Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran scramble berbantuan media kereta huruf terhadap kemampuan membaca siswa kelas 1 SD di Desa Sutopati, Kecamatan Kajoran, Kabupaten Magelang. 


Jenis penelitian ini adalah pre experimental design dengan desain penelitian yang digunakan one group Pre-Test Post-Test design. Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas 1 SD di Desa Sutopati, yng berjumlah 20 siswa. Teknik pengambilan sampel pda penelitian ini adalam simple random sampling. Metode pengumpulan data dilakukan dengan tes membaca, kemudian dianalisis menggunakan paired sample T test  dengan bantuan IBM Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran scramble berbantuan media kereta huruf terhadap kemampuan membaca siswa kelas 1 SD di Desa Sutopati, Kecamatan Kajoran, Kabupaten Magelang.
Jenis penelitian ini adalah pre experimental design dengan desain penelitian yang digunakan one group Pre-Test Post-Test design. Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas 1 SD di Desa Sutopati, yng berjumlah 20 siswa. Teknik pengambilan sampel pda penelitian ini adalam simple random sampling. Metode pengumpulan data dilakukan dengan tes membaca, kemudian dianalisis menggunakan paired sample T test dengan bantuan IBM SPSS 23.


Berdasarkan metode analisis data yang digunakan uji paired sample T test, Asymp sig (2-tailed) adalah 0,000 dan nilai t hitung 22,421 > t tabel 1,7291 maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya terdapat pengaruh positif yang signifikan penerapan metode pembelajaran scramble berbantuan media kereta huruf terhadap kemampuan membaca siswa kelas 1 SD di Desa Sutopati, Kecamatan Kajoran, Kabupaten Magelang.SPSS 23.
Berdasarkan metode analisis data yang digunakan uji paired sample T test, Asymp sig (2-tailed) adalah 0,000 dan nilai t hitung 22,421 > t tabel 1,7291 maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya terdapat pengaruh positif yang signifikan penerapan metode pembelajaran scramble berbantuan media kereta huruf terhadap kemampuan membaca siswa kelas 1 SD di Desa Sutopati, Kecamatan Kajoran, Kabupaten Magelang.

Keywords

Scrambe Kereta Huruf Kemampuan Membaca

Article Details

References

    Malechah, N. (2011). Perbandingan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Course Refiew Horey (CRH) dan Model Pembelajaran Scramble Berbantuan LKS pada Pokok Bahasan Bangun Datar Siswa Kelas VII Semester II SMP N 2 Sayung Demak Tahun Pelajaran 2010/2011. Universitas PGRI Semarang.
    Mariaty. (2010, 5). Meningkatkan Kemampuan Membaca. Diambil kembali dari http://romiyanto.blogspot.com/2011/05/meningkatkan-kemampuan-membaca.html
    Maryuni. (2016). Peningkatan Kemampuan Membaca Melalui Teknik Permainan Menyusun Kata Pada ISswa Kelas 1 SDN Inpres 5 Birobuli.
    Rahayu, T. (2014). Perkembangan Kemampuan Membaca Siswa Berdasarkan Alat Evaluasi Membaca Berbasis Portofolio. Universitas Pendidikan Indonesia: Bandung.
    Rahim, F. (2008). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.
    Sadiman, A. S. (2003). Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatanya. Jakarta: Raja Grafindo.
    Sari, N. S. (2014). Peningkatan Kemampuan Membaca Melalui Media Flash Card Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Bagi Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar Negeri 2 Ngroto Gubug Grobogan Tahun Ajaran 2013/2014. Surakarta, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
    Somadayo, S. (2011). Stategi dan Teknik Pembelajaran Membaca. Yogyakarta: Graha Ilmu.
    Suranenggala. (2015). Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia dalam Keterampilan Membaca Melalui Teka-Teki Silang.
    Sutikno. (2014). Metode dan Model-Model Pembelajaran. Lombok: Holistica.
    Sutikno, S. (2014). Belajar dan Pembelajaran. Holistica.
    Yasmin, Z. (2019). Peningkatan Kemampuan Membaca Siswa Melalui Metode Speed Reading pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V MIS Lamgugob Banda Aceh. Banda Aceh, Universitas Islam Negeri Ar-Rainry.