Penerapan Metode Mind Maping untuk Meningkatkan Kemampuan Perencanaan Karir Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Alternatif Kota Magelang
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode mind maping untuk meningkatkan kemampuan membuat perencanaan karir bagi siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Alternatif Kota Magelang. Perencanaan karir bagi siswa SMP kelas IX terutama pada perencanaan kelanjutan studi. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimen dengan desain Control Group Pretest-Posttest. Pengukuran dilakukan dengan skala perencanaan karir yang diberikan sebelum perlakuan dan sesudah perlakuan. Kelompok eksperimen selanjutnya diberikan perlakuan berupa metode mind maping untuk membuat perencanaan karir, sedangkan kelompok kontrol tidak diberikan perlakuan. Materi yang dikembangkan dengan metode mind map ini adalah mengenai Perencanaan Kelanjutan Studi yang terdiri dari 5 tahapan yang dibagi menjadi 3 topik yaitu Self Assessment dan Career Exploration, Goal Setting dan Take Action, serta Evaluation. Tahapan Self Asessment dan Career Exploration dikembangkan menjadi Perencanaan 1 “It’s Me!” yang berisi kelebihan-kelebihanku, kekuranganku, kegiatan atau hal yang menarik bagiku, pekerjaan yang menarik bagiku, harapanku terhadap masa depan, hubunganku dengan teman, keluarga dan guru pembimbing, serta ketertarikan terhadap informasi pekerjaan. Perencanaan 2 berjudul “Aku siap menuju 2018” yang merupakan pengembangan dari tahapan Goal Setting dan Take Action yang berisi “sekolah lanjutan yang diinginkan setelah lulus SMP, alasannya ingin melanjutkan studi di sekolah tersebut, mata pelajaran yang disukai dan tidak disukai, cara belajar di sekolah dan di rumah, cita-cita yang ingin dicapai, cara meraih cita-cita serta hambatan yang ditemui saat ini”. Adapun Perencanaan yang ketiga berjudul “Profesiku” yang merupakan pengembangan dari tahapan yang terakhir yaitu Evaluation. Perencanaan yang ketiga ini berisi tentang hal-hal seperti “kelebihanku yang mendukung cita-cita, cara yang ditempuh untuk meraih cita-cita, hambatan dan cara yang mengatasinya, sekolah yang mendukung tercapainya cita-cita, syarat diterima di sekolah tersebut serta mata pelajaran yang harus diperbaiki nilainya”. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan untuk membuat perencanaan kelanjutan studi pada siswa kelas IX SMP Muhammadiyah 1 Alternatif Kota Magelang dapat ditingkatkan dengan metode mind map.