em><span style="font-weight: 400;">financial technology</span></em><span style="font-weight: 400;"> (X5), yang akan dianalisis menggunakan metode regresi. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 206 responden. Adapun responden penelitian ini adalah mahasiswa aktif di Universitas se-Kedu. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan memberikan kuesioner kepada responden secara </span><em><span style="font-weight: 400;">online</span></em><span style="font-weight: 400;">. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi keuangan, lingkungan sosial, dan </span><em><span style="font-weight: 400;">locus of control</span></em><span style="font-weight: 400;"> tidak berpengaruh terhadap perilaku keuangan. Sedangkan gaya hidup dan </span><em><span style="font-weight: 400;">financial technology</span></em><span style="font-weight: 400;"> berpengaruh positif terhadap perilaku keuangan mahasiswa.</span></p> 2024-08-04T15:44:09+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.unimma.ac.id/index.php/conference/article/view/12003 Pengaruh Getok Tular, Kesadaran Merek , Dan Citra Merek Terhadap Niat Beli 2024-08-19T15:25:07+00:00 Riva Mayangsari [email protected] Diesyana Ajeng Pramesti [email protected] Ravindra Ardiana Darmadi [email protected] <p><em><span style="font-weight: 400;">Penelitian ini dilatar belakangi perkembangan industri kecantikan memiliki pertumbuhan yang sangat pesat dengan persaingan yang sangat tinggi sehingga bagi</span></em> <em><span style="font-weight: 400;">orang perawatan kulit menjadi kebutuhan yang sangat penting, gaya hidup seperti ini menjadi tuntutan untuk lebih mengutamakan penampilan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh getok tular, kesadaran merek, dan citra merek terhadap niat beli. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 100 responden, teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling. Dalam penentuan sampel penelitian ini terdapat kriteria yaitu minimal 1 kali pembelian produk natasha. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Getok Tular berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli, Kesadaran Merek berpengaruh negatif terhadap niat beli, dan Citra Merek berpengaruh positif dan signifikan terhdap niat beli. </span></em></p> 2024-08-04T16:00:14+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.unimma.ac.id/index.php/conference/article/view/12004 Pengaruh Work Life Balance, Motivasi, Lingkungan Kerja dan Keterikatan Kerja terhadap Kinerja Karyawan 2024-08-19T15:25:08+00:00 Ida Afiyani [email protected] Dahli Suhaeli [email protected] Muhdiyanto Muhdiyanto [email protected] <p><span style="font-weight: 400;">Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh </span><em><span style="font-weight: 400;">Work life balance</span></em><span style="font-weight: 400;">, Motivasi, Lingkungan kerja, dan Keterikatan kerja terhadap Kinerja Karyawan Taman Wisata Candi Borobudur. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan </span><em><span style="font-weight: 400;">non probability sampling</span></em><span style="font-weight: 400;"> dengan teknik </span><em><span style="font-weight: 400;">purposive sampling</span></em><span style="font-weight: 400;"> dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Kriteria sampel dalam penelitian ini adalah karyawan yang sudah menikah, telah bekerja selama lebih dari 1 tahun, dan pendidikan terakhir SMA/ SMK. Alat analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS versi 23.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa </span><em><span style="font-weight: 400;">work life balance</span></em><span style="font-weight: 400;">, motivasi, lingkungan kerja dan keterikatan kerja secara simultan berpengaruh terhadap kinerja karyawan dan </span><em><span style="font-weight: 400;">Work life balance</span></em><span style="font-weight: 400;">, motivasi, lingkungan kerja serta keterikatan kerja secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan.&nbsp;</span></p> 2024-08-04T16:06:53+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.unimma.ac.id/index.php/conference/article/view/12006 Evaluasi Rasio Keuangan Bank dan Implikasinya terhadap Pertumbuhan Laba Perusahaan Perbankan 2024-08-19T15:25:08+00:00 Silvanus Almardi [email protected] Aloysius Hari Kristianto [email protected] Jones Parlindungan Nadapdap [email protected] <p><span style="font-weight: 400;">Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi rasio-rasio keuangan terhadap implikasi terhadap pertumbuhan laba perbankan yang terdaftar di BEI periode 2018-2022. Pada penelitian ini rasio-rasio yang digunakan adalah rasio likuiditas, solvabilitas, profitabilitas, keuangan bank, dan rasio pasar untuk melihat pengaruh yang terjadi pada pertumbuhan laba perbankan. Data yang digunakan pada penelitian ini diantaranya adalah data sekunder yang diambil pada laporan tahunan perusahaan perbankan yang terdaftar di BEI periode 2018-2022. Teknik pengambilan data dengan menggunakan teknik purpose sampling, maka sampel yang digunakan sebanyak 29 perusahaan perbankan. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi berganda. Pada penelitian terhadap variabel </span><em><span style="font-weight: 400;">cash ratio, debt to asset ratio, return on equity ratio, non performing loan</span></em><span style="font-weight: 400;">, dan </span><em><span style="font-weight: 400;">price to earning ratio</span></em><span style="font-weight: 400;"> menghasilkan bahwa dari variabel diatas secara parsial hanya variabel </span><em><span style="font-weight: 400;">return on asset</span></em><span style="font-weight: 400;"> yang berpengaruh positif dan signifikan terhadap pertumbuhan laba perbankan yamh terdaftar di BEI periode 2018-2022. Sedangkan secara simultan variabel </span><em><span style="font-weight: 400;">cash ratio, debt to asset ratio, return on equity, non perforning loan, dan price to earning ratio</span></em><span style="font-weight: 400;"> berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan laba perusahaan perbankan yang terdaftar di BEI periode 2018-2022.</span></p> 2024-08-04T16:49:30+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.unimma.ac.id/index.php/conference/article/view/12007 The Effect of Financial Literacy and Income Level on Children's Education Fund Planning 2024-08-19T15:25:09+00:00 Sari Widati [email protected] Septiana Dwi Pangesti [email protected] <p><span style="font-weight: 400;">Penelitian ini menguji pengaruh literasi keuangan dan tingkat pendapatan&nbsp; terhadap perencanaan&nbsp; dana pendidikan anak. Penelitian ini menggunakan teknik Structural Equation Modelling (SEM), dengan program aplikasi Analysis Of Moment Structur (AMOS). Penelitian ini melibatkan orang tua wali siswa di tiga sekolah di Karanganyar sebagai responden.&nbsp; Jumlah responden yang terlibat sejumlah 150 wali siswa.&nbsp; Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa literasi keuangan berpengaruh terhadap perencanaan dana pendidikan anak, sementara tingkat pendapatan tidak berpengaruh terhadap perencanaan dana pendidikan anak.</span></p> 2024-08-04T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.unimma.ac.id/index.php/conference/article/view/12008 Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Peningkatan Kinerja Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kota Bengkayang 2024-08-19T15:25:10+00:00 Harianto Harianto [email protected] Blasius Manggu [email protected] <p><span style="font-weight: 400;">Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh strategi pemasaran, khususnya kualitas produk, promosi, dan tempat, terhadap peningkatan kinerja UMKM di Kota Bengkayang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling yaitu dipilih karena peneliti menggunakan pertimbangan sendiri dalam memilih anggota populasi yang dianggap dapat memberikan informasi, dan jumlah sampel yang digunakan yaitu 100 responden.&nbsp; Pendekatan penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan teknik survei melalui kuesioner yang disebarkan kepada para konsumen UMKM di Kota Bengkayang. Data yang terkumpul akan dianalisis menggunakan analisis regresi berganda. Uji kualitas data pada penelitian ini adalah uji validitas Person Correlation, uji reliabilitas menggunakan Cronbach Alpha dan uji goodness of fit (uji f). Untuk uji asumsi klasik menggunakan uji normalitas, uji multikoliniearitas dan uji heteroskedastisitas. Untuk uji hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu regresi linear berganda, uji t dan koefisian determinasi (uji R2). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kualitas produk (X1), promosi (X2), tempat (X3) berpengaruh terhadap peningkatan kinerja usaha (Y).</span></p> 2024-08-04T17:27:57+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.unimma.ac.id/index.php/conference/article/view/12009 Analisis Kesiapan Organisasi dalam Mengadopsi Sistem Informasi Manajemen Berbasis Cloud 2024-08-19T15:25:10+00:00 Yudistira Bagus Pratama [email protected] Fahry Reza [email protected] Rifki Hanif Setiawan [email protected] Mega Sukma [email protected] <p><span style="font-weight: 400;">Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesiapan organisasi dalam mengadopsi sistem informasi manajemen berbasis </span><em><span style="font-weight: 400;">cloud</span></em><span style="font-weight: 400;">. Adopsi teknologi </span><em><span style="font-weight: 400;">cloud</span></em><span style="font-weight: 400;"> menawarkan berbagai manfaat, termasuk efisiensi operasional, pengurangan biaya, dan skalabilitas. Namun, transisi ke </span><em><span style="font-weight: 400;">cloud</span></em><span style="font-weight: 400;"> juga menghadirkan tantangan yang signifikan, seperti masalah keamanan data, integrasi sistem, dan resistensi terhadap perubahan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei untuk mengumpulkan data dari berbagai organisasi sektor bisnis di Kota Pangkalpinang. Responden survei terdiri dari manajer, eksekutif, dan staf operasional yang terlibat langsung dalam pengelolaan manajemen. Tingkat kesiapan organisasi dalam mengadopsi sistem informasi berbasis </span><em><span style="font-weight: 400;">cloud</span></em><span style="font-weight: 400;"> termasuk dalam kategori </span><em><span style="font-weight: 400;">high technoloy readiness</span></em><span style="font-weight: 400;"> dengan skor sebesar 4.106 yang menunjukkan bahwa secara keseluruhan, pengguna berada pada tingkat kesiapan teknologi yang cukup baik. Penelitian ini memberikan wawasan berharga bagi organisasi yang mempertimbangkan adopsi sistem informasi manajemen berbasis </span><em><span style="font-weight: 400;">cloud</span></em><span style="font-weight: 400;">, serta rekomendasi untuk meningkatkan kesiapan melalui pelatihan, pengembangan kebijakan keamanan, dan komunikasi yang efektif mengenai keuntungan </span><em><span style="font-weight: 400;">cloud</span></em><span style="font-weight: 400;">. Peneliti selanjutnya dapat melakukan penelitian lanjutan dengan mengembangkan sistem informasi manajemen berdasarkan kesiapan dan kebutuhan organisasi yang telah dianalisis sebelumnya.</span></p> 2024-08-04T17:40:16+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.unimma.ac.id/index.php/conference/article/view/12010 Strategi Peningkatan Pendapatan Keluarga Melalui Pemanfaatan Lidah Buaya Menjadi Minuman Nata De Aloevera Pada UMKM Omah Sloevera Purworejo Jawa Tengah 2024-08-19T15:25:12+00:00 Wakhdan Wakhdan [email protected] Nursiyami Nursiyami [email protected] <p><em></em><span style="font-weight: 400;">Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis laba bersih, BEP (</span><em><span style="font-weight: 400;">Break Even Point</span></em><span style="font-weight: 400;">) dan SWOT pada UMKM Omah Aloevera serta strategi dalam peningkatan pendapatan keluarga. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis bisnis dasar dengan cara berhitung pendapatan, keuntungan, satuan BEP, pendapatan BEP, analisis SWOT. Dilihat dari nilai keuntungannya, UMKM Omah Aloevera mempunyai prospek yang sangat menjanjikan. Strategi utama yang&nbsp; dapat diterapkan untuk Meningkatkan pendapatan menggunakan AHP yaitu mempertahankan harga produk yang kompetitif dan meningkatkan volume produksi.</span></p> 2024-08-04T17:58:56+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.unimma.ac.id/index.php/conference/article/view/12011 Analisis Laporan Keuangan dalam Mengukur Kinerja Keuangan Pada PT Pandawa Jaya Group 2024-08-19T15:25:12+00:00 Nani Septiana [email protected] Ardiansyah Japlani [email protected] Desta Anggraini [email protected] <p><span style="font-weight: 400;">Dalam dunia keuangan bisnis, manajemen keuangan yang efisien memegang peran sentral dalam menjaga kesehatan keuangan perusahaan. Pemahaman yang baik terhadap siklus aktiva dan passiva, terutama dalam hal perputaran aset dan kewajiban menjadi kunci untuk mengukur kinerja dan mengidentifikasi potensi masalah. Penelitian ini fokus pada analisis laporan keuangan perusahaan, terutama neraca dan laba rugi selama tiga tahun terakhir yaitu 2020, 2021 dan 2022. Dengan penekanan pada neraca, penelitian ini bertujuan memberikan wawasan yang relevan dan bermanfaat bagi manajemen untuk menilai kondisi keuangan perusahaan dan hasil operasionalnya selama periode tersebut. Desain penelitian ini adalah deskriptif analisis, jenis data dalam penelitian ini adalah data kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah laporan keuangan bagian neraca dan laba rugi pada periode 2020-2022. Rasio likuiditas menunjukan penurunan likuiditas perusahaan dari tahun 2020 hingga 2021, rasio solvabilitas menunjukan bahwa perusahaan telah menggunakan lebih banyak utang untuk mendanai operasinya. Rasio ini naik dari 0,26 pada tahun 2020 menjadi 0,38 pada tahun 2021. Rasio aktivitas menunjukan terjadinya fluktuasi tahun 2020 dan 2022. Rasio tersebut relatif rendah, sedangkan pada tahun 2021 rasio aktivitas meningkat secara signifikan. Perusahaan harus memperhatikan faktor-faktor yang menyebabkan penurunan dan peningkatan profitabilitas terutama dari sisi internal perusahaan, karena faktor internal merupakan faktor yang dapat dikendalikan sendiri oleh perusahaan.</span></p> 2024-08-04T18:06:21+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.unimma.ac.id/index.php/conference/article/view/12005 Pengaruh Kinerja Keuangan terhadap Akuntabilitas Pelaporan Keuangan Pemerintah Daerah 2024-08-19T15:25:13+00:00 Rohmatul Faizah [email protected] Yulinda Devi Pramita [email protected] Wahyu Anggit Prasetya [email protected] <p><span style="font-weight: 400;">Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris dan menganalisis pengaruh kinerja keuangan yang dinilai dengan solvabilitas, efektivitas pendapatan, efisiensi belanja, dan kemandirian daerah terhadap akuntabilitas pelaporan keuangan pemerintah daerah pada pemerintah daerah kota/kabupaten di Provinsi Jawa Timur, Jawa Barat dan Sumatera Utara periode 2017-2021. Populasi dari penelitian ini adalah 97 pemerintah daerah pada Provinsi Jawa Timur, Jawa Barat dan Sumatera Utara. Dengan menggunakan </span><em><span style="font-weight: 400;">purposive sampling</span></em><span style="font-weight: 400;">, terdapat 34 pemerintah daerah yang memenuhi kriteria. Metode pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan data dianalisis menggunakan regresi logistik. Hasil yang diperoleh adalah solvabilitas tidak berpengaruh terhadap akuntabilitas pelaporan keuangan pemerintah daerah, efektifitas pendapatan berpengaruh positif terhadap akuntabilitas pelaporan keuangan pemerintah daerah, efisiensi belanja tidak berpengaruh terhadap akuntabilitas pelaporan keuangan pemerintah daerah, dan kemandirian daerah berpengaruh positif terhadap akuntabilitas pelaporan keuangan pemerintah daerah.</span></p> 2024-08-04T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.unimma.ac.id/index.php/conference/article/view/12016 Pengembangan Konsep Sustainable City Branding Kota Pangkalpinang sebagai Kota Kreatif 2024-08-19T15:25:14+00:00 Dani Fauzi [email protected] Kunkun Kurniawan [email protected] Fahry Reza [email protected] <p><span style="font-weight: 400;">Kota Pangkalpinang memiliki potensi besar untuk mengembangkan </span><em><span style="font-weight: 400;">city branding</span></em><span style="font-weight: 400;"> yang kreatif dan berkelanjutan dengan menonjolkan keunggulan lokal seperti kuliner khas, kerajinan budaya, dan potensi wisata alam. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi perspektif para pemangku kepentingan pariwisata mengenai pengembangan </span><em><span style="font-weight: 400;">city branding</span></em><span style="font-weight: 400;"> di Kota Pangkalpinang. Menggunakan pendekatan kualitatif, data dikumpulkan melalui wawancara terstruktur dengan berbagai informan kunci. Hasil penelitian&nbsp; menunjukkan&nbsp; bahwa&nbsp; kurangnya&nbsp; kolaborasi&nbsp; antar&nbsp; pelaku pariwisata dan minimnya sosialisasi menghambat penerapan </span><em><span style="font-weight: 400;">city branding</span></em><span style="font-weight: 400;"> yang</span> <span style="font-weight: 400;">efektif.</span> <span style="font-weight: 400;">Berdasarkan</span> <span style="font-weight: 400;">temuan</span> <span style="font-weight: 400;">ini, direkomendasikan strategi Pangkalpinang </span><em><span style="font-weight: 400;">Creative Taste City</span></em><span style="font-weight: 400;"> yang fokus pada kuliner kreatif sebagai&nbsp; branding&nbsp; kota.&nbsp; Implementasi&nbsp; strategi&nbsp; ini&nbsp; diharapkan&nbsp; dapat meningkatkan daya saing dan menarik lebih banyak wisatawan. </span></p> 2024-08-05T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.unimma.ac.id/index.php/conference/article/view/12017 Pengaruh Debt to Equity Ratio, Return on Asset, Current Ratio terhadap Harga Saham dengan Earning Per Share sebagai Variabel Moderasi 2024-08-19T15:25:15+00:00 Eni Ratna Sari [email protected] Faridhatun Faidah [email protected] Tina Rahayu [email protected] <p><span style="font-weight: 400;">Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh </span><em><span style="font-weight: 400;">debt to equity ratio, return on asset, current ratio</span></em><span style="font-weight: 400;"> terhadap harga saham dengan </span><em><span style="font-weight: 400;">earning per share</span></em><span style="font-weight: 400;"> sebagai variabel moderasi pada perusahaan transportasi yang terdaftar di BEI periode 2018-2022. Sampel pada penelitian ini diperoleh dengan menggunakan teknik </span><em><span style="font-weight: 400;">purposive sampling</span></em><span style="font-weight: 400;">, sehingga diperoleh 11 sampel dengan periode penelitian 5 tahun. Analisis data menggunakan uji </span><em><span style="font-weight: 400;">inner models </span></em><span style="font-weight: 400;">dan pengujian hipotesis serta analisis variabel moderasi menggunakan smart PLS 3.0. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa DER tidak berpengaruh terhadap harga saham. ROA berpengaruh positif signifikan terhadap harga saham.&nbsp; CR berpengaruh positif terhadap harga saham. Pada pengujian efek moderasi EPS mampu memoderasi DER terhadap harga saham, namun EPS tidak mampu memoderasi hubungan ROA terhadap harga saham dan tidak dapat memoderasi CR terhadap harga saham.</span></p> 2024-08-05T04:24:34+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.unimma.ac.id/index.php/conference/article/view/12018 Pengaruh Brand Image, Online Customer Review, Online Customer Rating dan E-trust Terhadap Keputusan Pembelian Pada Ecommerce (Studi Empiris Pada Pengguna Shopee) 2024-08-19T15:25:15+00:00 Nur Baety Dewi Ariyani [email protected] Lukluk Atul Hidayati [email protected] Mulato Santosa [email protected] <p><span style="font-weight: 400;">Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh brand image, online customer review, online customer rating, dan e-trust terhadap keputusan pembelian pada e-commerce dengan studi empiris pengguna shopee. Populasi dalam penelitian ini adalah Pengguna Shopee. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden dengan menggunakan metode teknik pusposive sampling. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa keputusan pembelian mempengaruhi brand image, online customer review, online customer rating dan e-trust terhadap keputusan pembelian, brand image berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian, online customer review tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian, online customer rating tidak berpengaruh teradap keputusan pembelian, dan e-trust berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. </span></p> 2024-08-05T04:52:23+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.unimma.ac.id/index.php/conference/article/view/12019 Pengaruh Gaya Kepemimpinan Demokratis dan Komunikasi terhadap Kepuasan Kerja di Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman, Pertanahan dan Lingkungan Hidup Kabupaten Bengkayang 2024-08-19T15:25:16+00:00 Dominggus Dominggus [email protected] Eligia Monixa Salfarini [email protected] Dedi Dedi [email protected] <p><span style="font-weight: 400;">Tujuan penelitian untuk menguji dan menganalisis pengaruh gaya kepemimpinan demokratis dan komunikasi terhadap kepuasan kerja. Lokasi penelitian di kantor Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman, Pertanahan dan Lingkungan Hidup Kabupaten Bengkayang. Penelitian ini menggunakan metode konfirmatori dengan pendekatan kuantitatif, dan menggunakan data primer dan data sekunder untuk metode pengumpulan data. Dengan analisis data menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas, uji kecukupan sampel (KMO), uji normalitas, uji multikolinearitas dan uji heteroskedasisitas, serta data analisis regresi linear berganda yang terdiri dari uji R2 (koefisien deteminan), uji t (koefisien) dan uji F (Goodness of Fit Index) dengan olah data menggunakan SPSS 16.0. Responden dalam penlitian ini berjumlah 50 orang yang merupakan sampel jenuh. Dengan hasil t hitung=0,807 dan sig=0,424, dan menyatakan bahwa gaya kepemimpinan demokratis tidak berpengaruh signifikan secara parsial terhadap kepuasan kerja, dan komunikasi dengan hasil t hitung=0,671 dan sig sebesar 0,000, yang menyatakan komunikasi berpengaruh signifikan secara parsial terhadap kepuasan kerja. Dengan hasil F hitung=70,006 lebih besar dari F tabel=3,20 menyatakan bahwa secara simultan variabel independen (gaya kepemimpinan demokratis dan komunikasi) berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen (kepuasan kerja). Peneliti selanjutnya diharapkan agar memperbanyak variabel dan menambahkan jumlah sampel.</span></p> 2024-08-05T05:10:38+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.unimma.ac.id/index.php/conference/article/view/12020 Pengaruh Beban Kerja, Stres Kerja dan Motivasi Kerja terhadap Turnover Intention pada PT Sinar Indah Kertas 2024-08-19T15:25:17+00:00 Molex Maisari Latansa [email protected] Noor Indah Rahmawati [email protected] Rozaq M. Yasin [email protected] <p><span style="font-weight: 400;">Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh beban kerja, stres kerja dan motivasi kerja terhadap </span><em><span style="font-weight: 400;">turnover intention</span></em><span style="font-weight: 400;"> pada karyawan PT Sinar Indah Kertas. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan bagian produksi </span><em><span style="font-weight: 400;">Boiler</span></em><span style="font-weight: 400;">, </span><em><span style="font-weight: 400;">Laborate Additive</span></em><span style="font-weight: 400;"> dan </span><em><span style="font-weight: 400;">Paper Machine</span></em><span style="font-weight: 400;"> di PT Sinar Indah Kertas yang berjumlah 186 orang. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 127 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan proporsional </span><em><span style="font-weight: 400;">stratified random sampling</span></em><span style="font-weight: 400;">. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda dengan menggunakan </span><em><span style="font-weight: 400;">software</span></em><span style="font-weight: 400;"> SPSS Versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa beban kerja berpengaruh signifikan terhadap </span><em><span style="font-weight: 400;">turnover intention</span></em><span style="font-weight: 400;">, stres kerja tidak berpengaruh signifikan terhadap </span><em><span style="font-weight: 400;">turnover intention</span></em><span style="font-weight: 400;">, motivasi kerja berpengaruh signifikan terhadap </span><em><span style="font-weight: 400;">turnover intention</span></em><span style="font-weight: 400;">. Beban kerja, stres kerja dan motivasi kerja secara simultan berpengaruh signifikan terhadap </span><em><span style="font-weight: 400;">turnover intention</span></em><span style="font-weight: 400;">. PT Sinar Indah kertas perlu untuk mengatur beban kerja dan memberikan motivasi agar menurunkan </span><em><span style="font-weight: 400;">turnover</span></em><span style="font-weight: 400;"> karyawan.</span></p> 2024-08-05T08:02:59+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.unimma.ac.id/index.php/conference/article/view/12021 Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Produk terhadap Keputusan Pembelian Ulang Sepatu Olahraga Futsal Adidas di Kabupaten Landak 2024-08-19T15:25:18+00:00 Elisisus Gerion [email protected] Blasius Manggu [email protected] <p>Industri sepatu olahraga futsal di Indonesia terus berkembang pesat, dengan banyaknya merek-merek ternama yang bersaing menawarkan produk berkualitas. Adidas sebagai salah satu merek ternama terus berupaya meningkatkan kualitas produk dan menetapkan harga yang kompetitif untuk menarik minat konsumen melakukan pembelian ulang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas produk dan harga produk terhadap keputusan pembelian ulang sepatu olahraga futsal Adidas di Kabupaten Landak. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menganalisis pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian ulang sepatu olahraga futsal Adidas di Kabupaten Landak, 2) Menganalisis pengaruh harga produk terhadap keputusan pembelian ulang sepatu olahraga futsal Adidas di Kabupaten Landak, 3) Menganalisis pengaruh kualitas produk dan harga produk secara simultan terhadap keputusan pembelian ulang sepatu olahraga futsal Adidas di Kabupaten Landak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang pernah membeli sepatu olahraga futsal Adidas di Kabupaten Landak. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100-150 responden. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner. Analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi teoritis dan praktis dalam bidang manajemen pemasaran, khususnya terkait dengan pengaruh kualitas produk dan harga produk terhadap keputusan pembelian ulang sepatu olahraga futsal Adidas di Kabupaten Landak. Hasil penelitian ini juga diharapkan dapat menjadi referensi bagi perusahaan Adidas dalam merumuskan strategi pemasaran yang efektif untuk meningkatkan penjualan dan mempertahankan loyalitas konsumen<em>.</em></p> 2024-08-05T08:26:48+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.unimma.ac.id/index.php/conference/article/view/12022 Implementation of Digital Marketing as a Strategy to Improve Marketing Strategies in Micro, Small and Medium Enterprises (UMKM) 2024-08-19T15:25:19+00:00 Nur Zarliani Uli [email protected] Selvi Anggraini [email protected] <p>Perkembangan teknologi internet menandai masuknya era revolusi industri 4.0. Kehadiran internet yang memiliki kemampuan untuk mengakses informasi dengan cepat dan mudah, menjadi peluang baru bagi UMKM untuk memasarkan produknya karena internet telah mengubah aturan dasar pemasaran di dunia yang tradisional menjadi pemasaran digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemasaran digital terhadap penjualan, strategi pemasaran, dan kendala dalam menerapkan pemasaran digital pada pelaku UMKM. Metode kualitatif adalah metode yang digunakan dalam penelitian ini. Penelitian ini dimulai dengan serangkaian wawancara kualitatif dengan mengidentifikasi hubungan mereka yang memerlukan pemeriksaan lebih rinci. Wawancara ini dilakukan oleh satu orang yang merupakan pelaku UMKM atau pemilik dari Ferniati Olshop. Dari penelitian ini diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa pelaku UMKM yang menerapkan pemasaran digital mendapatkan penjualan yang lebih tinggi. Sehingga pelaku UMKM lebih senang memasarkan produknya secara online. Strategi yang digunakan dalam menerapkan pemasaran digital untuk memasarkan produk adalah dengan menggunakan media sosial seperti Facebook, Instagram, status WhatsApp, dan siaran langsung di Facebook. Hasil juga menunjukkan bahwa tidak hanya manfaat yang dapat diperoleh dari penerapan pemasaran digital, tetapi pelaku UMKM juga sering mengalami kendala dalam penerapannya. Kendala tersebut seperti koneksi internet yang tidak stabil, keterlambatan pengiriman, serta penipuan transaksi dan manipulasi nomor admin. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dalam implementasi pemasaran digital, berpengaruh dalam meningkatkan pemasaran UMKM, serta implementasinya memberikan manfaat dan kendala yang menyertainya.</p> 2024-08-05T08:39:54+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.unimma.ac.id/index.php/conference/article/view/12023 The Influence of Personality Traits on Unethical Behavior Tendencies of Business Campus Students in Makassar 2024-08-19T15:25:20+00:00 Anhar Januar Malik [email protected] Fitriani Fitriani [email protected] <p>Terjadi peningkatan yang signifikan terkait isu kecurangan dan fraud pada dunia bisnis. Kampus sebagai salah satu institusi yang menyediakan para calon pekerja saat ini telah banyak menjadi sorotan terkait kualitas lulusan. Kompetensi menjadi bukanlah satu-satunya hal yang perlu diperhatikan kampus, pengaruhnya terhadap pengembangan karakter dan perilaku etis mahasiswa memainkan peran penting. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah keperibadian mahasiswa memiliki pengaruh terhadap kecenderungan mahasiswa melakukan perilaku tidak etis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pengujian antar variabel. Sebanyak 113 responden dari berbagai kampus bisnis di Makassar dianalisis lebih lanjut dalam penelitian ini. Analisis data pada tahap 1 yaitu pengujian regresi menunjukkan 4 variabel memiliki pengaruh signifikan terhadap perilaku etis. Pada tahap kedua pengujian regresi moderasi menunjukkan hanya variabel kehati-hatian yang tidak dimoderasi oleh dukungan sejawat, selebihnya terdukung. Hal ini kemudian menunjukkan bahwa peran dukungan sejawat memainkan peran penting dalam memperkuat dan mengubah hubungan yang negarif menjadi positif antara <em>Big 5 personality</em> dan dukungan sejawat. Teori pengaruh sosial menjelaskan bagaimana peran dukungan rekan sejawat mempengaruhi hubungan keperibadian mahasiswa terhadap niat mereka terkait perilaku tidak etis. Penelitian selanjutnya juga dapat menguji temuan ini dengan menggunakan sampel dalam skala nasional.</p> 2024-08-05T08:46:05+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.unimma.ac.id/index.php/conference/article/view/12024 Implementasi Activity Based Costing dalam Penentuan Harga Pokok Produksi (Studi Kasus pada UD. Arofah Berkah Jember) 2024-08-19T15:25:21+00:00 Ihsan Rizkyansah Akhmad [email protected] Dwi Cahyono [email protected] Riyanto Setiawan [email protected] <p><span style="font-weight: 400;">Penelitian ini membahas tentang penerapan Activity Based Costing (ABC) dalam penentuan harga pokok produksi pada UD. Arofah Berkah Jember. Dengan pesatnya perkembangan dunia usaha, pemilik usaha dihadapkan pada persaingan harga yang ketat sehingga memerlukan inovasi untuk menjalankan kegiatan usaha secara efisien. Menentukan harga pokok produksi secara akurat menjadi sebuah tantangan ketika sebuah bisnis memiliki produk yang beragam. Penerapan ABC penting untuk mengalokasikan biaya overhead dengan lebih akurat dan efektif. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan teknik pengumpulan data melalui dokumen, wawancara, observasi dan studi literatur. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang pentingnya ABC dalam menentukan harga pokok produksi untuk kelangsungan usaha.</span></p> 2024-08-05T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.unimma.ac.id/index.php/conference/article/view/12025 Analisis Peran Budaya Amare terhadap Pengembangan Karakter Mahasiswa Institut Shanti Bhuana 2024-08-19T15:25:21+00:00 Meysi Putri [email protected] Eligia Monixa Salfarini [email protected] <p><span style="font-weight: 400;">Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran budaya amere terhadap perkembangan karakter mahasiswa di Institut Shanti Bhuana.Menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan etnografi. Penelitian ini dilakukan terhadap mahasiswa-mahasiswi Institut Shanti Bhuana yang tinggal Asrama Institut Shanti Bhuana. Pengumpulan data dilakukan melalui obeservasi dan wawancara mendalam. Data diolah dan </span><span style="font-weight: 400;">Kodifikas</span><span style="font-weight: 400;">i dan disimpulkan. Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa budaya organisasi yakni budaya amare mampu membuahkan karakter positif terhadap mahasiswa seperti belas kasih, saling menghargai, persaudaraan dan semangat belajar yang tinggi.</span></p> 2024-08-05T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.unimma.ac.id/index.php/conference/article/view/12029 Pengaruh Kompensasi, Pengembangan Karir, Motivasi Kerja Terhadap Kinerja pada PT. Sarana Cahaya Makmur di Ganjar Agung 2024-08-19T15:25:22+00:00 Suwarto Suwarto [email protected] Suryadi Suryadi [email protected] Dimas Adi Saputra [email protected] <p>Orang-orang yang bekerja dan berkontribusi pada suatu organisasi ialah sumber daya manusianya, dan mereka sering kali dianggap sebagaimana aset paling berharga. Oleh karenanya itu, keberhasilan suatu organisasi ditopang oleh imbalan finansial dan prospek pertumbuhan profesional yang ditawarkan kepada karyawannya. Selain itu, sejauh mana pekerja terinspirasi oleh pekerjaan mereka akan berperan dalam memastikan seberapa produktif mereka. Kompensasi, peluang kemajuan, dan motivasi intrinsik di tempat kerja diselidiki untuk memastikan dampak relatifnya mengenai produktivitas di PT. Sarana Cahaya Makmur di Ganjar Agung. Metode layaknya rumus Slovin untuk pengambilan sampel acak dasar dan penerapan rumus hipotesis statistik ialah inti dari penelitian kuantitatif ini. Observasi, wawancara mendalam, dan kuesioner dipergunakan untuk mengumpulkan data. Empat puluh empat pekerja dari PT. Sarana Cahaya Makmur di Ganjar Agung disurvei untuk penelitian ini. Temuan penelitian pada PT. Sarana Cahaya Makmur dalam Ganjar Agung mengungkapkan bahwasanya ketiga faktor dimaksud kompensasi, pengembangan karir, dan motivasi kerja ditemukan akibat yang cukup besar mengenai kinerja karyawan.</p> 2024-08-06T01:30:04+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.unimma.ac.id/index.php/conference/article/view/12030 Analisis Gaya Kepemimpinan Kepala Desa dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Desa Padang Pio 2024-08-19T15:25:23+00:00 Kolesta Martuni [email protected] Maria Angela Siokalang [email protected] <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gaya kepemimpinan kepala desa dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa Padang Pio. Gaya kepemimpinan kepala desa sangat berpengaruh bagi kemajuan desa dan dalam mensejahterakan masyarakat. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan gambaran pada masyarakat desa sebagai bentuk perubahan akan kesejahteraan yang dirasakan oleh masyarakat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan etnografi yaitu dengan melihat secara langsung fenomena-fenomena yang terjadi di tengah masyarakat terhadap gaya kepemimpinan untuk mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat. Teknik pengumpulan data pada penelitian menggunakan teknik observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan kepala desa Padang Pio berfokus pada program pembangunan, partisipasi masyarakat, solusi bersama dan musyawarah bersama. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa kepala desa memainkan peran penting mengkoordinasikan berbagai program pembangunan yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Berdasarkan temuan yang ada, gaya kepemimpinan kepala desa Padang Pio dikategorikan sebagai kepemimpinan partisipatif. Model kepemimpinan ini menunjukkan bahwa seorang pemimpin harus melibatkan masyarakat untuk berpartisipasi aktif, mengambil keputusan dan membuka ruang dialog yang kondusif unuk menyampaikan pendapat. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan partisifatif kepala desa Padang Pio memberikan dampak positif dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa.</p> 2024-08-06T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.unimma.ac.id/index.php/conference/article/view/12031 Analisis Laporan Keuangan dalam Mengukur Kinerja Keuangan pada PT Pandawa Jaya Group 2024-08-19T15:25:23+00:00 Desta Anggraini [email protected] Ardiansyah Japlani [email protected] Deny Edi Widodo [email protected] <p>Dalam dunia keuangan bisnis, manajemen keuangan yang efisien memegang peran sentral dalam menjaga kesehatan keuangan perusahaan. Pemahaman yang baik terhadap siklus aktiva dan passiva, terutama dalam hal perputaran aset dan kewajiban menjadi kunci untuk mengukur kinerja dan mengidentifikasi potensi masalah. Penelitian ini fokus pada analisis laporan keuangan perusahaan, terutama neraca dan laba rugi selama tiga tahun terakhir yaitu 2020, 2021 dan 2022. Dengan penekanan pada neraca, penelitian ini bertujuan memberikan wawasan yang relevan dan bermanfaat bagi manajemen untuk menilai kondisi keuangan perusahaan dan hasil operasionalnya selama periode tersebutDesain penelitian ini adalah deskriptif analisis,jenis data dalam penelitian ini adalah data kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah laporan keuangan bagian neraca dan laba rugi pada periode 2020-2022. Rasio likuiditas menunjukan penurunan likuiditas perusahaan dari tahun 2020 hingga 2021, rasio solvabilitas menunjukan bahwa perusahaan telah menggunakan lebih banyak utang untuk mendanai operasinya. Rasio ini naik dari 0,26 pada tahun 2020 menjadi 0,38 pada tahun 2021. Rasio aktivitas menunjukan terjadi fluktuasi tahun 2020 dan 2022, rasio tersebut relatif rendah sedangkan pada tahun 2021 rasio tersebut meningkat secara signifikan. Perusahaan harus memperhatikan faktor-faktor yang menyebabkan menurun maupun meningkatnya profitabilitas terutama dari sisi internal perusahaan, karena faktor internal merupakan faktor yang dapat dikendalikan sendiri oleh perusahaan<strong>.</strong></p> 2024-08-06T02:14:25+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.unimma.ac.id/index.php/conference/article/view/12033 Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk dan Gaya Hidup terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan Pelanggan 2024-08-19T15:25:24+00:00 Linda Diana Nafsi [email protected] Marlina Kurnia [email protected] Diesyana Ajeng Pramesti [email protected] <p>Tujuan dari penelitian ini untuk menguji dan menganalisis pengaruh kualitas pelayanan, kualitas produk, dan gaya hidup terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan di Larissa <em>Aesthetic Center</em> Magelang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan populasi seluruh konsumen Larissa <em>Aesthetic Center</em> di Magelang yang belum diketahui jumlahnya. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner atau angket. Uji analisis data dalam penelitian ini menggunakan <em>Smart</em>-PLS 4.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, kualitas pelayanan, kualitas produk dan gaya hidup berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Kepuasan pelanggan tidak berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan, kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan, kualitas produk tidak berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan, gaya hidup berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan, kepuasan pelanggan tidak dapat memediasi pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan, kepuasan pelanggan tidak dapat memediasi pengaruh kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan, dan kepuasan pelanggan tidak dapat memediasi pengaruh gaya hidup terhadap loyalitas pelanggan.</p> 2024-08-06T02:44:35+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.unimma.ac.id/index.php/conference/article/view/12034 Pengaruh Beban Kerja dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Lapangan Dengan Motivasi Kerja sebagai Variabel Intervening 2024-08-19T15:25:25+00:00 Ratmono Ratmono [email protected] Durotun Nasikah [email protected] Sahimas Fauzi Achmad [email protected] <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh beban kerja dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan baik secara langsung maupun tidak langsung melalui motivasi kerja. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode Kuantitatif. Sampel penelitian ini merupakan seluruh karyawan CV. Saema Jaya Snack yang berjumlah 53 orang. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan analisis data menggunakan Uji validitas, Uji reliabilitas, Uji normalitas, uji linieritas, uji homogenitas, dan Analisis Regresi. Pengaruh variabel intervening diuji menggunakan metode Kausal Step. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Beban Kerja dan Lingkungan Kerja secara langsung berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Karyawan. Selain itu juga terbukti bahwa Beban Kerja dan Lingkungan Kerja secara langsung berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Karyawan melalui motivasi.</p> 2024-08-06T03:08:23+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.unimma.ac.id/index.php/conference/article/view/12035 The Influence of Hedonic Shopping Motivation, Shopping Lifestyle, Fashion Involvement and Shopaholic Behavior on Impulse Buying (PT. Matahari Department Store Magelang) 2024-08-19T15:25:26+00:00 Putri Puspita Sari [email protected] Marlina Kurnia [email protected] Muhdiyanto Muhdiyanto [email protected] <p>Tujuan dari penelitian ini untuk menguji pengaruh motivasi belanja hedonis, gaya hidup belanja, keterlibatan fashion dan perilaku gila belanja terhadap keputusan pembelian impulsif di PT. Matahari Department Store Magelang. Teknik pengumpulan sampel yakni dengan teknik Purposive Sampling dengan total sampel sebesar 100 responden yaitu konsumen yang pernah melakukan pembelian secara spontan atau tidak direncanakan di PT. Matahari Departement Store dan berusia minimal 17 tahun. Alat analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan menggunakan program spss 22. Penelitian menghasilkan bahwa variabel motivasi belanja hedon, keterlibatan fashion dan perilaku gila belanja berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap pembelian impulsif di PT. Matahari Department Store Magelang. Sedangkan, variabel gaya hidup belanja tidak berpengaruh terhadap pembelian impulsif di PT. Matahari Department Store Magelang. Variabel motivasi belanja hedonis, gaya hidup berbelanja, keterlibatan fashion, dan gila belanja berpengaruh signifikan secara simultan terhadap pembelian impulsif di PT. Matahari Department Store Magelang.</p> 2024-08-06T04:22:47+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.unimma.ac.id/index.php/conference/article/view/12036 Pengaruh Korean Wave terhadap Keputusan Pembelian Dengan Brand Ambassador sebagai Variabel Moderasi (Studi Empiris pada Konsumen Skincare Innisfree) 2024-08-19T15:25:27+00:00 Putri Mey Lindasari [email protected] Mulato Santosa [email protected] Nur Hidayah [email protected] <p><span style="font-weight: 400;">Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk menguji </span><em><span style="font-weight: 400;">Brand Ambassador</span></em><span style="font-weight: 400;"> sebagai variabel moderasi pada Pengaruh </span><em><span style="font-weight: 400;">Korean Wave</span></em><span style="font-weight: 400;"> dan Fanatisme terhadap Keputusan Pembelian. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsumen </span><em><span style="font-weight: 400;">skincare</span></em><span style="font-weight: 400;"> Innisfree sebanyak 180 responden dengan menggunakan metode purposive sampling.&nbsp; Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan cara menyebarkan kuis melalui </span><em><span style="font-weight: 400;">google form</span></em><span style="font-weight: 400;"> kepada konsumen Innisfree.&nbsp; Metode analisis yang digunakan adalah Software WarpPLS 7.0. Analisis menujukkan bahwa korean wave memiliki pengaruh langsung dengan keputusan pembelian (β=0,47, p&lt;0,01). Fanatisme memiliki pengaruh langsung dengan keputusan pembelian (β=0,12, p=0,04). </span><em><span style="font-weight: 400;">Brand ambassador</span></em><span style="font-weight: 400;"> sebagai variabel moderasi memiliki hubungan yang signifikan dengan korean wave (β=-0,17, p&lt;0,01). Sedangkan </span><em><span style="font-weight: 400;">brand ambassador</span></em><span style="font-weight: 400;"> sebagai variabel moderasi tidak memiliki hubungan yang signifikan dengan fanatisme (β=-0,04, p=0,29). Model relasional di antara variabel memiliki GoF yang baik (APC=0,188, p=0,02; ARS=0,325, p&lt;0,01; AVIF=1,616&lt;5).&nbsp; Hasil ini menunjukkan bahwa </span><em><span style="font-weight: 400;">Korean Wave</span></em><span style="font-weight: 400;"> berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian, dan Fanatisme berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian. Hasil pengujian moderasi yang diperoleh menunjukkan bahwa </span><em><span style="font-weight: 400;">Brand Ambassador</span></em><span style="font-weight: 400;"> memoderasi hubungan antara </span><em><span style="font-weight: 400;">Korean Wave</span></em><span style="font-weight: 400;"> terhadap Keputusan Pembelian, dan juga </span><em><span style="font-weight: 400;">Brand Ambassador</span></em><span style="font-weight: 400;"> tidak memoderasi hubungan antara Fanatisme terhadap Keputusan Pembelian.</span></p> 2024-08-06T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.unimma.ac.id/index.php/conference/article/view/12037 Pemilu dan Perubahan Harga Saham: Tinjauan Event Study atas Volatilitas Pasar dan Abnormal Return 2024-08-19T15:25:28+00:00 Regita Ariani [email protected] Aloysius Hari Kristianto [email protected] Jones Parlindungan Nadapdap [email protected] <p>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membandingkan rata-rata anomali return dan volatilitas harga saham sebelum dan sesudah satu siklus pemilu. Metodologi studi peristiwa diterapkan dalam penelitian ini. 14 hari perdagangan, atau 7 hari sebelum dan 7 hari setelah pemilu, dipilih sebagai periode data penelitian ini. IHSG di pasar bursa menjadi subjek penelitian ini. Metode statistik deskriptif dan uji perbedaan statistik digunakan untuk menilai data. Sedangkan uji hipotesis menggunakan uji pared sample t test dan one sample t test. Meskipun pasar bereaksi positif terhadap satu putaran pemilu di Indonesia, namun hasil uji rata-rata abnormal return yang telah diuji menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara abnormal return (AAR) sebelum dan sesudah peristiwa tersebut. Hasil uji one sample t test menunjukkan adanya abnormal return yang signifikan setelah pengumuman peristiwa pemilu satu putaran. Namun, berdasarkan temuan uji CAAR yang dilakukan para peneliti, tidak ada perbedaan nyata dalam rata-rata keuntungan abnormal kumulatif (CAAR) sebelum dan sesudah pemilu putaran pertama di Indonesia.</p> 2024-08-06T04:50:24+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.unimma.ac.id/index.php/conference/article/view/12039 Pengaruh Efikasi Diri, Komitmen Organisasi, dan Kelelahan Kerja terhadap Kinerja Karyawan (Studi Empiris pada Karyawan UMKM di Kota Magelang) 2024-08-19T15:25:28+00:00 Muhammad Diffa’ Ulhaq [email protected] Rochiyati Murniningsih [email protected] Muhammad Wahid Ibrahim [email protected] <p><span style="font-weight: 400;">Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh efikasi diri, komitmen organisasi, dan kelelahan kerja terhadap kinerja karyawan pada tenaga kerja UMKM di Kota Magelang. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan metode </span><em><span style="font-weight: 400;">purposive sampling </span></em><span style="font-weight: 400;">dengan kriteria karyawan yang sudah bekerja minimal dua tahun pada UMKM kuliner yang berjumlah 186 orang. Metode analisis yang digunakan adalah teknik regresi berganda yang diolah dengan </span><em><span style="font-weight: 400;">software </span></em><span style="font-weight: 400;">SPSS versi 24. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa&nbsp;efikasi&nbsp;diri&nbsp;dan&nbsp;komitmen&nbsp;organisasi&nbsp;berpengaruh&nbsp;positif&nbsp;dan signifikan terhadap kinerja karyawan, sedangkan kelelahan kerja berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. </span><em><span style="font-weight: 400;">R Square</span></em><span style="font-weight: 400;"> yang menunjukkan nilai 0,553 artinya variabel efikasi diri, komitmen organisasi, dan kelelahan kerja secara bersama-sama mempengaruhi variabel kinerja karyawan sebesar 55,3 % dengan sisanya 44,7% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian.</span></p> 2024-08-06T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.unimma.ac.id/index.php/conference/article/view/12040 Pengaruh Celebrity Endorser, Brand Image, Kualitas Produk dan Persepsi Harga terhadap Keputusan Pembelian (Studi Empiris Konsumen Kosmetik Wardah) 2024-08-19T15:25:29+00:00 Miftakhul Janah [email protected] Dahli Suhaeli [email protected] Muhdiyanto Muhdiyanto [email protected] <p>Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh <em>celebrity endorser, brand image</em>, kualitas produk dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen kosmetik wardah. Metode pengambilan sampel menggunakan <em>purposive sampling </em>dengan jumlah 120 responden. Alat analisis yang digunakan yaitu regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel <em>celebrity endorser </em>berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Variabel <em>brand image </em>tidak berpengaruh dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Variabel kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Variabel persepsi harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Variabel <em>celebrity endorser, brand image, </em>kualitas produk dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.</p> 2024-08-06T05:39:13+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.unimma.ac.id/index.php/conference/article/view/12041 Pengaruh Kualitas Produk, Ulasan Konsumen, dan Citra Merek terhadap Kepuasan Pelanggan Melalui Keputusan Pembelian 2024-08-19T15:25:30+00:00 Adam Bharesta Melano Samiaji [email protected] Diesyana Ajeng Pramesti [email protected] Muhammad Wahid Ibrahim [email protected] <p>Penelitian ini dilatar belakangi terjadinya peningkatan nilai transaksi onine selama tiga tahun terakhir. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh kualitas produk, ulasan konsumen, dan citra merek terhadap kepuasan pelanggan yang dimediasi keputusan pembelian. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 120 responden, teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Dalam penentuan sampel penelitian ini terdapat kriteria yaitu pengguna e-commerce Tokopedia yang telah bertransaksi minimal 2 kali. Hasil penelitian yang menerangkan adanya pengaruh terhadap variabel keputusan pembelian menunjukkan hasil bahwa kualitas produk, ulasan konsumen, dan citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Selanjutnya untuk hasil penelitian yang menerangkan adanya pengaruh terhadap variabel kepuasan pelanggan menunjukkan hasil bahwa yaitu kualitas produk, citra merek, dan keputusan pembelian berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, namun untuk Ulasan Konsumen tidak berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Sedangkan untuk uji sobel yang telah dilakukan menunjukkan bahwa variabel keputusan pembelian memediasi pengaruh 3 variabel yaitu kualitas produk, Ulasan Konsumen, dan citra merek terhadap kepuasan pelanggan.</p> 2024-08-06T06:48:31+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.unimma.ac.id/index.php/conference/article/view/12043 Kajian Standarisasi Gula Kelapa Kualitas Ekspor sebagai Produk Unggulan di Kabupaten Purworejo 2024-08-19T15:25:30+00:00 Rusmiyatun Rusmiyatun [email protected] Anes Arini [email protected] Wiyonoroto Wiyonoroto [email protected] <p>Kabupaten Purworejo merupakan salah satu daerah dengan potensi gula kelapa dengan kualitas ekspor yang terkenal di Jawa Tengah. Tujuan dari penelitian ini adalah mengkaji standarisasi gula kelapa yang berhasil lolos go eskpor untuk digunakan sebagai acuan standarisasi produk gula kelapa yang akan di ekspor. Responden Penelitian dilakukan di 3 tempat Eksporir gula kelapa yaitu Koperasi Wanita Srikandi, Koperasi Karmatera dan CV Tiga Putri Butuh. Hasil Penelitian ditemukan standar yang digunakan untuk pra produksi, produksi hingga pasca produksi antara lain standar lahan, standar pohon yang akan diambil nira,standar alat produksi, standar sterilisasi alat produksi, standar keamanan sumber daya manusia, Standar prosedur bagi pengolah gula, standar produk jadi. Selain itu penelitian ini juga memetakan potensi gula semut di Kabupaten Purworejo untuk dikembangkan menjadi sentra vokasional. Hingga didapatkan rekomendasi bagi pemerintah untuk rencana jangka pendek maupun rencana jangka Panjang untuk menciptakan produk gula semut kualitas ekspor lainnya di Kabupaten Purworejo.</p> 2024-08-06T07:16:53+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.unimma.ac.id/index.php/conference/article/view/12047 Pengaruh Sistem Pengendalian Internal dan Sistem Akuntansi Keuangan Daerah terhadap Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Daerah 2024-08-19T15:25:31+00:00 Panji Nagoro [email protected] Anissa Hakim Purwantini [email protected] Nur Laila Yuliani [email protected] <p>Akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah adalah proses pengelolaan keuangan daerah mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pertanggungjawaban dan pengawasan yang harus dilaporkan kepada masyarakat dan pihak yang berkepentingan untuk memakai laporan pengelolaan keuangan daerah. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris dan menganalisis pengaruh kualitas laporan keuangan, sistem pengendalian internal, aksesibilitas laporan keuangan dan sistem akuntansi keuangan daerah terhadap akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah. Populasi penelitian adalah seluruh OPD di Kabupaten Magelang. Berdasarkan metode <em>purposive sampling</em> diperoleh sampel sebanyak 26 OPD di Kabupaten Magelang. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas laporan keuangan tidak berpengaruh terhadap akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah, sistem pengendalian internal berpengaruh positif terhadap akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah, aksesibilitas laporan keuangan tidak berpengaruh terhadap akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah dan sistem akuntansi keuangan daerah berpengaruh positif terhadap akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah.</p> 2024-08-06T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.unimma.ac.id/index.php/conference/article/view/11871 Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Iphone di Indonesia 2024-08-19T15:25:32+00:00 Marjuni Nur Arifiyani [email protected] Salman Faris Insani [email protected] Bambang Nur Cahyaningrum [email protected] <p><span style="font-weight: 400;">Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh kualitas produk, persepsi harga, dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian Iphone di Indonesia. Sampel dalam penelitian ini adalah 403 orang pembeli dan pengguna smartphone merek Iphone di Indonesia. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah menggunakan angket. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, dan uji regresi linear berganda. Hasilnya, kualitas produk memberi pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, dan variabel persepsi harga memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, begitu juga variabel gaya hidup memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.</span></p> 2024-07-24T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.unimma.ac.id/index.php/conference/article/view/12044 Analisis Pengaruh Persepsi Harga, Promosi, dan Kualitas Produk terhadap Loyalitas Pelanggan Byintanshop di Kota Jember 2024-08-19T15:25:32+00:00 Novi Anggraeni [email protected] Muhammad Naely Azhad [email protected] Rusdiyanto Rusdiyanto [email protected] <p>Industri <em>fashion</em> di Indonesia menunjukkan perkembangan yang menggembirakan dan menjadi salah satu sektor industri yag menyumbang kontribusi positif bagi perekonomian nasional. Pelaku bisnis <em>fashion</em> di wilayah Kota Jember salah satu diantaranya Byintanshop, yang tentunya harus bersaing dengan pelaku bisnis lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi harga, promosi, dan kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan. Populasi penelitian ini pelanggan Byintanshop di Kota Jember, sedangkan sampel penelitian sebanyak 85 responden. Penentuan sampel menggunakan <em>purposive sampling</em>. Analisis data menggunakan regresi linier berganda. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dapat dinyatakan bahwa persepsi harga, promosi, dan kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan.</p> 2024-08-06T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.unimma.ac.id/index.php/conference/article/view/12045 Pengaruh Profitabilitas dan Investment Opportunity Set terhadap Nilai Perusahaan dengan Kebijakan Dividen sebagai Variabel Moderasi 2024-08-19T15:25:33+00:00 Nita Ariyani [email protected] Ardian Prima Putra [email protected] Purwanto Purwanto [email protected] <p>Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh profitabilitas dan <em>investment opportunity set</em> terhadap nilai perusahaan dengan kebijakan dividen sebagai variabel moderasi pada perusahaan sektor industri kesehatan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2020–2022. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini ada 170 sampel yang sesuai dengan kriteria penulis. Peneliti&nbsp; ini menggunakan teknik analisis regresi berganda dan <em>moderated regression analysis</em>. Penelitian ini mendapatkan hasil bahwa profitabilitas berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan. <em>Investment opportunity set</em> berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan. Kebijakan dividen tidak mampu memoderasi pengaruh profitabilitas terhadap nilai perusahaan. Kbijakan dividen mampu memoderasi pengaruh <em>investment opportunity set</em> terhadap nilai perusahaan.</p> 2024-08-06T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.unimma.ac.id/index.php/conference/article/view/12046 Peran Kapital Spiritual dalam Penumbuhan Motivasi dan Peningkatan Kinerja Karyawan Pertapaan Karmel 2024-08-19T15:25:34+00:00 Ame Ame [email protected] Helena Anggraeni Tjondro Sugianto [email protected] <p>Penelitian ini mengeksplorasi peran kapital spiritual dalam menumbuhkan motivasi dan kinerja karyawan pada sebuah organisasi religius yang memiliki keragaman latar belakang agama dan suku. Menggunakan pendekatan etnografi, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa organisasi tersebut memiliki kapital spiritual yang kuat, tercermin dari toleransi terhadap keberagaman, dukungan praktik spiritual, kepedulian terhadap kesejahteraan karyawan, budaya saling menghormati, dan kepemimpinan yang mendorong pengembangan spiritual. Kapital spiritual berkontribusi positif dalam meningkatkan motivasi intrinsik, keselarasan nilai, resiliensi, kepuasan kerja, dan kinerja karyawan. Penelitian ini menyarankan pentingnya membangun dan memelihara kapital spiritual dalam organisasi melalui praktik-praktik yang mendukung, seperti menghargai keberagaman, menyediakan fasilitas spiritual, menunjukkan kepedulian terhadap karyawan, dan membangun budaya positif di lingkungan kerja.</p> 2024-08-06T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement##