Karakteristik Emisi Gas Buang Kendaraan Berbahan Bakar LPG untuk Mesin Bensin Single Piston
Main Article Content
Abstract
LPG sebagai bahan bakar alternatif yang sangat menjanjikan, banyak digunakan disejumlah negara maju. Penggunaan LPG tersebut karena memiliki properties yang baik seperti nilai kalor, nilai oktan yang tinggi serta emisi yang lebih ramah lingkungan. Makalah ini mempelajari pengaruh tekanan kompresi terhadap emisi gas buang untuk kendaraan motor bensin satu silinder dengan menggunakan bahan bakar alternatif LPG. Pengujian dilakukan dengan variasi tekanan kompresi dari 12,5 Bar, 13 Bar, 13,5 Bar dan 14 Bar untuk setiap perubahan nilai lambda pada campuran kurus. Hasil pengujian berupa emisi gas buang (CO, CO2 dan HC). Hasil pengujian menunjukan secara umum bahwa nilai emisi gas buang yang terbaik adalah pada tekanan kompresi 13,5 Bar, baik untuk nilai CO, CO2 dan HC dibanding dengan tekanan kompresi yang lain.