IMPLEMENTASI PHBS PADA ANAK USIA DINI MELALUI METODE SELING
Main Article Content
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan Perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dengan menggunakan metode SELING pada PAUD di lingkungan kecamatan Mungkid. PBHS merupakan bangunan utama derajat kesehatan. Indikator PHBS dikembangkan dalam segala lingkup mulai dari keluarga, sekolah dan masyarakat. Delapan indikator PHBS di lembaga pendidikan dikemas dalam dua tema yaitu Diriku terdiri dua subtema Tubuhku dan Kebutuhanku, dan Lingkunganku, Penelitian menggunakan total sampel pada 31 PAUD di wilayah kecamatan mungkid. Penelitian yang bersifat deskriptif analitik menggunakan rancangan penelitian one group design untuk melihat bagaimana PHBS dilaksanakan selama ini. Analisis kwantitatif dan kwalitatif untuk melihat implementasi program PHBS yang selama ini dilakukan di sekolah. Data diperoleh dari dokumen pengajaran, observasi, wawancara dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh sekolah telah melaksanakan PHBS dalam pembelajaran dengan kategori tinggi dan sedang. Sedangkan metode sentra dan lingkaran (SELING) dalam pembelajaran PHBS dilaksanakan dengan kategori tinggi (31-40) sebesar 61%, sedang (21-30) sebesar 36% dan kategori rendah (11-20) sebesar 3%. Setiap komponen dalam indikator PHBS memiliki rerata >50% artinya bahwa PHBS telah dilaksanakan dalam pembelajaran pada anak usia dini. Namun demikian masih diperlukan penguatan dan pemahaman tentang PHBS. Sementara metode pembelajaran pada anak usia dini masih memerlukan peningkatan dan penguasaan pendidik, terutama metode belajar SELING. Pembinaan dan pengembangan kompetensi pendidik anak usia dini perlu diprioritaskan dalam program rutin dan tahunan Dinas Pendidikan.
Downloads
Article Details
- Authors who publish their articles in JHNS retain full copyright of their work.
- JHNS does not require authors to transfer their copyright to the journal or its publisher, Universitas Muhammadiyah Magelang. The authors grant JHNS a license for the first publication.
- As copyright holders, all authors have rights to reuse their work published in JHNS, subject to proper acknowledgment of the original publication in JHNS (including a full citation and DOI link) and the terms of the CC BY-NC 4.0 license. These rights include, but are not limited to:
1) Posting copies of their published article on personal or institutional websites, or in institutional or other non-commercial subject repositories (as detailed in JHNS's Repository Policy).
2) Reproducing their article, in whole or in part, in other works created by them (e.g., in a book chapter or a review article), with proper citation to the JOSI publication.
3) Using their article for teaching purposes or internal institutional use.
4) Presenting their article at meetings or conferences and distributing copies.