Kemampuan Membaca Siswa Kelas 2 Sekolah Dasar
Main Article Content
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kemampuan membaca siswa kelas 2 sekolah dasar. Kemampuan membaca merupakan kemampuan dasar yang wajib dikuasai setiap siswa guna membantu mengembangkan kemampuan-kemampuan yang lain. Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Mertoyudan, Kabupaten Magelang dengan menggunakan dua sekolah sebagai sampel. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode survei. Hasil identifikasi menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan membaca siswa kelas 2 di Kecamatan Mertoyudan adalah 83,73%, dengan rincian kemampuan membaca alfabet 80%, kemampuan membaca kata dengan 2 suku kata 85,50%, dan kemampuan membaca kata dengan 3 suku kata 85,75%. Adapun beberapa kendala yang dihadapi yaitu dalam membaca huruf, ada beberapa siswa yang masih kesulitan membaca huruf “q” dan “x”. Sedangkan kesalahan dalam membaca kata yaitu pembalikan kata, penggantian huruf vokal, penggantian huruf konsonan, penambahan huruf di tengah dan di akhir, menghilangkan satu sampai 3 huruf, bahkan membaca tidak sesuai dengan kata yang tertulis.