Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengalaman pengguna dalam menggunakan aplikasi absensi berbasis web di kafe ABC yang berfungsi sebagai laboratorium hidup bagi mahasiswa Culinary Arts. Dalam era digitalisasi bisnis, aplikasi berbasis teknologi menjadi kebutuhan penting untuk mendukung operasional bisnis, termasuk di sektor jasa seperti kafe. Fokus penelitian ini adalah untuk mengevaluasi efektivitas desain User Interface (UI) dan User Experience (UX) aplikasi absensi tersebut menggunakan metode Usability Testing. Penelitian ini melibatkan 17 responden pekerja kafe yang diukur menggunakan System Usability Scale (SUS) untuk mendapatkan skor kegunaan sistem. Hasil penelitian menunjukkan skor rata-rata SUS sebesar 85,2, yang mengindikasikan bahwa aplikasi absensi ini termasuk dalam kategori "Sangat Baik." Meskipun demikian, beberapa perbaikan disarankan, seperti penghapusan fitur catatan awal, penambahan fitur notifikasi, dan peningkatan personalisasi. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan bagi pengembang aplikasi untuk meningkatkan kualitas UI dan UX serta menjadi referensi bagi bisnis lain yang ingin mengadopsi digitalisasi operasional.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
References
-
[1] N. R. Wiwesa, “User Interface Dan User Experience Untuk Mengelola Kepuasan Pelanggan,” Jurnal Sosial Humaniora Terapan, vol. 3, no. 2, pp. 17–31, 2021, [Online]. Available: https://scholarhub.ui.ac.id/jsht/vol3/iss2/2
[2] B. Harto, T. Sumarni, A. Dwijayanti, R. Komalasari, and S. Widyawati, “Transformasi Bisnis UMKM Sanfresh Melalui Digitalisasi Bisnis Pasca Covid 19,” Ikra-Ith Abdimas, vol. 6, no. 2, pp. 9–15, 2022, doi: 10.37817/ikra-ithabdimas.v6i2.2399.
[3] A. A. R. Agus Rohmat Hidayat, Nur Alifah, “KONTRIBUSI DIGITALISASI BISNIS DALAM MENYOKONG PEMULIHAN EKONOMI DAN MENGURANGI TINGKAT PENGANGGURAN DI INDONESIA,” JOURNAL SYNTAX IDEA, vol. V, no. IX, pp. 1–19, 2023.
[4] M. Sulchan, M. Zulfa Maslihatin, and A. Yulikah, “Peran Digitalisasi Bisnis Terhadap Pemulihan Ekonomi dalam Meminimalisir Pengangguran di Indonesia,” Prosiding Seminar Nasional Management, Ekonomi, dan Akuntansi, vol. 6, pp. 941–948, 2021, [Online]. Available: https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/senmea/article/view/831/875
[5] M. F. Widiyantoro, N. Heryana, A. Voutama, and N. Sulistiyowati, “Perancangan UI / UX Aplikasi Toko Kue Dengan Metode Design Thinking,” INFORMATION MANAGEMENT FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS : Journal of Information Management, vol. 7, no. 1, p. 1, Dec. 2022, doi: 10.51211/imbi.v7i1.1949.
[6] A. Narayanan, A. Mathur, M. Chetty, and M. Kshirsagar, “Dark Patterns: Past, Present, and Future,” Queue, vol. 18, no. 2, pp. 67–92, 2020, doi: 10.1145/3400899.3400901.
[7] A. Oulasvirta, N. R. Dayama, M. Shiripour, M. John, and A. Karrenbauer, “Combinatorial Optimization of Graphical User Interface Designs,” Proceedings of the IEEE, vol. 108, no. 3, pp. 434–464, 2020, doi: 10.1109/JPROC.2020.2969687.
[8] E. F. Yehdeya, C. H. Primasari, T. A. Purnomo Sidhi, Y. P. Wibisono, D. B. Setyohadi, and M. Cininta, “Analisis User Interface (UI) Dan User Experience (UX) Sudut Elevasi Pemukul Gamelan Metaverse Virtual Reality Menggunakan User Centered Design (UCD),” JIKO (Jurnal Informatika dan Komputer), vol. 7, no. 1, p. 137, 2023, doi: 10.26798/jiko.v7i1.757.
[9] M. A. Muhyidin, M. A. Sulhan, and A. Sevtiana, “Perancangan Ui/Ux Aplikasi My Cic Layanan Informasi Akademik Mahasiswa Menggunakan Aplikasi Figma,” Jurnal Digit, vol. 10, no. 2, p. 208, 2020, doi: 10.51920/jd.v10i2.171.
[10] W. S. L. Nasution and P. Nusa, “UI/UX Design Web-Based Learning Application Using Design Thinking Method,” ARRUS Journal of Engineering and Technology, vol. 1, no. 1, pp. 18–27, 2021, doi: 10.35877/jetech532.
[11] D. Kamińska, G. Zwoliński, and A. Laska-Leśniewicz, “Usability Testing of Virtual Reality Applications—The Pilot Study,” Sensors, vol. 22, no. 4, 2022, doi: 10.3390/s22041342.
[12] F. V. de Freitas, M. V. M. Gomes, and I. Winkler, “Benefits and Challenges of Virtual-Reality-Based Industrial Usability Testing and Design Reviews: A Patents Landscape and Literature Review,” Feb. 01, 2022, MDPI. doi: 10.3390/app12031755.
[13] M. A. Kushendriawan, H. B. Santoso, P. O. H. Putra, and M. Schrepp, “Evaluating User Experience of a Mobile Health Application Halodoc using User Experience Questionnaire and Usability Testing,” 2021.
[14] N. A. N. Ahmad and M. Hussaini, “A Usability Testing of a Higher Education Mobile Application Among Postgraduate and Undergraduate Students,” International Journal of Interactive Mobile Technologies, vol. 15, no. 9, pp. 88–102, 2021, doi: 10.3991/ijim.v15i09.19943.
[15] W. Buana and B. Nurina Sari, “Analisis User Interface Meningkatkan Pengalaman Pengguna Menggunakan Usability Testing pada Aplikasi Android Course,” vol. 5, no. 2, pp. 91–97, 2022, [Online]. Available: http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/doubleclick