Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan model pembelajaran Realistic Mathematic Education berbantuan media tangramĀ  dengan pembelajaran konvensional terhadap pemahaman konsep matematika pada siswa kelas III di SD Negeri 2 Temanggung II Kabupaten Temanggung. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan jenis penelitian Quasi Experimental Design. Sampel yang digunakan yaitu pada kelas 3A dengan jumlah siswa 24 dan kelas 3B dengan jumlah siswa 24. Metode pengumpulan data digunakan menggunakan tes kognitif pretest dan posttest. Uji prasyarat analitif menggunakan uji hipotesis dengan Uji Independent Sample t Test. Hasil penelitian diperoleh data dengan uji independent sample t test yaitu sig. (-2 tailed) sebesar 0,001 <0,05 maka dapat disimpulkan bahwa tedapat perbedaan rata-rata pemahaman konsep matematika siswa untuk pretest dan posttest pada kelas kontrol. Nilai sig. (-2 tailed) sebesar 0,000 <0,05, berdasarkan pada hasil analisis dan pembahasan, terdapat perbedaan skor rata-rata tes kognitif posttest kelas kontrol dan posttest kelas eksperimen yaitu, kontrol 78,83 < eksperimen 87,21. Maka dapat disimpulkan bahwa adanya perbedaan model pembelajaran Realistic Mathematic Education berbantuan media tangramĀ  dengan pembelajaran konvensional terhadap pemahaman konsep matematika.

Keywords

Pemahaman Konsep Matematika Bangun Datar Realistic Mathematic Education Tangram

Article Details