Potensi Dan Pengembangan Wahana Obyek Wisata Alam Sebagai Daya Tarik Wisata Edukasi Keluarga di Kabupaten Magelang

Main Article Content

Kuswan Hadji
Muhamad Wahyudi
Arif Budi Pratama

Abstract

Kabupaten Magelang mempunyai potensi wisata berbasis alam yang sangat potensial. Berbagai obyek seperti hutan, pegunungan, air terjun,perkebunan, dan tidak ketinggalan berbagai warisan budaya yang sangat menawan.


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui potensi Kabupaten Magelang sebagai salah satu obyek wisata alam di Provinsi Jawa Tengah dan mengetahui bagaimana strategi pengelolaan yang menggunakan teknik analisis SWOT. Data yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini berupa data kualitatif. Data dikumpulkan dengan cara observasi dan wawancara. Dari data tersebut kemudian dianalisis dengan cara deskriptif kualitatif, yaitu data yang ada dibentuk menjadi deskripsi yang menggambarkan situasi atau peristiwa yang dijelaskan. Diperlukan kajian tentang potensi dan kebijakan yang tepat dalam merealisasikan Magelang sebagai destinasi wisata berbasis alam.


Berdasarkan hasil analisis strategi pengelolaan strategi Kabupaten Magelang sebagai salah satu daya tarik wisata alam di Provinsi Jawa Tengah dapat dijelaskan sebagai berikut: Melaksanakan pelatihan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan pengetahuan masyarakat tentang pariwisata, promosi pariwisata ditingkatkan baik di media cetak maupun media online, bekerjasama dengan biro atau travel, memperbaiki dan meningkatkan pemeliharaan sarana dan prasarana untuk meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles