Pengaruh Keterampilan Membuka Pelajaran (Set Induction Skills) terhadap Perhatian Siswa pada Kegiatan Pembelajaran IPS Kelas IV SDN Rawamangun 01 Jakarta Timur
Main Article Content
Abstract
Masalah pendidikan yang dialami siswa di sekolah merupakan masalah yang cukup kompleks. Hal ini disebabkan karena banyak persoalan-persoalan yang harus dipecahkan yang terkait dengan masalah belajar siswa termasuk pada awal pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Rawamangun 01 Jakarta Timur pada semester 2 tahun ajaran 2016-2017. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 36 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik sampling jenuh (sensus). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan uji regresi linier. Hasil perhitungan regresi linier diperoleh Ŷ = 13,19 + 0,742X. Hasil perhitungan ANAVA didapat F hitung (0,495) < F tabel (2,245). Pengujian hipotesis dilakukan dengan menghitung korelasi product moment didapat r hitung (0,465) > r tabel (0,339) yang berarti Ha diterima. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa ada hubungan antara keterampilan membuka pelajaran dengan perhatian siswa pada kegaitan pembelajaran IPS. Dari perhitungan koefisien determinan diperoleh 0,2162 artinya keterampilan membuka pelajaran memberikan kontribusi yang signifikan sebesar 21,62% terhadap perhatian siswa pada kegiatan pembelajaran IPS.