Main Article Content

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Pengaruh Peran Orang Tua Terhadap Kemandirian Belajar Daring Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Kurnia Kota Jambi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh peran orang tua terhadap kemandirian belajar daring di Madrasah Ibtidaiyah Kurnia Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian ex post facto. Sampel dari penelitian ini adalah siswa di Madrasah Ibtidaiyah Kurnia Kota Jambi berjumlah 85 orang dengan teknik pengambilan sampel probalitas atau acak (probality sampling). Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran orang tua mempunyai pengaruh positif terhadap kemandirian belajar daring siswa hal ini sesuai dengan persamaan regresinya yaitu Y = 17,032 + 0,575 X. Hal ini ditunjukkan hasil analisis regresi diketahui nilai signifikansi (Sig.) sebesar 0,000 lebih kecil dari < 0,05. Serta nilai t hitung sebesar 4,788 lebih besar dari ˃ t tabel sebesar 1,667. Dari output SPSS diketahui R square sebesar 0,216 hal ini mengandung arti bahwa Pengaruh Peran Orang Tua Terhadap Kemandirian Belajar Daring Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah Kurnia Kota Jambi sebesar 21,6%. Sedangkan 78,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.


Kata Kunci: Peran Orang Tua; Kemandirian Belajar

Article Details

References

    Arika Sri Maryastuti. (2015). "PERANqORANG TUA DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJARqANAK TAMANqKANAK-KANAK KECAMATAN KARANGPANDAN KABUPATENqKARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2013/2014". Universitas MuhammadiyahqSurakarta.
    Edy Supriyadi. 2014. SPSS +qAmos StatisticalqData Analysis. qJakarta: INqMEDIA.
    Hasbullah. (2006). DASAR-DASAR ILMU PENDIDIKAN. qJakarta: PT. RajaqGrafindo Persada.
    Irfan sugianto, savitri suryandari, & larasati diyas age. (2020). EVEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DI RUMAH. 1(3), 159-170. https://stp-mataram.e-journal.id/JIP/article/view/63
    Kana Hidayati, & Endang Listyani. 2008. IMPROVING INSTRUMENTS OF STUDENTS’ SELF-REGULATED LEARNING. https://siafif.com/kuliah/sukma/semester%208/SKRIPSI%20KAKAK%20TINGKAT/KEMANDIRIAN/jurnal%20kemandirian/KEMANDIRIAN-BELAJAR-MAT-Des-06-new.pdf
    Nika Cahyati, & Rita Kusumah. (2020). Peran Orang Tua Dalam Menerapkan Pembelajaran Di Rumah Saat Pandemi Covid-19. 04(01). https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jga/article/view/2203
    SadikinqAli, AfreniqHamidah. (2020). Pembelajaran Daringqdi TengahqWabah Covid-19. Jambi. Vol: 06.
    Selfia S. Rumbewas, Beatus M. Laka, & Naftali Meokbun. (2018). Jurnal EduMatSains. Peran Orang Tua Dalam Miningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di Sd Negeri Saribi. Vol. 2 (2). 201-212. Retrieved from http://ejournal.uki.ac.id/index.php/edumatsains/article/download/607/467
    Sugiyono. q (2014). Metodeqpenelitian kuantitatif kualitatifqdan R&D. qBandung: qAlfabet.
    Panduan menulis referensi APA:
    https://www.mendeley.com/guides/apa-citation-guide