Main Article Content
Abstract
Berdasarkan observasi di Kelas Pendidikan Agama Islam, terdapat banyak mahasiswa yang kurang paham terhadap materi agama, khususnya sub materi yang membahas tentang ekonomi syariah, indikatornya adalah beberapa mahasiswa memperoleh nilai di bawah target capaian yang ditetapkan oleh dosen. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang Model Contextual Teaching & Learning Pada Materi Ekonomi Syari’ah, Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, Subjek dari penelitian ini adalah mahasiswa kelas semester 5 pada sub materi ekonomi syariah. Instrumen dalam penelitian ini ada dua macam yaitu instrumen utama dan bantu, instrumen utama adalah peneliti sendiri, sedangkan instrumen bantu berupa RPS, lembar Observasi penerapan pembelajaran dengan model CTL. Hasil dari penelitian ini adalah tiga kegiatan yaitu kegiatan awal, kegiatan inti dankegiatan akhir, yang di dalamnya menyangkut membantu siswa untuk menemukan konsep, mendorong siswa untuk menghubungkan konsep dengan dunia nyata dan menerapkan pada dunia nyata.