Upaya Mengurangi Perundungan melalui Penguatan Bystanders di SMP B Yogyakarta
Main Article Content
Abstract
Beberapa tahun terakhir ini marak dibicarakan perundungan yang terjadi antar siswa di sekolah. SMP B di Bantul Yogyakarta juga mendapati beberapa kasus perundungan yang terjadi di SMPnya.Tujuan dari penelitian ini adaah untuk mengetahui upaya guru dalam mengatasi perundungan yang ada di sekolah tersebut. Hasil dari penelitian ini adalah salah satu cara guru dalam menangani perundungan adalah dengan memberikan penguatan pada Bystanders untuk turut menangani perundungan dengan membela korban, menjauhi pelaku, dan melapor kepada guru apabila terjadi perundungan. Cara tersebut menghasilkan dampak positif dan negativf. Dampak positif adalah perundungan berkurang melalui penguatan bystanders atau pengamat. Adapun dampak negatifnya yaitu pelaku menjadi sering membolos, pendiam, dan tidak bergaul dengan teman di kelas.