IMPLEMENTASI PHBS PADA ANAK USIA DINI MELALUI METODE SELING
Main Article Content
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan Perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dengan menggunakan metode SELING pada PAUD di lingkungan kecamatan Mungkid. PBHS merupakan bangunan utama derajat kesehatan. Indikator PHBS dikembangkan dalam segala lingkup mulai dari keluarga, sekolah dan masyarakat. Delapan indikator PHBS di lembaga pendidikan dikemas dalam dua tema yaitu Diriku terdiri dua subtema Tubuhku dan Kebutuhanku, dan Lingkunganku, Penelitian menggunakan total sampel pada 31 PAUD di wilayah kecamatan mungkid. Penelitian yang bersifat deskriptif analitik menggunakan rancangan penelitian one group design untuk melihat bagaimana PHBS dilaksanakan selama ini. Analisis kwantitatif dan kwalitatif untuk melihat implementasi program PHBS yang selama ini dilakukan di sekolah. Data diperoleh dari dokumen pengajaran, observasi, wawancara dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh sekolah telah melaksanakan PHBS dalam pembelajaran dengan kategori tinggi dan sedang. Sedangkan metode sentra dan lingkaran (SELING) dalam pembelajaran PHBS dilaksanakan dengan kategori tinggi (31-40) sebesar 61%, sedang (21-30) sebesar 36% dan kategori rendah (11-20) sebesar 3%. Setiap komponen dalam indikator PHBS memiliki rerata >50% artinya bahwa PHBS telah dilaksanakan dalam pembelajaran pada anak usia dini. Namun demikian masih diperlukan penguatan dan pemahaman tentang PHBS. Sementara metode pembelajaran pada anak usia dini masih memerlukan peningkatan dan penguasaan pendidik, terutama metode belajar SELING. Pembinaan dan pengembangan kompetensi pendidik anak usia dini perlu diprioritaskan dalam program rutin dan tahunan Dinas Pendidikan.