Pemanfaatan Multimedia Pembelajaran Berbasis Komputer untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPA) Di Condongcatur Timur Yogyakarta
Main Article Content
Abstract
Dalam perkembangan jaman terutama dalam bidang teknologi, manusia membutuhkan sebuah Media yang bisa digunakan untuk menyelesaikan masalah dengan cepat. Salah satunya adalah bagaimana cara mengenalkan Huruf Hijaiyah dengan cepat dan menarik kepada anak-anak TPA. Selama ini santri di TPA masih menggunakan buku Iqro’ sebagai media belajar huruf hijaiyah. Cara ini termasuk kurang disukai para santri. Kondisi ini diperoleh berdasar hasil Interview kepada pengelola TPA.Berdasarkan permasalahan di atas maka kami ingin membantu pembelajaran metode qira’ati supaya lebih efektif dengan mengembangkan sebuah program multimedia pembelajaran interaktif yang dapat dimanfaatkan oleh ustadz maupun santri sebagai media penunjang kegiatan belajar. Dengan multimedia pembelajaran interaktif belajar membaca Al-Qur’an ini, ustadz dapat memotivasi santri agar lebih aktif dikelas. Penggunaan multimedia tersebut juga memberikan kebebasan kepada santri untuk terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran sehingga belajar lebih bermakna bagi santri. Dengan program multimedia ini santri dapat mengulang secara mandiri jika belum memahami pembelajaran di kelas.