PKU bagi MI Muhammadiyah Madukoro dan Wonogiri Kabupaten Magelang melalui Implementasi Standar Nasional Pendidikan Dasar dalam Pengembangan Mutu Madrasah
Main Article Content
Abstract
Masalah yang dihadapi Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Madukoro dan Wonogiri Kabupaten Magelang adalah rendahnya pemahaman pengetahuan tentnag SNP, ketidaksetaraan dalam pengembangan pendidikan, kondisi objektif dari guru dan sumber daya yang terlibat memiliki kemampuan yang rendah, rendahnya kemampuan manajemen madrasah, minimnya dukungan stakeholder dalam pengembangan madrasah. Tujuan penelitian adalah terwujudnya sistem implementasi standar nasional pendidikan mealalui pengembangan mutu madrasah dengan desain media pembelajaran yang baik. Metode yang digunakan adalah model pemberdayaan partisipatif yaitu Participatory Rural Apraisal (PRA). Hasil pengabdian dalam pengembangan mutu madrasah melalui media pembelajaran menunjukan hasil yang baik karena dalam program pemahaman standar nasional pendidikan di madrasah sangat membutuhkan pendampingan yang akurat guna mewujudkan madrasah yang unggul dan menghasilkan lulusan yang kompeten melalui pengajaran dengan media pembelajaran yang kreatif.