Main Article Content
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) kebutuhan siswa terhadap media literasi digital sebagai penunjang pembelajaran, dan 2) karakteristik media literasi digital yang sesuai dengan siswa sekolah dasar. Penelitian dilakukan melalui survei kepada responden yang ditetapkan sebagai sampel. Populasi dari sampel penelitian ini adalah para siswa, guru dan kepala sekolah di SD Negeri Bangunrejo 1, SD Negeri Blunyahrejo dan SD Negeri Pingit. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan skala kebutuhan. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif kuantitatif, dengan memberikan prosentase pada hasil. Dari hasil analisis dapat diketahui, bahwa: 1) siswa kelas IV tingkat sekolah dasar membutuhkan media literasi digital sebagai penunjang peningkatan kemampuan sains dan matematika, dan 2) media literasi digital yang dapat digunakan merupakan media cerita sainsmatika berbasis mobile learning dengan konten kartun ilustrasi dan lagu anak sebagai penunjang. Pengembangan cerita sainsmatika berbasis mobile learning sebagai media literasi digital menjadi salah satu upaya pemaksimalan penggunaan daya dukung sekolah pada pelaksanaan gerakan literasi dan peningkatan kemampuan siswa.
Keywords
Article Details
References
- Anderson, W. M., & Lawrence, J. E. (2013). Integrating music into the elementary classroom (9th ed.). Cengage Learning. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
- Darmawan, D. (2011). Teknologi pembelajaran. PT. Remaja Rosdakarya.
- Gallenstein, N. L. (2009). Engaging young children in science and mathematics. Journal of Elementary Science Education. https://doi.org/10.1007/bf03174679
- Hopkins, D. (2005). The Practice And Theory of School Improvement International Handbook of Educational Change. Springer.
- Indrastyawati, C., Paidi, P., Ciptono, C. (2016). Pengembangan media pembelajaran sistem indera berbasis android untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa SMA. Jurnal Pendidikan Biologi, 5(7), 50–56.
- Jones, R., & Wyse, D. (2013). Creativity in the primary curriculum. (2nd ed.). David Fulton Publishers.
- Kready, L. F. (2004). A Study of fairy tales. The Riverside Press.
- McQuiggan, S., Kosturko, L., McQuiggan, J., & Sabourin, J. (2015). Mobile learning: A handbook for developers educators, and learners. John Wiley & Sons, Inc.
- Mosher, J. (2011). Children’s Literature and Character Development. Journal The Fourth and Fifth Rs Respect and Responsibility, 8(1).
- Nurgiyantoro, B. (2013). Sastra Anak: Pengantar Pemahaman Dunia Anak. UGM Press.
- Obi, C., & et.al. (2010). Children’s Literature. National Open University of Nigeria.
- Rachmawati, Y. (2005). Musik sebagai Pembentuk Budi Pekerti: Sebuah Panduan untuk Pendidikan. Jalasutra.
- Sadiman, A. S. (2009). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. PT. Raja Grafindo Persada.
- Scarratt, E., & Davison, J. (2012). The media teacher’s handbook (1st ed.). Routledge.
- Sung, H. Y., & Hwang, G. J. (2013). A collaborative game-based learning approach to improving students’ learning performance in science courses. Computers and Education, 63, 43–51. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2012.11.019
- Trilling, B., & Fadel, C. (2009). 21st centruy skills – learning for life in our times. Jossey-Bass.
- Udell, C., & Woodill, G. (2015). Mastering mobile learning: Tips and techniques for success. John Wiley & Sons, Inc.
- Winch, G., Ljungdahl, L., Holliday, M., March, P., & Johnston, R. R. (2006). Literacy reading writing and children’s literature. Oxford University Press.
- Yang, Y. T. C. (2012). Building virtual cities, inspiring intelligent citizens: Digital games for developing students’ problem solving and learning motivation. Computers and Education, 59(2), 365–377. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2012.01.012
- Zhang, Y. A. (2015). Handbook of mobile teaching and learning. Springer. https://doi.org/10.1007/978-3-642-54146-9