Main Article Content

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Pengaruh Peran Orang Tua Terhadap Kemandirian Belajar Daring Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Kurnia Kota Jambi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh peran orang tua terhadap kemandirian belajar daring di Madrasah Ibtidaiyah Kurnia Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian ex post facto. Sampel dari penelitian ini adalah siswa di Madrasah Ibtidaiyah Kurnia Kota Jambi berjumlah 85 orang dengan teknik pengambilan sampel probalitas atau acak (probality sampling). Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran orang tua mempunyai pengaruh positif terhadap kemandirian belajar daring siswa hal ini sesuai dengan persamaan regresinya yaitu Y = 17,032 + 0,575 X. Hal ini ditunjukkan hasil analisis regresi diketahui nilai signifikansi (Sig.) sebesar 0,000 lebih kecil dari < 0,05. Serta nilai t hitung sebesar 4,788 lebih besar dari ˃ t tabel sebesar 1,667. Dari output SPSS diketahui R square sebesar 0,216 hal ini mengandung arti bahwa Pengaruh Peran Orang Tua Terhadap Kemandirian Belajar Daring Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah Kurnia Kota Jambi sebesar 21,6%. Sedangkan 78,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.


Kata Kunci: Peran Orang Tua; Kemandirian Belajar

Keywords

Peran Orang Tua Belajar Daring Kemandirian Belajar

Article Details