Main Article Content

Abstract

Teknik kejuruan merupakan bidang ilmu vokasi yang fokus pada pengembangan kompetensi agar peserta didik siap kerja. Proses pembelajaran di bidang kejuruan mengalami banyak kendala, salah satunya adalah kurangnya media pembelajaran siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa video tune up sepeda motor yang diharapkan dapat membantu memberikan informasi kepada siswa. Artikel ini diharapkan dapat memberi informasi kepada pembaca mengenai cara mengembangkan sebuah media video pembelajaran. Penelitian dilaksanakan dengan metode research and development yang memiliki kevalidan, kepraktisan dan efek potensial dalam kompetensi tune up sepeda motor. Data yang didapat kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan kevalidan media video tutorial dari segi ahli media dengan rata-rata skor 92.24%. Kevalidan dinilai dari segi ahli materi 1 yaitu dengan rata-rata skor 97.11% dan ahli materi 2 dengan rata-rata skor 77.88%. Kevalidan dari segi output yaitu dengan skor rata-rata 96.3%. Persentase skor tanggapan dari siswa adalah sebesar 84.27%. Media video tutorial untuk kompetensi tune up sepeda motor ini memiliki efek potensial sebesar 52% dari segi materi dan 36% dari segi praktik.

Keywords

Tune up Sepeda motor Video tutorial Efek potensial

Article Details

Author Biographies

Adhan Efendi, Subang State Polytechnic, Indonesia

Academic profile: ORCIDGoogle ScholarSinta

Roni Suhartono, Subang State Polytechnic, Indonesia

Academic profile: ORCIDGoogle ScholarSinta

References

  1. N. Muhammad and Deni, “Menyiapkan Pendidikan Kejuruan Berbasis Kearifan Lokal yang Berdaya Saing,” Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. Vol.1. No 1. Pp. 59-66, 2016.
  2. T. Bruri. “Model Edupreneurship Pelopor SMK techno, Teacher, and Schoolpreneur. Yogyakarta,” Penelitian hibah Pascasarjana, Yogyakarta, 2015.
  3. W. Rachmayadi and H. Sofian, “Pengembangan Model Teacherpreneurship pada Sekolah Menengah Kejuruan,” Jurnal Pendidikan Vokasi, Volume 6, No 2, Juni 2016.Online:http://journal.uny.ac.id/index.php/jpv.
  4. A.S. Sadiman, “Media Pendidikan. Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya,” Jakarta, 2003.
  5. C. Riyana, “Pedoman Pengembangan Media Video”, Jakarta, 2007.
  6. S. M. Zahroh and P. Sudira, “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Keterampilan Generik Komunikasi Negosiasi Siswa SMK dengan Metode 4-D,” Jurnal Pendidikan Vokasi, pp. 379-380, 2014.
  7. R. Asyhar, “Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran,” Jakarta, 2012.
  8. Antoni, “Kamus Lengkap Teknik Inggris-Indonesia,” Surabaya, 1998.
  9. Pramundito, “Pengembangan Media Pembelajaran Video Tutorial Pada Mata Pelajaran Kompetensi Kejuruan Standar Kompetensi Melakukan Pekerjaan Dengan Mesin Bubut di SMK Muhammadiyah 1 Playen,” Yogyakarta, 2013.
  10. Sugiono, “Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D,” Bandung, 2008.