Main Article Content

Abstract

Porositas gas adalah salah satu masalah yang paling serius dalam pengecoran logam aluminium. Ada beberapa metode degassiing yang telah dipelajari dalam proses pengecoran. Selama peleburan aluminium, senyawa intermetalik (IMC) dapat dibentuk pada antarmuka antara aluminium cair dan baja padat dari lapisan tungku krusibel. Dalam penelitian ini, efek penambahan degassiing dari formasi IMC dipelajari dan diteliti. Spesimen uji berbentuk silinder direndam dalam bak aluminium cair. Perendaman spesimen uji berada di kisaran waktu antara 10 sampai 15 menit. Dua penggunaan degassiing yaitu degassiing garam dapur grasak dan degassiing Natrium Clorida (NaCl) dilakukan untuk menyelidiki efek pada pembentukan IMC. IMC itu diperiksa di bawah miskroskop elektron serta kekerasan IMC dengan mikrovickers hardness. Karena tingginya kandungan hidrogen, spesimen uji yang direndam dalam aluminium cair tanpa degasser memiliki lapisan IMC yang lebih tebal daripada yang lain. Proses degassiing NaCl lebih efektif daripada degassiing garam Grasak untuk mengurangi pertumbuhan IMC. Selanjutnya, fase yang muncul pada daerah IMC yaitu senyawa FeAl dan FeAl3 terbentuk pada spesimen dengan proses tanpa degassiing dan menggunakan degassiing NaCl.

Article Details

Author Biographies

Lutiyatmi Lutiyatmi, Politeknik Manufaktur Ceper, Indonesia

Academic profile: ORCID

Tri Daryanto, Politeknik Manufaktur Ceper, Indonesia

Academic profile: Google ScholarSinta

References

  1. Brown, J.R., "The Foseco Non-Ferrous Foundryman’s Handbook". (Eleventh edition), Oxford. London, 1994.
  2. Arifin, Bustanul, "Pengecoran Logam Non Ferro". Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1998.
  3. ASM Handbook, Volume 8, "Atlas of Microstructures of Indrustrial alloys". The Volume was prepared under the direction of the ASM Handbook Committee, 1972.
  4. Kuruveri, UB. Huilgol. Prashanth and Joseph Jithin, "Aluminising of Mild Steel Plates. ISRN Metallurgy" 2013.
  5. Shahverdi, H.R.; Ghomashchi, M.R.; Shabestari, S.; Hejazi, J, "Microstructural analysis of interfacial reaction between molten aluminum and solid iron". Journal of Materials Processing Technology, 124, 345-35, 2002.
  6. Shigeaki Kobayashi; Takao Yakou; Materials Science and Engineering A, , 338, 44–53. "Control of intermetallic compound layers at interface between steel and aluminum by diffusion-treatment", 2002.